Tsunami dan Gempa Donggala: Sarana Pertamina Alami Kerusakan

Pasokan BMM aman tapi penyalurannya akan terkendala

Jakarta, IDN Times - Gempa yang mengguncang wilayah Donggala, Sulawesi Tengah mengakibatkan kerusakan pada fasilitas milik PT Pertamina. Akibat gempa bermagnitudo 7,7 tersebut, Pertamina menyatakan belum dapat memastikan kelancaran penyaluran BBM di Palu dan sekitarnya.

1. Dirut Pertamina: Kami mengamankan pasokan BBM

Tsunami dan Gempa Donggala: Sarana Pertamina Alami Kerusakan(Rumah yang rusak akibat gempa bumi di Kabupaten Donggala) BNPB

Direktur Utama (Dirut) Pertamina, Nicke Widyawati saat dihubungi IDN Times malam ini (28/9) menyatakan pihaknya masih mengidentifikasi sarana dan fasilitas yang terdampak gempa. Mereka juga telah mengamankan pasokan untuk wilayah yang terdampak gempa.

"Untuk memgamankan pasokan di wilayah gempa, kami sudah berlakukan kondisi darurat dengan menambah pasokan di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) terdekat serta menyiapkan armada distribusinya," kata Nicke melalui pesan singkat kepada IDN Times malam ini. "Kami akan extra effort untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan BBM di wilayah tersebut," tambahnya.

2. Fasilitas Terminal BBM alami kerusakan ringan

Tsunami dan Gempa Donggala: Sarana Pertamina Alami Kerusakan(Rumah hancur akibat gempa bumi di Kabupaten Donggala) BNPB

Fasilitas milik Pertamina juga mengalami beberapa kerusakan ringan, antara lain di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Donggala, 2 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBBE ), dan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU).

Belum ada informasi lebih lanjut terkait Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di lokasi gempa karena Pertamina masih menunggu laporan dari tim di lapangan.

Pertamina menyiapkan rencana alternatif untuk menyalurkan bahan bakar berdasarkan informasi yang ada hingga saat ini sambil terus berupaya untuk menyambung komunikasi dengan pekerja setempat.

3. Komunikasi terputus di wilayah Gempa

Tsunami dan Gempa Donggala: Sarana Pertamina Alami KerusakanANTARA FOTO/HO/pras

Karena komunikasi di wilayah Gempa diketahui terputus, Pertamina belum dapat menerima informasi terkait distribusi BBM. Untuk sementara, mereka telah mengaktifkan crisis center atau Puskodal (Pusat Komando dan Pengendalian) untuk memonitor kondisi terakhir dan menyiapkan rencana penanganan.

"Kondisi listrik padam menyebabkan jaringan komunikasi di Donggala dan sekitarnya tidak dapat beroperasi karena pasokan listrik PLN putus," tulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam rilisnya malam ini (28/9).

"Terdapat 276 base station yang tidak dapat dapat digunakan. Operator komunikasi terus berusaha memulihkan pasokan listrik secara darurat. Kemkominfo telah melakukan langkah-langkah penanganan untuk memulihkan komunikasi yang putus tersebut," ungkap Sutopo.

Baca Juga: Palu Diguncang Gempa dan Tsunami, Ini Update dari Pasha Ungu & Istri

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya