NasDem Anggap Ucapan Jokowi Pemimpin Rambut Putih hanya Gimik Politik

NasDem sebut hanya hiburan

Jakarta, IDN Times - Sekjen Partai NasDem, Johnny G Plate, mengatakan pernyataan Presiden Joko "Jokowi" Widodo terkait "pemimpin berambut putih" hanya gimik politik. Menurutnya, hal itu hanya sebuah hiburan.

"Bagian dari dinamika politik nasional kita, lihatlah itu komunikasi Bapak Presiden sebagai kepala pemerintahan kepala negara dengan rakyat, itu gimik-gimik politik yang menarik, yang ada sisi hiburannya bagi rakyat," ujar Johnny di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Baca Juga: Jokowi Jawab Pemimpin Rambut Putih: Hatta Rajasa, Ganjar, Prabowo

1. Bisa menghibur di saat kondisi berat

NasDem Anggap Ucapan Jokowi Pemimpin Rambut Putih hanya Gimik PolitikMenteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate di Kementerian Kominfo, Selasa (18/10/2022). (IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Dalam kesempatan itu, Jhonny meyebut obrolan soal komentar Presiden Jokowi itu bisa menjadi hiburan saat kondisi berat. Oleh karena itu, dia meminta semua pihak untuk tidak serius mengenai hal tersebut.

"Paling tidak kan mengisi juga ini percakapan untuk rakyat, untuk hal-hal yang tidak terlalu serius," ucap dia.

Baca Juga: Jokowi Sebut soal Pemimpin Rambut Putih, Prabowo Pamer Uban

2. Jokowi sampaikan pemimpin rambut putih di GBK

NasDem Anggap Ucapan Jokowi Pemimpin Rambut Putih hanya Gimik PolitikPresiden Jokowi saat berbincang santai dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Jokowi menyampaikan kriteria pemimpin yang bisa dijadikan rujukan. Hal itu disampiakan Jokowi kepada relawan Gerakan Nusantara Bersatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Sabtu (26/11/2022).

Pemimpin yang mengerti rakyat, kata Jokowi, terlihat dari penampilan hingga kerutan wajah.

"Pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya. Dari penampilannya itu kelihatan. Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat. Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua,” kata Jokowi.

Jokowi mengimbau para relawan agar jangan hanya karena kepentingan sesaat atau jangka pendek malah lupa menjaga keberlanjutan dan keberhasilan pembangunan yang telah ia buat.

Pembangunan infrastruktur, kata Jokowi, harus dilanjutkan Presiden selanjutnya untuk kepentingan rakyat.

“Hati-hati memilih pemimpin hati-hati. Pilih pemimpin yang ngerti apa yang dirasakan oleh rakyat. Pilih nanti pada 2024 pilih pemimpin yang ngerti tentang apa yang dirasakan rakyat,” ujar dia.

Baca Juga: Jokowi Sebut soal Pemimpin Rambut Putih, Prabowo Pamer Uban

3. Jokowi jelaskan soal pernyataan sosok pemimpin rambut putih

NasDem Anggap Ucapan Jokowi Pemimpin Rambut Putih hanya Gimik PolitikPresiden Jokowi saat berbincang santai sambil menyantap bakso dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Aditya Mustaqim)

Saat kunjungan kerja ke Pontianak, Selasa (29/11/2022), Jokowi menjelaskan orang yang berambut putih memiliki semangat untuk memperjuangkan masyarakat. Dia menyebut, Hatta Rajasa juga memiliki rambut putih selain Ganjar.

"Termasuk juga rambut, karena mikirnya sangat keras untuk rakyat, maka bisa saja rambutnya jadi putih; dan banyak yang rambutnya putih, seperti Hatta Rajasa, Ganjar Pranowo, termasuk Pak Prabowo Subianto, rambutnya juga agak putih, dan lainnya," kata Jokowi dilansir ANTARA.

Dalam kesempatan itu, dia juga mempersilakan orang lain menafsirkan soal pemimpin rambut putih itu.

"Ya ditafsirkan apa pun silakan; tetapi memang dalam orang bekerja, kalau sungguh-sungguh dan kerja keras, pasti akan memengaruhi fisiknya," ucap dia.

Ketika kunjungan kerja di Surabaya, Jokowi juga menyebut Prabowo Subianto masuk dalam kriteria pemimpin rambut putih.

"Tadi sudah saya sampaikan, sudah saya cek ke Pak Prabowo apakah beliau memiliki kerutan di wajahnya, ternyata punya. Kerutan wajahnya ada," ujarnya.

Tak hanya itu saja, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengaku telah mengecek rambut Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra. Ternyata, beberapa uban sudah muncul di rambut Prabowo. Meski tak terlalu banyak.

"Kemudian saya cek rambutnya ternyata juga ada putihnya, sebagian juga ada putihnya, artinya sepeti yang saya sampaikan itu (ciri pemimpin pikirkan rakyat)," kata Jokowi.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya