Comscore Tracker

Ormas Pemuda Pancasila Tengah Disorot, Begini Sejarah Berdirinya

PP bermula dari Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia

Jakarta, IDN Times - Ormas Pemuda Pancasila (PP) sedang menjadi sorotan. Hal itu karena sejumlah anggotanya diduga mengeroyok anggota polisi pada Kamis, 25 November 2021.

Kala itu, Pemuda Pancasila berunjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR RI. Demo itu mendesak anggota DPR RI dari Fraksi PDIP, Junimart Girsang, meminta maaf karena dianggap telah menyinggung Pemuda Pancasila.

Lalu, bagaimana sejarah berdirinya Pemuda Pancasila?

Baca Juga: Polisi Akan Panggil Koordinator Aksi Pemuda Pancasila yang Berujung Ricuh

1. Pemuda Pancasila bermula dari Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IKPI)

Ormas Pemuda Pancasila Tengah Disorot, Begini Sejarah BerdirinyaIDN Times/Fadli Syaputra

Dilansir dari situs resminya, berdirinya Pemuda Pancasila bermula dari deklarasi Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IKPI) pada 28 Oktober 1959 di Jakarta. IPKI bagian dari sayap politik dari sejumlah petinggi militer kala itu.

Tokoh-tokoh militer yang tergabung dalam IPKI antara lain, A. Yani, A.H Nasution, Gatot Subroto dan sejumlah petinggi lainnya.

Pada 1965, Pemuda Pancasila juga mengaku ikut melawan PKI. "Peristiwa gugurnya kader-kader Pemuda Pancasila itu dicatat sebagai peristiwa heroik yang dijadikan api semangat dalam menegakkan panji-panji organisasi," tulis situs Pemuda Pancasila, dikutip IDN Times, Senin (29/11/2021).

Baca Juga: Polisi Akan Panggil Koordinator Aksi Pemuda Pancasila yang Berujung Ricuh

2. Keanggotaan Pemuda Pancasila mulai dari preman hingga tokoh agama

Ormas Pemuda Pancasila Tengah Disorot, Begini Sejarah BerdirinyaIDN Times/Fadli Syaputra

Pemuda Pancasila dalam Mubes VII 2001 di Wisma Kinasih Bogor, berganti menjadi ormas yang sebelumnya sebagai organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP). Anggota Pemuda Pancasila juga disebutkan berjumlah 7 juta orang.

Pemuda Pancasila dijelaskan memiliki pergerakan ke arah kegiatan sosial kemasyarakatan hingga tingkat dasar. Keanggotaannya juga disebut beragam, mulai dari preman, tokoh eksekutif, legislatif, pengusaha, tokoh agama, hingga tokoh pendidikan.

3. Semboyan Pemuda Pancasila

Ormas Pemuda Pancasila Tengah Disorot, Begini Sejarah Berdirinyapelantikan pengurus ranting pemuda Pancasila

Selain itu, Pemuda Pancasila juga memiliki semboyan "Surut Kita Berpantang”. Maknanya, Pemuda Pancasila harus siap dan tidak akan surut dengan perubahan zaman, politik, sistem pemerintahan dan sejumlah hal.

Pemuda Pancasila juga memiliki ikrar berikut ini:

1. Bertanah Air satu, Tanah Air Indonesia
2. Berbangsa Satu, Bangsa Indonesia
3. Berbahasa Satu, Bahasa Indonesia
4. Berideologi satu, Ideologi Pancasila.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya