Target Saiful Rahmat Usai Jadi Wamenag: Toleransi Makin Tinggi

Saiful menyebut akan bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi

Jakarta, IDN Times - Saiful Rahmat Dasuki resmi menjadi Wakil Menteri Agama (Wamenag) usai dilantik Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (17/7/2023). Usai pelantikan, Saiful mengaku akan bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) sebagai Wamenag.

Moderasi beragama dan toleransi di Indonesia menjadi sorotan Saiful. Dia berharap bisa level keduanya bisa lebih tinggi di masa jabatannya yang singkat.

"Tentu, memenuhi tupoksi yang sudah diberikan, membantu Pak Menteri, menyukseskan program-program unggulan dalam waktu yang tinggal 1,5 tahun ini, bagaimana mencapai tahun moderasi beragama, toleransi semakin tinggi, dan menjaga kemajemukan untuk Indonesia," ujar Saiful di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Baca Juga: Baru Lantik Menteri dan 5 Wamen, Jokowi Sebut Masih Ada Reshuffle

1. Segera serah terima jabatan dengan Zainut Tauhid

Target Saiful Rahmat Usai Jadi Wamenag: Toleransi Makin TinggiWakil Menteri Agama (Wamenag), Saiful Rahmat Dasuki (IDN TImes/Ilman Nafi'an)

Saiful menjadi Wamenag menggantikan Zainut Tauhid Sa'adi. Menurutnya, dia akan segera serah terima jabatan degan Zainut.

"Nanti pak Sekjen yang mengatur, setelah ini ada serah terima," ucap dia.

Baca Juga: Saiful Rahmat Dasuki Tiba di Istana dan Dilantik Jadi Wamenag

2. Lanjutkan program yang sudah dibuat Zainut

Target Saiful Rahmat Usai Jadi Wamenag: Toleransi Makin TinggiWakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi dalam peluncuran Griya Moderasi Beragama dan Bela Negara (GMBBN) (dok. Kemenag)

Dalam kesempatan itu, Saiful memastikan akan melanjutkan program yang sudah dibuat Zainut. Tentunya, sesuai dengan arahan dari Presiden Jokowi dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

"Mengikuti tupoksi dan melanjutkan apa yang sudah beliau lakukan," kata dia.

3. Posisi Wamenag diganti atas permintaan PPP

Target Saiful Rahmat Usai Jadi Wamenag: Toleransi Makin TinggiPresiden Joko Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Presiden Jokowi membeberkan alasannya mengganti Zainut Tauhid Sa'adi dan melantik Saiful Rahmat Dasuki sebagai Wamenag. Jokowi mengaku, pergantian itu atas permintaan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Itu ada permintaan dari partai," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta.

Topik:

  • Satria Permana
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya