Sinyal Jokowi Dukung Ganjar di Acara Projo, Ini Kata Politikus PDIP

Dukungan Jokowi mungkin tidak ditujukan untuk Ganjar Pranowo

Jakarta, IDN Times - Politikus PDI Perjuangan Masinton Pasaribu buka suara terkait pernyataan Presiden Joko “Jokowi” Widodo dalam acara relawan Pro Jokowi (Projo). Dalam agenda itu, Jokowi disebut menunjukkan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Masinton menjelaskan, acara tersebut bukan agenda PDIP melainkan ormas Projo. Adapun pernyataan Jokowi agar tak terburu-buru memilih capres-cawapres 2024 menurut Masinton, bisa jadi bukan ditujukan untuk Ganjar Pranowo.

“Kita kan sama-sama membaca, dukungan itu ke mana. Kalau saya memaknai, yang ada di situ kan Pak Wantimpres, ada Pak Moeldoko, ada Pak Ganjar, dan ada Pak Jokowi,” kata Masinton kepada wartawan di kompleks DPR, Senayan, Senin (23/5/2022).

Baca Juga: 2 Alasan Kuat Jokowi Tak Mungkin Dukung Ganjar Terang-terangan, Mahal!

1. Muncul kembali dukungan Jokowi 3 periode

Sinyal Jokowi Dukung Ganjar di Acara Projo, Ini Kata Politikus PDIPPresiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Masinton justru menegaskan kemunculan kembali dukungan Jokowi tiga periode. Dalam acara Projo pekan lalu, beberapa relawan memang sempat menyebut mendukung Jokowi maju kembali di 2024.

“Ada teriakan tiga periode. Saya enggak tahu apakah wacana itu masih berjalan di bawah, kan buktinya ormas Projo masih teriak tiga periode,” ujar Masinton.

2. Minim sinyal Jokowi dukung Ganjar

Sinyal Jokowi Dukung Ganjar di Acara Projo, Ini Kata Politikus PDIPGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sebelumnya Presiden Jokowi menghadiri rapat kerja nasional Relawan Pro Jokowi (Projo) di Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu (21/5/2022). Raker Projo tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dalam raker tersebut, Jokowi berpesan agar relawan Projo tidak terburu-buru dalam menentukan dukungan terhadap capres 2024.

“Untuk urusan politik, ojo kesusu. Jangan tergesa-gesa. Meskipun, mungkin yang kita dukung ada di sini," ungkap Jokowi.

Pernyataan Jokowi ini dinilai merupakan pesan tersembunyi untuk Ganjar Pranowo yang namanya masuk dalam bursa capres 2024.

Pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga mengatakan, pernyataan Jokowi tersebut memang bermakna ganda. Pasalnya, Jokowi kemungkinan dalam situasi terdesak di kalangan elite parpol PDIP karena harus mendukung pilihan partai sementara dirinya sendiri harus netral di mata publik.

“Pesan tersebut bisa jadi untuk menjaga jarak soal siapa yang akan didukung Jokowi pada Pilpres 2024. Jokowi ingin menunjukkan dirinya belum mendukung siapa pun capres pilihannya,” kata Jamiluddin kepada IDN Times, Minggu (22/5/2022).

3. Jokowi butuh biaya mahal untuk dukung Ganjar

Sinyal Jokowi Dukung Ganjar di Acara Projo, Ini Kata Politikus PDIPGanjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil. (instagram.com/ganjar_pranowo)

Jamiluddin juga menilai kecil kemungkinan Jokowi memberikan sinyal dukungan pada Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. Sebab, diperlukan cost atau biaya mahal untuk mendukung Ganjar yang bersaing dengan Puan Maharani di PDIP.

Cost politiknya terlalu mahal bagi Jokowi untuk mendukung Ganjar,” ujar Jamiluddin.

Dia juga menilai, sulit bagi Jokowi jika tidak menuruti kehendak partai. Tanpa dukungan PDIP di pemerintahan, kabinet yang dipimpin Jokowi bisa saja goyah.

“Jokowi tetap menginginkan dukungan dari Megawati agar kabinet yang dipimpinnya tidak goyah hingga 2024,” ucap dia.

Baca Juga: Pesan Jokowi ke Relawan Projo, Singgung Ganjar soal Capres 2024

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya