Usai Bertemu Elon Musk di Amerika, Jokowi Kembali ke Indonesia

Jokowi akan ke Abu Dhabi sebelum ke Indonesia

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo kembali ke Indonesia usai menjalani rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-Amerika Serikat. Jokowi kembali ke Tanar Air pada Sabtu, 14 Mei 2022 waktu Amerika.

Agenda Jokowi di Amerika Serikat antara lain bertemu Elon Musk di SpaceX, Boca Chica, Amerika Serikat. Kepulangan Jokowi bersama Iriana dilepas oleh Duta Besar RI Rosan Roeslani beserta istri.

Baca Juga: Jokowi Kunjungi Elon Musk di SpaceX, Jadi Ada Investasi di Indonesia?

1. Jokowi akan singgah terlebih dahulu

Usai Bertemu Elon Musk di Amerika, Jokowi Kembali ke IndonesiaPresiden Jokowi dan Iriana kembali ke Indonesia dari Amerika Serikat (dok. Sekretariat Presiden)

Jokowi dan rombongan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia GIA-1. Pesawat yang membawa Jokowi dan rombongan lepas landas dari Pangkalan Militer Andrews, Washington DC sekitar pukul 17.38 waktu setempat.

Jokowi akan singgah terlebih dahulu di Abu Dhabi pada Minggu, 15 Mei 2022. Di Abu Dhabi, Jokowi akan menyampaikan duka cita kepada pemerintah, masyarakat, dan keluarga atas wafatnya Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan pada Jumat, 13 Mei 2022.

Diagendakan Jokowi akan tiba di Indonesia pada Senin, 16 Mei 2022.

Baca Juga: Mohamed bin Zayed Jadi Presiden UEA yang Baru 

2. Elon Musk akan ke Indonesia November 2022

Usai Bertemu Elon Musk di Amerika, Jokowi Kembali ke IndonesiaPresiden Joko "Jokowi" Widodo berkunjung ke Space X dan bertemu dengan Elon Musk. (Dok. Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Jokowi bertemu dengan Elon Musk di SpaceX. Dalam pertemuan itu, Jokowi juga mengundang Elon Musk datang ke Indonesia.

"Saya kira, dia sangat tertarik sekali untuk segera datang ke Indonesia dan tadi saya sudah sampaikan untuk bisa datang di Indonesia," ujar Jokowi dalam keterangannya, Minggu (15/5/2022).

Dalam kesempatan itu, Elon Musk memenuhi undangan Jokowi. Elon Musk akan datang ke Indonesia pada November 2022.

"Mudah-mudahan di November, terima kasih atas undangannya," ucapnya.

3. Yang dibicarakan Jokowi dan Elon Musk

Usai Bertemu Elon Musk di Amerika, Jokowi Kembali ke IndonesiaPresiden Joko "Jokowi" Widodo berkunjung ke Space X dan bertemu dengan Elon Musk. (Dok. Sekretariat Presiden)

Jokowi mengatakan, kunjungan ke SpaceX merupakan tindak lanjut perintahnya kepada Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan untuk berbicara kepada Elon.

"Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang," kata Jokowi.

Elon menyatakan sangat tertarik dengan masa depan Indonesia. Elon pun meyakini Indonesia punya optimisme besar terhadap masa depannya dan juga dikelilingi energi positif di sekitarnya.

"Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar, dan saya rasa kita melalui Tesla dan SpaceX akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia," ucap dia.

Sementara itu, Elon mengatakan dirinya tertarik bekerja sama dengan Indonesia lantaran Indonesia memiliki potensi di banyak bidang.

"Kita akan melihat dari dekat bentuk kerja sama di banyak hal, karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang. Ini bagus karena kita membutuhkan banyak orang di masa depan," kata Elon.

Baca Juga: Elon Musk Peringatkan Jepang soal Populasinya yang Terus Menurun

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya