Jalani Pemeriksaan sebagai Saksi di KPK, Apa Sebenarnya Peran Inneke?

Istri kalapas Sukamiskin tiba di KPK untuk dijadikan saksi

Jakarta, IDN Times - Inneke Koesherawati diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait perkara dugaan suap suaminya, Fahmi Darmawansyah kepada Kepala Lembaga Permasyarakatan atau Kalapas Sukamiskin Wahid Husen, Selasa (24/7). 

Pada Sabtu (21/7) dini hari, Inneke diamankan dari kediamannya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Setelahnya yang bersangkutan dibawa ke gedung KPK.

Suami Inneke diduga memberikan suap berupa uang dan dua buah mobil kepada Kalapas Sukamiskin. Hal tersebut dilakukan agar dapat diizinkan keluar masuk lapas selama masa penahanan.

1. Inneke tiba di KPK pagi-pagi

Jalani Pemeriksaan sebagai Saksi di KPK, Apa Sebenarnya Peran Inneke?ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Inneke hadir di gedung KPK, Jakarta Selatan untuk memenuhi panggilannya sebagai saksi. Pukul 09.40 WIB, Inneke tiba dan langsung masuk ke gedung KPK.

Mengenakan terusan panjang biru dongker dan jilbab terang dengan corak biru-ungu, Inneke datang ke gedung KPK. Terlihat Inneke juga membawa tas hitam. Tak sepatah kata pun keluar dari mulut Inneke ketika memasuki gedung KPK.

Baca juga: 9 Fakta Inneke Koesherawati dari Gadis Sampul Hingga Digiring KPK

2. Tiga orang dijadikan saksi

Jalani Pemeriksaan sebagai Saksi di KPK, Apa Sebenarnya Peran Inneke?ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Terkait kasus tindak pidana korupsi suap kepada penyelenggara negara dengan pembelian fasilitas, pemberian perizinan ataupun pemberian lainnya di LP kelas 1 Sukamiskin, tiga orang ditetapkan KPK menjadi saksi.

Adapun ketiga nama tersebut antara lain, Inneke Koesherawati yang merupakan istri dari Fahmi Darmawansyah, Kepala Lembaga Permasyarakatan atau Kalapas Sukamiskin Wahid Husen. Selain itu ada pula nama Anita Selviana Nayaon, Direktur PT.Laju Maju Sejahtera dan juga Rina Yuliana selaku Sales Counter.

3. Inneke diduga ikut ambil peran

Jalani Pemeriksaan sebagai Saksi di KPK, Apa Sebenarnya Peran Inneke?ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Dugaan keikutsertaan Inneke dalam perkara dugaan kasus suap yang juga menyeret nama suaminya, Fahmi, masih dalam pemeriksaan KPK. Fahmi sendiri telah ditetapkan sebagai tersangka.

Inneke diduga mengetahui perihal pembelian mobil yang diduga diberikan Fahmi kepada Wahid. "Untuk Inneke, masih menjadi saksi sampai saat ini sejauh mana perannya dalam pemesanan mobil nanti akan didalami," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Senin (23/7) seperti dikutip dalam Antara.

Baca juga: KPK: Kalapas Sukamiskin Terang-Terangan Minta Mobil ke Napi Koruptor

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya