Comscore Tracker

Heboh Konvoi Kebangkitan Khilafah di Cawang, Densus 88 Turun Tangan

Densus 88 ikut mendalami konvoi tersebut

Jakarta, IDN Times - Publik dibuat heboh dengan aksi konvoi puluhan motor di kawasan Cawang, Jakarta Timur, yang mengibarkan bendera hingga atribut menyoal 'Kebangkitan Khilafah'. Adapun poster hingga bendera yang dibawa anggota konvoi itu bertuliskan 'Khilafatul Muslimin'.

Polisi belakangan mengaku akan mendalami kegiatan konvoi kebangkitan khilafah tersebut yang videonya menjadi viral. Terbaru, kegiatan yang turut membuat resah itu ternyata juga ikut dipantau Densus 88 Anti-teror Polri.

1. Densus 88 masih selidiki konvoi kebangkitan khilafah di Cawang

Heboh Konvoi Kebangkitan Khilafah di Cawang, Densus 88 Turun TanganWebsite

Kepastian disampaikan oleh Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabag Banops) Densus 88, Kombes Pol Aswin Siregar, Selasa (31/5/2022).

"Densus 88 sudah monitor dan masih menyelidikinya," ujar Kombes Pol Aswin Siregar.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan konvoi dengan membawa atribut bertulis khilafah tak bisa dibenarkan, karena Indonesia tidak menganut sistem tersebut.

"Hal ini tidak sesuai dengan ketentuan peraturan dan juga apa yang menjadi ketentuan di dalam perundang-undangan kita, bahwa bangsa Indonesia ini bukan berdasarkan Khilafah," kata Zulpan kepada wartawan, Senin (30/5/2022) kemarin.

Baca Juga: Konvoi Bawa Sajam di Jalan Samas Bantul, 17 Pelajar SMA Dicokok Polisi

2. Polisi sudah kantongi data pelaku

Heboh Konvoi Kebangkitan Khilafah di Cawang, Densus 88 Turun TanganKabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan. IDN Times/Sahrul Ramadan

Polisi sejauh ini, dikatakan Zulpan sudah mengantongi data para pelaku yang ikut konvoi kebangkitan khilafah di Cawang akhir pekan lalu. Akan tetapi, penyidik masih melakukan pendalaman untuk mendapat data-data lain agar lebih lengkap, sebelum akhirnya memanggil mereka.

"Kami akan cari data dulu terhadap pengendara yang nampak dalam video tersebut, tentunya kami juga akan memanggil mereka. Kami juga akan menanyakan maksud tujuan. Lalu memberi edukasi pada mereka agar tidak menyimpang," katanya.

Baca Juga: Geger Konvoi Kebangkitan Khilafah di Cawang, Berhasil Dilacak Polisi?

3. Bergerombol memakai seragam dominan hijau

Heboh Konvoi Kebangkitan Khilafah di Cawang, Densus 88 Turun TanganWebsite

Sebelumnya, aksi konvoi khilafatul muslimin ini disebut terjadi di Cawang, Jakarta Timur, pada Minggu (29/5/2022) lalu, sekira jam 09.14 WIB. Terlihat para pemotor itu melintas bergerombol dengan memakai seragam dengan warna dominan hijau.

Para pemotor itu juga nampak membawa bendera berbahasa Arab berukuran besar. Sejumlah poster berisi pesan terkait khilafah turut dibawa peserta konvoi, salah satunya berbunyi "Jadilah Pelopor Penegak Khilafah Ala Minhajin Nubuwwah".

Tak butuh waktu lama, usai diunggah ke sosial media, video tersebut langsung viral dan menjadi perhatian banyak pihak. Hingga Polisi berusaha turun tangan untuk mendalami video tersebut.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya