Ditanya soal Lockdown, Airlangga Sebut Penguatan PPKM Mikro

PPKM mikro dinilai masih efektif

Jakarta, IDN Times - Pemerintah memutuskan untuk masih menggunakan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro dalam mengatasi pandemik COVID-19. Saat ditanya mengenai desakan karantina wilayah atau lockdown dari masyarakat, Menteri Koordinator Bidan Perekonomian, Airlangga Hartarto, hanya menyebut bahwa pemerintah tetap mengambil kebijakan PPKM mikro dan memperkuat implementasi di lapangan ke depannya.

“Yang kita lakukan adalah penguatan dari PPKM mikro yang mengatur berbagai kegiatan, di mana kegiatan itu dilakukan dalam zonasi yang sudah ditentukan,” kata Airlangga dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (21/2/2021).

Baca Juga: COVID-19 Menggila, Faisal Basri Sebut Airlangga Diam Membisu

1. Pemerintah menilai PPKM mikro masih efektif untuk atasi pandemik COVID-19 di RI

Ditanya soal Lockdown, Airlangga Sebut Penguatan PPKM MikroMenko Perekonomian Airlangga Hartarto (Website/ekon.go.id)

Menurut Airlangga, PPKM mikro ini masih dianggap efektif menurunkan kasus COVID-19 di Tanah Air.

“Berbasis kepada pengalaman yang sudah dilakukan, baik itu di Kudus maupun di Bangkalan, berbasis kepada kecamatan-kecamatan dan terbukti di Bangkalan, di Kudus, di Kepulauan Riau, maupun di Riau itu berhasil menurunkan tingkat aktif,” ujar Airlangga.

2. Jokowi ingin penanganan COVID-19 dilakukan dari hulu

Ditanya soal Lockdown, Airlangga Sebut Penguatan PPKM MikroPresiden Joko "Jokowi" Widodo (Dok. Biro Pers Sekretariat Negara)

Terkait lonjakan kasus yang terjadi di Indonesia, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan arahan dari Presiden Jokowi. Orang nomor satu di Indonesia itu memerintahkan agar penanganan COVID-19 dimulai dari sisi hulunya.

"Beliau memberikan arahan dua hal agar kita menangani di sisi hulunya dengan baik, sehingga mengurangi tekanan ke sisi hilirnya, di mana kita bisa menangani agar mencegah orang sehat ini tidak menjadi sakit. Bukan hanya menangani orang yang sudah sakit menjadi sembuh," ucap Budi.

Baca Juga: Mulai Diterapkan Besok, Ini Beda PPKM Mikro dengan PPKM Sebelumnya

3. Jokowi ingin implementasi lapangan untuk PPKM mikro diperkuat

Ditanya soal Lockdown, Airlangga Sebut Penguatan PPKM MikroIlustrasi PPKM mikro (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Selain itu, Jokowi juga minta agar implementasi PPKM mikro diperkuat. Ia juga ingin agar proses vaksinasi dipercepat, sehingga masyarakat yang terpapar virus corona semakin berkurang.

"Arahan beliau adalah kita harus memperkuat implementasi lapangan untuk program PPKM mikro, dan yang kedua kita harus mempercepat vaksinasi," tutur Budi.

Baca Juga: Teken Petisi, Ribuan Orang Minta Jokowi Segera Lockdown Atasi COVID-19

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya