Comscore Tracker

Irwandi Yusuf Bantah Punya Hubungan Spesial dengan Model Steffy Burase

Irwandi mengaku kenal Steffy di acara Aceh Marathon

Jakarta, IDN Times - Gubernur non aktif Aceh, Irwandi Yusuf juga membantah soal rumor kedekatannya dengan model Feny Steffy Burase. Menurutnya, hubungannya dengan Steffy hanya sebatas hubungan kerja. 

Tersangka kasus korupsi Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) itu mengaku mengenal Steffy karena ia ikut mengurus acara Aceh International Marathon 2018. 

"Dia perannya sebagai tim ahli dalam Marathon Aceh. Kedekatannya sebatas teman saja," ujar Irwandi yang ditemui di gedung KPK pada Kamis malam usai diperiksa oleh penyidik. 

Steffy ikut diajak bergabung karena ia memiliki pengalaman sebagai atlet lari dan komunitas dalam kegiatan tersebut. Promosi besar-besaran dibutuhkan untuk menjaring peserta acara Aceh International Marathon. Sebab, Irwandi sempat melapor ke Wakil Presiden Jusuf "JK" Kalla peserta kegiatan itu tidak terlalu banyak. Salah satunya, karena sudah ada stigma adanya batasan bagi peserta yakni soal cara berpakaian dan orientasi seksual peserta. 

Lalu, sejak kapan Irwandi mengenal Steffy? Dan apa tanggapannya soal ia yang kini mendekam di rutan KPK akibat kasus korupsi? 

1. Irwandi kenal Steffy sejak Agustus 2017

Irwandi Yusuf Bantah Punya Hubungan Spesial dengan Model Steffy BuraseIDN Times/Santi Dewi

Irwandi mengaku mengenal Steffy baru-baru saja. Tepatnya, pada Agustus 2017.

"(Kenal Steffy) sejak Agustus 2017," kata Irwandi semalam.

Bantahan serupa juga disampaikan oleh Steffy. Ia menegaskan hubungannya dengan Irwandi hanya sebatas hubungan kerja.

"Saya memang punya hubungan kerja dengan beliau dan itu sangat profesional. Terlepas dari apa pun gosip, saya kira biar orang yang bercerita. Tetapi, saya sudah mengklarifikasi bahwa hubungan saya dan beliau hanya sebatas hubungan kerja saja," kata Steffy usai diperiksa selama 12 jam pada Rabu malam kemarin.

Model asal Manado itu sempat ditanyai oleh penyidik soal pengetahuannya terkait aliran dana dari Irwandi untuk kegiatan Aceh International Marathon 2018. Kegiatan itu akhirnya ditunda hingga bulan September oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh. Semula, acara tersebut dijadwalkan pada 29 Juli.

Baca juga: Model Steffy Burase Bantah Telah Menikah Siri dengan Irwandi Yusuf

2. Penyidik KPK memeriksa ponsel milik Steffy

Irwandi Yusuf Bantah Punya Hubungan Spesial dengan Model Steffy BuraseANTARA FOTO/Reno Esnir

Hal lainnya, penyidik juga minta agar ponsel milik Steffy dicek. Diduga hal itu dilakukan karena penyidik ingin memeriksa bukti komunikasi. Usai pemeriksaan, ponsel tersebut dikembalikan ke Steffy.

Ia pun tidak membantah ponselnya sempat dilihat oleh penyidik.

"Mereka yang tahu ya (apa saja yang diperiksa dari ponsel saya). Saya juga gak tahu," kata dia.

Saat diperiksa selama 12 jam, Steffy ditanyai sekitar 40-60 pertanyaan yang dituangkan dalam 12 halaman Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

3. Irwandi mengaku menjadi korban dalam kasus korupsi dana otonomi khusus Aceh

Irwandi Yusuf Bantah Punya Hubungan Spesial dengan Model Steffy BuraseANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

Sementara, Irwandi mengaku sudah menjadi korban dari kasus korupsi DOKA. Walaupun, ia disebut oleh lembaga anti rasuah sudah meminta uang senilai Rp 1,5 miliar kepada Bupati non aktif Bener Meriah, Ahmadi. Namun, yang baru terealisasi sekitar Rp 500 juta.

Ia membantah pernah meminta uang senilai Rp 1,5 miliar kepada Ahmadi. Menurutnya, ada orang lain yang justru bermain.

"Gak ada kaitannya dengan saya. Itu kembali ke peristiwa awal, ketika saya pertama kali ngomong ke pers. Saya sama sekali gak tahu, gak meminta, gak nyuruh dan gak menerima," ujar Irwandi kemarin malam.

Ia juga menyebut belum ditemukan bukti yang kuat kalau telah menerima uang suap. Irwandi malah menyebut nama orang lain yang membuatnya ditangkap oleh penyidik KPK.

"Ya, yang terlibat proyek itu kan Syaiful (Bahri dari unsur swasta) dan ajudan bupati," kata dia.

Kira-kira yang benar yang mana ya guys?

Baca juga: KPK Bekukan Rekening Tersangka Irwandi Yusuf

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You