Duet Prabowo-Cak Imin 2024 Dimatangkan di Ponpes Bumi Salawat Sidoarjo

Prabowo bertekad untuk selalu bekerja sama dengan Cak Imin

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum DPP, Gerindra Prabowo Subianto, dan dan Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, bertemu di Kompleks Ponpes Progresif Bumi Shalawat, Tulangan, Sidoarjo. Pertemuan itu dilakukan pada Minggu (12/3/2023).

Dalam pertemuan itu, turut hadir Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid, Waketum yang juga Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Sekjen Hasanuddin Wahid, Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal, Ketua DPW PKB Jateng KH Yusuf Chudlori.

Terlihat pula sejumlah tokoh Nahdlatul Ulama (NU) seperti Pengasuh Ponpes Denanyar Jombang Abdul Salam Shohib, Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar, Pengasuh Ponpes Sidogiri Pasuruan KH Ahmad Fuad Nur Hasan, Wakil Bupati Pasuruan KH Mujib Imron, Rektor Unisma Maskuri, serta sejumlah ulama lainnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo KH Agoes Ali Masyhuri mengatakan, pertemuan itu dilakukan untuk mematangkan pasangan Prabowo dan Cak Imin sebagai capres-cawapres 2024. Cak Imin bersyukur bisa bertemu Prabowo di Ponpes Bumi Salawat.

"Alhamdulillah Gus Ali mendoakan pasangan kita supaya sukses. Apakah Gus Muhaimin-Prabowo sudah fix bakal berpasangan usai pertemuan tersebut? Moga-moga," ujar Cak Imin dalam keterangan yang diterima IDN Times, Senin (13/2/2023).

Baca Juga: Hashim: Meski Koalisi, Cak Imin Tak Mutlak Jadi Cawapres Prabowo

1. Prabowo bertekad untuk selalu kerja sama dengan Cak Imin

Duet Prabowo-Cak Imin 2024 Dimatangkan di Ponpes Bumi Salawat SidoarjoKetua Umum DPP Gerindra, Prabowo Subianto dan dan Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bertemu di Kompleks Ponpes Progresif Bumi Shalawat, Tulangan, Sidoarjo (dok. PKB)

Dalam kesempatan itu, Prabowo bertekad untuk selalu bekerja sama dengan Cak Imin. Prabowo bersyukur pertemuan itu bisa terselenggara.

"Alhamdulillah, kita melihat perkembangan, kita bersyukur, kita bertekad untuk selalu bekerja sama dengan baik supaya suasana negara dan bangsa sejuk, proses kenegaraan berjalan dengan sejuk, baik dan damai," ucap Prabowo.

Baca Juga: Profil PKB, Parpol Bentukan Gus Dur dan Kiai-Kiai atas Usulan Warga NU

2. Dianugerahi tokoh peduli santri, Prabowo akui dekat dengan kiai

Duet Prabowo-Cak Imin 2024 Dimatangkan di Ponpes Bumi Salawat SidoarjoPrabowo Subianto. twitter/prabowo

Sebelumnya, Prabowo dianugerahi gelar sebagai tokoh peduli santri dari Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI), karena kedekatannya dengan santri di Tanah Air. 

Penganugerahan tersebut diberikan saat Prabowo membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) BKPRMI di Masjid Madinatul Iman, Balikpapan Islamic Center, Minggu (12/3/2023).

Selain membuka Rapimnas BKPRMI, Ketua Umum Partai gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini juga mewisuda ribuan santri Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-kanak Alquran (LPPTKA) BKPRMI angkatan XXIX. 

Prabowo mengakui, BKPRMI punya gagasan dan peran strategis dalam pembangunan Indonesia. Dia juga tak segan menyebut peran signifikan santri dan ulama dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. 

"Saya juga merasa terharu sekaligus terhormat dengan undangan menghadiri acara BKPRMI ini," kata Prabowo.

3. Prabowo dekat dengan kiai dan santri sejak jadi prajurit TNI

Duet Prabowo-Cak Imin 2024 Dimatangkan di Ponpes Bumi Salawat SidoarjoKetua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Soal kedekatan dengan kiai dan santri, Prabowo punya alasan tersendiri. Sebagai prajurit yang disumpah untuk rela mati dengan Tanah Air, kedekatan dengan kyai disebut dia merupakan kebutuhan rohani. 

"Jadi kalau kami prajurit ini, karena sudah tanda tangan kontrak siap mati ya pasti yang dicari pertama kiai," kata mantan Danjen Kopassus itu.

Prabowo berharap para santri bisa menjadi generasi penerus menuju Indonesia Emas 2045, di mana Indonesia ditargetkan menjadi salah satu negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

"Berdasarkan keterangan Kemenag, ada 1,6 juta santri yang tersebar di Indonesia. Jika jumlah ini mampu dimaksimalkan tentu akan sangat berperan pada masa yang akan datang," ujar dia.

Prabowo juga memuji kiprah Ketua BKPRMI yang diakuinya sangat aktif di bidang mempersatukan Nusantara, termasuk saudara-saudara di Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya