Elite Gerindra Unggah Foto Budi-Raffi Ahmad, Sinyal Maju Pilkada DKI?

Nama Budi banyak diusulkan kader Gerindra di Jakarta

Intinya Sih...

  • Elite Partai Gerindra mengunggah poster Budi Djiwandono dan Raffi Ahmad sebagai calon gubernur DKI Jakarta. Partai Demokrat juga mempertimbangkan Budi sebagai calon kepala daerah di Jakarta, disambut positif Wakil Ketua Umum Partai Gerindra. Raffi juga dipasangkan dengan Bupati Kendal, Dico Ganinduto, untuk maju di Pilgub Jawa Tengah, tetapi respons warganet terhadap kemungkinan Raffi maju di Pilkada Jakarta kurang positif.

Jakarta, IDN Times - Poster yang menampilkan foto Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Budi Djiwandono dan selebritas kondang Raffi Ahmad diunggah elite partai berlambang burung garuda itu. Ketua harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengunggah poster yang menggambarkan kedua foto itu di akun media sosialnya pada Jumat, 24 Mei 2024. 

Poster serupa juga diunggah Wakil Sekjen DPP Partai Gerindra, Kawendra Lukistian. Di bagian caption Kawendra menulis "mari nyalakan". Sedangkan, Dasco hanya memberikan caption emoji bendera merah putih. 

Unggahan serupa juga ditemukan di akun media sosial Hotman Paris Hutapea yang merupakan tim hukum Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada sengketa Pilpres 2024. Tapi di akun media sosialnya, Hotman memberikan petunjuk lebih jelas. Di poster yang diunggah pengacara kondang itu tertulis "Jakarta Mendunia 2024".

"Calon gubernur dan wakil gubernur DKI? Hotman diminta jadi ketua tim kampanye? Budi keponakan kandung Prabowo, eks tim kampanye 02, anak mantan Gubernur Bank Indonesia di era Soeharto," tulis Hotman di akun media sosialnya. 

Apakah keduanya memang serius mempertimbangkan maju di Pilkada Jakarta?

1. Nama Budi masuk bursa Pilkada Jakarta 2024

Elite Gerindra Unggah Foto Budi-Raffi Ahmad, Sinyal Maju Pilkada DKI?Prabowo Subianto dan Budisatrio Djiwandono (Instagram.com/@budidjiwandono)

Saat dikonfirmasi IDN Times, Dasco tidak merespons hingga kini. Sedangkan, ketika ditanyakan kepada Kawendra, ia hanya meminta doa bagi pasangan yang coba diajukan ke publik itu.

"Doakan yang terbaik," ujar Kawendra, Sabtu (25/5/2024) malam, melalui pesan pendek kepada IDN Times

Namun, unggahan foto serupa tidak ditemukan di media sosial milik Budi maupun Raffi Ahmad. 

Baca Juga: Bobby Gabung Gerindra, Hasto: Ada karena Idealisme, Ada Pula Kekuasaan

2. Budi Djiwandono bisa jadi sosok baru di Jakarta

Elite Gerindra Unggah Foto Budi-Raffi Ahmad, Sinyal Maju Pilkada DKI?Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman saat ditemui di Kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan (11/4/2024) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu)

Sementara, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, mengatakan Partai Demokrat sudah mulai mempertimbangkan Budi Djiwandono sebagai calon kepala daerah di Jakarta. Bahkan, Budi bisa memutus perseteruan antara pendukung Anies Baswedan dan Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama. 

"Khasnya Pilkada Jakarta, yang menang selalu sosok yang baru. Mas Budi bisa memenuhi kriteria tersebut, agar bisa memutus perseteruan antara pendukung aktor-aktor lama di Jakarta seperti pendukung Anies dan kubu pendukung Ahok," ujar Habiburokhman di Jakarta, Jumat, 24 Mei 2024. 

Dia mengaku tersanjung karena salah satu kader Gerindra dipertimbangkan Demokrat untuk didukung sebagai calon DKJ-1. Di sisi lain, nama Budi sudah banyak diusulkan kader Gerindra di Jakarta. Bahkan, menurut Wakil Ketua Komisi III DPR itu, Budi banyak memiliki penggemar dari kalangan ibu-ibu. 

"Beliau sosok anak muda yang cerdas, rendah hati, dan ramah. Yang gak kalah penting beliau juga good looking. Penggemarnya banyak sekali, terutama emak-emak," tutur Habiburokhman.

3. Prabowo belum putuskan siapa yang akan diusung Gerindra di Pilkada Jakarta

Elite Gerindra Unggah Foto Budi-Raffi Ahmad, Sinyal Maju Pilkada DKI?Presiden terpilih Prabowo Subianto bertemu CEO Tesla Inc Elon Musk di acara makan malam sebelum pembukaan World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, Minggu (19/5/2024). (Instagram @prabowo)

Lebih lanjut, Habiburokhman mengakui, hingga kini Gerindra belum memutuskan siapa sosok yang akan diusung di Pilkada Jakarta. Semua keputusan tersebut ada di tangan Prabowo selaku ketua umum partai. 

"Penentuan calon gubernur dari Partai Gerindra akan diputus oleh Pak Prabowo," kata dia. 

Sementara, Raffi Ahmad sudah santer juga dipasangkan dengan Bupati Kendal, Dico Ganinduto, maju di Pilgub Jawa Tengah. Ketika ditanyakan respons Dico, ia mengaku belum terpikir untuk berpasangan dengan suami Nagita Slavina itu. Dico hanya menyebut sudah ditugaskan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto agar maju sebagai calon gubernur Jateng. 

"Kalau urusan itu (berpasangan dengan Raffi) belum terpikir. Saya memang diperintah oleh Pak Airlangga untuk maju sebagai calon gubernur di Jawa Tengah. Sampai hari ini saya tidak memusingkan (posisi) cagub atau cawagub, apakah maju di Kendal atau di provinsi. Yang lebih penting bagi saya bila saya memang maju di Provinsi Jateng seberapa besar manfaat yang bisa saya berikan bagi warga Jateng," kata Dico di Kendal, Jumat, 24 Mei 2024. 

Di sisi lain, respons warganet tidak terlalu menanggapi positif bila Raffi maju di Pilkada Jakarta. Sebagian dari mereka meminta agar Raffi fokus berkarier di dunia hiburan.

"Raffi mah udah aja jadi artis lah," demikian tulis warganet di kolom komentar, Sabtu.

"Jangan mau Rafi. Ngapain terjun ke politik. Nikmati saja hidupmu dan kembangkan bisnisnya untuk membantu UMKM dan lapangan pekerjaan untuk berbagi dengan orang banyak agar kamu menjadi orang yang bermanfaat," kata warganet lainnya. 

"Apa iya Bang Raffi kompeten dalam hal pemerintahan? Ini urusan mengatur negara bukan lawakan, ndak main-main. Jangan karena pamor dan dikenal masyarakat saja," timpal warganet lainnya. 

https://www.youtube.com/embed/zTDNyu4vp-s

Baca Juga: Waketum Golkar Kaget Bobby Nasution Gabung Gerindra

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya