Peduli Pendidikan, PKT Salurkan Beasiswa dari SD-Perguruan Tinggi 

Total beasiswa senilai Rp22 miliar

Jakarta, IDN Times - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) kembali menyalurkan beasiswa PKT Peduli Pendidikan (PKTPP) tahun 2021 bagi 36 siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu secara finansial di Kota Bontang. 

Penerima beasiswa mulai tingkat sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi, terdiri atas 10 siswa tingkat SD, 8 siswa tingkat SMP, 8 siswa tingkat SMA, dan 10 penerima tingkat perguruan tinggi di Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (UNDIP), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), dan Universitas Hasanuddin (Unhas). 

“Jenjang SD hingga SMA akan menempuh pendidikan di Yayasan Pupuk Kaltim (YPK), sedangkan tingkat perguruan tinggi tersebar di berbagai universitas terkemuka di Indonesia,” ujar Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi saat menyerahkan beasiswa secara simbolis dan virtual, Rabu (7/7/2021).

1. Beasiswa diberikan agar SDM lokal lebih berdaya saing

Peduli Pendidikan, PKT Salurkan Beasiswa dari SD-Perguruan Tinggi Ilustrasi Pendidikan (IDN Times/Sukma Shakti)

Beasiswa disasar mulai tingkat SD agar ada kesinambungan proses pendidikan di setiap jenjang bagi anak sehingga ke depan mampu berkontribusi bagi daerah melalui keterampilan yang dimiliki, serta berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat. 

“Beasiswa PKTPP juga wujud dukungan PKT terhadap visi misi Pemkot Bontang yang ‘Hebat dan Beradab’, khususnya pendidikan bagi anak berprestasi dari keluarga kurang mampu agar SDM lokal lebih berdaya saing,” tambah Rahmad. 

Baca Juga: GEMPITA, Solusi untuk Dapatkan Informasi Pendidikan dan Beasiswa

2. Terus berkomitmen dan peduli dalam meningkatkan pendidikan

Peduli Pendidikan, PKT Salurkan Beasiswa dari SD-Perguruan Tinggi Ilustrasi Pendidikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Rahmad berpesan agar seluruh penerima beasiswa PKTPP dapat semangat dan tekun belajar, mengingat tidak semua anak mendapat kesempatan serupa. Rahmad juga berharap program ini bisa menjadi salah satu jalan bagi anak Bontang untuk berprestasi di bidang masing-masing.  

Dirinya juga memastikan bahwa PKT akan terus berkomitmen dan peduli dalam meningkatkan pendidikan siswa-siswi berprestasi karena anak berhak untuk mendapat kesempatan belajar yang lebih tinggi agar menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas. 

“Jaga amanah ini dengan baik agar beasiswa ini bermanfaat dalam mencapai cita-cita sehingga ke depan dapat memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,” katanya.

3. Wujud kontribusi dalam mendukung peningkatan SDM

Peduli Pendidikan, PKT Salurkan Beasiswa dari SD-Perguruan Tinggi PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) kembali menyalurkan beasiswa PKT Peduli Pendidikan (PKTPP) tahun 2021 bagi 36 siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu secara finansial di Kota Bontang. (Dok. Pupuk Kaltim)

Sementara itu, Wali Kota Bontang Basri Rase yang didampingi Wakil Wali Kota Bontang Najirah mengapresiasi kontribusi PKT yang secara berkesinambungan memberikan ruang dan peluang bagi anak berprestasi dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Basri menilai hal ini sejalan dengan upaya Pemkot Bontang untuk pendidikan yang lebih layak bagi anak guna peningkatan SDM secara merata. 

“Semoga komitmen program ini terus ditingkatkan dengan jumlah penerima yang jauh lebih banyak sehingga SDM lokal makin meningkat dengan memastikan jaminan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” harapnya. 

Sebagaimana diketahui, program beasiswa penuh ini merupakan wujud kontribusi PKT dalam mendukung peningkatan SDM di Kota Bontang dengan memberikan pendidikan yang lebih layak bagi anak berprestasi dari keluarga kurang mampu.

Sejak program beasiswa PKTPP tingkat perguruan tinggi bergulir, biaya yang telah digelontorkan PKT senilai Rp18,98 miliar, sedangkan untuk tingkat SD, SMP, dan SMA senilai Rp3,10 miliar. (WEB)

Baca Juga: 280 Pelajar Raih Beasiswa Pendidikan dari Rumah Amal Salman

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya