Ma'ruf Amin Salam 3 Jari di Acara PDIP, Jubir: Wapres Netral

Salam tiga jari murni salam keakraban

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin melakukan salam metal tiga jari dalam pose berfotonya, usai menerima tumpeng dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri di acara HUT ke-51 PDIP. Juru bicara Wapres, Masduki Baidlowi, menegaskan Ma'ruf Amin dalam posisi netral pada Pilpres 2024.

"Wapres KH Ma’ruf Amin, konsisten mengambil posisi netral dalam kontestasi Pilres 2024, seperti sering disampaikan dalam berbagai kesempatan. Netralitas itu lah yang menjadi salah satu alasan wapres hadir dalam acara HUT PDIP, juga HUT Parpol yang lain," ujar Masduki dalam keterangannya, Rabu (10/1/2024).

Masduki mengatakan, gerakan tangan salam metal tiga jari itu hendaknya tidak dipersepsikan sebagai dukungan untuk salah satu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

"Terkait salam metal (tiga jari) yang ditunjukkan wapres pada saat menghadiri HUT PDIP, tidak seharusnya dipersepsikan wapres mendukung pasangan Capres-Cawapres tertentu dalam kontestasi pilpres saat ini," kata dia.

Menurutnya, Ma'ruf melakukan gerakan itu sebagai bentuk keakraban dengan PDI Perjuangan.

"Salam metal (tiga jari) tersebut murni salam keakraban, menghargai HUT PDIP. Salam tersebut sudah lama dipakai PDIP, metal menunjukkan akronim merah total, sebagai warna bendera partai," ucap dia.

Sebelumnya, Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan pose itu dilakukan karena keakraban antara Ma'ruf Amin dan Megawati.

"Jadi, kan persahabatan antara KH Ma'ruf Amin dan Ibu Mega kan sangat dalam, bahkan kedua pemimpin sering berdialog dan lihat karakter spiritualitasnya ini kan tidak jauh berbeda, sehingga tentu saja karena ini ulang tahun PDI Perjuangan suasana kebatinan ini juga ikut berbicara," ujar Hasto di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024).
.

Baca Juga: Kata PDIP soal Ma'ruf Amin Pose 3 Jari Usai Dapat Tumpeng dari Mega

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya