Comscore Tracker

Sah! Sembilan Pasang Gubernur Dilantik Presiden Jokowi Hari Ini

Siapa saja, ya?

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melantik sembilan gubernur dan wakil gubernur 2018-2023 di Istana Merdeka, Rabu (5/9). Pelantikan dilakukan pukul 10.00 WIB dan dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, sejumlah menteri, dan petinggi partai politik.

1. Ini daftar gubernur dan wakil gubernur terpilih yang dilantik

Sah! Sembilan Pasang Gubernur Dilantik Presiden Jokowi Hari IniInstagram.com/@pdipjateng

Sembilan pasangan gubernur dan wakil gubernur dari sejumlah daerah di Indonesia resmi mengemban tugasnya setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo. Ini dia sembilan pasangan gubernur dan waki gubernur yang disumpah pada hari ini:

- Nurdin Abdullah dan wakil Sudirman Sulaiman dari Sulawesi Selatan
- Edy Rahmayadi dan wakil Musa Rajekshah dari  Sumatera Utara 
- Ali Mazi dan wakil Lukman Abunawas dari ulawesi Tenggara 
- Ganjar Pranowo dan wakil Taj Yasin Maimoen dari Jawa Tengah
- I Wayan Koster dan wakil Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati dari Bali
- Sutarmidji dan wakil Ria Norsan dari Kalimantan Barat
- Viktor Bungtilu Laiskodat dan wakil Josef Nae Soi dari Nusa Tenggara Timur
- Lukas Enembe dan wakil Klemen Tinal dari Papua
- Ridwan Kamil dan wakil Uu Ruzhanul Ulum dari Jawa Barat

Baca Juga: Deddy Mizwar Datangi Posko Jokowi, Demokrat: Satu Pergi Seribu Masuk

2. Mengenal beberapa gubernur terpilih

Sah! Sembilan Pasang Gubernur Dilantik Presiden Jokowi Hari IniIDN Times/Ardiansyah Fajar

Berikut adalah gubernur yang dilantik Presiden Joko Widodo pada hari ini. Ada Ganjar Pranowo yang merupakan gubernur terpilih dari Provinsi Jawa Tengah dengan pasangannya Taj Yasin Maemoen. Keduanya menang dengan 10.362.694 suara mengalahkan Surdiman Said dan Ida Fauziah. Ganjar merupakan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

Selanjutnya ada I Wayan Koster yang sekarang terpilih menjadi Gubernur Bali bersama pasangannya Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati. Pasangan ini menang dengan perolehan suara 1.213.075 atau 57,68 persen. Keduanya diusung oleh lima partai
politik yakni, PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Hanura, serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Selain itu ada Edy Rahmayadi yang merupakan gubernur terpilih Provinsi Sumatera Utara. Edy merupakan mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat dengan pangkat Letnan Jenderal yang pensiun dini dari militer pada Januari 2018 dan mencalonkan diri sebagai Gubernur Sumut Edy dan Musa Rajeksjah menang dalam Pilkada Juni lalu dengan perolehan suara sebanyak 3.291.137 atau 57,6 persen. Pasangan ini menang dari pasangan Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus.

3. Unik! Ada replika Jokowi saat pelantikan gubernur hari ini

Sah! Sembilan Pasang Gubernur Dilantik Presiden Jokowi Hari IniANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Di salah satu sisi halaman istana negara terpajang replika Presiden Jokowi yang terbuat dari karton. Bukan hanya di Istana, replika Jokowi juga ditempatkan dibeberapa bandara. Replika Presiden Jokowi yang lainnya juga ditempatkan di belakang Istana Negara dengan pose mengendarai sepeda dan senyum khas Presiden Joko Widodo. Replika ini ditempatkan di sebelah tenda yang disediakan untuk pelantikan kepala daerah hari ini, mengingat tidak semua orang bisa masuk ke dalam ruangan Istana Negara.

Baca Juga: Ditolak di Berbagai Daerah, Cak Imin Tawarkan Solusi untuk UAS

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You