Sikap Jokowi Saat Megawati Kritik Pedas Pemerintah di Rakernas PDIP

Saat Megawati pidato, Jokowi sedang di Istana Yogyakarta

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo tak menaggapi sejumlah kritik yang dilontarkan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, saat berpidato di Rakernas V PDIP. Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, mengatakan Jokowi tak menanggapi karena pidato politik itu berada di internal PDIP.

"Presiden Jokowi tidak dalam posisi menanggapi pidato Ketum PDIP, karena Rakernas PDIP merupakan agenda internal dan pidato tersebut ditujukan untuk kalangan internal PDIP," ujar Ari kepada jurnalis, Jumat (24/5/2024).

Saat Megawati berpidato, Jokowi sedang berada di Istana Kepresidenan Yogyakarta melakukan kegiatan internal.

"Bahkan, pada Jumat sore sekitar pukul 16.15 WIB, Presiden Jokowi justru sedang berbagi kebahagiaan bersama warga sekitar Istana dengan membagikan sembako, termasuk untuk pedagang asongan, pengayuh becak, dan kaum difabel," ucap dia.

Diketahui, sejumlah kritik disampaikan Megawati dalam pidato politiknya, mulai dari pelemahan KPK, Mahkamah Konstitusi (MK) diintervensi, hingga dugaan kecurangan pemilu yang terstruktur, sistematis dan masif (TSM).

"Dulu reformasi menempatkan nepotisme, kolusi dan korupsi sebagai musuh bersama dan oleh sebab itu lahirlah KPK, itu juga saya yang buat, heran lho barang yang bagus-bagus tapi sekarang dipergunakannya menjadi tidak bagus," ujar Megawati dalam pidato politiknya di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (24/5/2024).

Dalam kesempatan itu, Megawati juga menyinggung MK yang berdiri di eranya ketika menjadi Presiden RI. Seharusnya, MK tak boleh diintervensi oleh kekuasaan.

"Makanya aduh MK juga sama, kenapa bisa diintervensi oleh kekuasaan? Nampak jelas melalui keputusan terhadap perkara nomor 90 yang menimbulkan banyak antipati, ambisi kekuasaan sukses mematikan etika moral dan hati nurani hingga tumpang tindih kewenangannya dalam demokrasi yang sehat," imbuh Megawati.

Baca Juga: Megawati: Ibu Dengar Nih, Jabatan Menteri Woaaah Sudah pada Rebutan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya