Prabowo-Gibran Interaksi Tertinggi di TikTok, AMIN Post Terbanyak

Perbandingan ketiga paslon di TikTok

Jakarta, IDN Times - Founder Drone Emprit and Media Kernel Indonesia, Ismail Fahmi merilis soal perbandingan ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden di media sosial TikTok. Analisis itu dilakukan untuk unggahan sejak tanggal 21 sampai 30 Januari 2024.

Dari hasil analisis tersebut, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka jadi paslon dengan jumlah interaksi yang apik di TikTok. Sedangkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar jadi paslon dengan jumlah unggahan terbanyak.

1. Prabowo-Gibran efektif di TikTok

Prabowo-Gibran Interaksi Tertinggi di TikTok, AMIN Post TerbanyakTayangan iklan videotron pencalonan presiden Prabowo-Gibran. (dok. Instagram @gibran_rakabuming)

Dalam cuitannya, yang didasarkan pada hasil analisis, Ismail berkata bahwa interaksi (engagement) Prabowo-Gibran di TikTok mencapai 1,2 miliar (1.277.143.952 interaksi). Padahal, jumlah unggahan mereka lebih sedikit ketimbang tiga paslon lain.

"Prabowo-Gibran memiliki total engagement tertinggi (1,277,143,952), yang jauh melebihi yang lain. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun mereka memiliki jumlah post lebih sedikit, setiap post mereka mendapatkan resonansi dan interaksi yang lebih besar dari audiens," ujar Ismail.

Baca Juga: Live TikTok Lagi Bareng Anies, Tom Lembong Diminta Ucapkan Rawr

2. AMIN jadi paslon dengan jumlah post terbanyak

Prabowo-Gibran Interaksi Tertinggi di TikTok, AMIN Post TerbanyakCapres dan Cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin bersama para pengasuh Ponpes Lirboyo, Kediri, Jawa Timur. (IDN Times/Amir Faisol)

Sedangkan untuk urusan jumlah post, Anies-Cak Imin (AMIN) jadi paslon dengan jumlah post terbanyak di antara ketiga paslon lain, mencapai 2.042 posts. Hal itu menunjukkan tingginya frekuensi konten AMIN di TikTok.

"Anies-Cak Imin memiliki jumlah post terbanyak (2,504 posts), diikuti oleh Prabowo-Gibran (2,042 posts), dan Ganjar-Mahfud MD dengan jumlah post terkecil (1,755 posts). Ini mungkin menunjukkan frekuensi konten yang lebih tinggi atau periode kampanye yang lebih lama untuk Anies-Cak Imin," cuit Ismail.

3. Pekerjaan rumah bagi Ganjar-Mahfud di TikTok

Prabowo-Gibran Interaksi Tertinggi di TikTok, AMIN Post TerbanyakSeniman dari Komunitas Pari Corek bernama Sidik Gunawan, menyulap sebidang sawah padi di Desa Sidorejo, Kecamatan Bergas berwajah Ganjar-Mahfud (IDN Times/Istimewa)

Sedangkan bagi Ganjar-Mahfud, penampilan mereka di TikTok ini jadi pekerjaan rumah tersendiri. Sebab, mereka jadi paslon dengan jumlah post terkecil (1.755 posts). Namun, jumlah interaksi mereka tak jauh beda dengan AMIN.

"Ganjar-Mahfud MD, meskipun memiliki jumlah post paling sedikit, memiliki total engagement yang tidak jauh berbeda dengan Anies-Cak Imin (574.882.128 interaksi berbanding 522.562.286 interaksi)," ungkap Ismail.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya