Comscore Tracker

Kasus Kemah Muhammadiyah, Dahnil Anzar Diminta Tidak Bawa-bawa Jokowi

Raja Juli Antoni prihatin dengan kasus dugaan korupsi itu

Jakarta, IDN Times - Mantan Ketua Umum PP Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Raja Juli Antoni mengaku prihatin prihatin dengan dugaan korupsi kegiatan kemah dan apel Pemuda Islam Indonesia tahun 2017 yang menyeret nama Dahnil Anzar Simanjuntak. Dia berharap, Dahnil bisa bekerja sama dengan baik dengan penegak hukum untuk menuntaskan kasus tersebut. 

Dalam kasus ini, Dahnil yang juga Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah itu sudah dipanggil penyidik Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan.

Baca Juga: Ini Penjelasan Dahnil Anzar soal Kasus Dana Kemah dan Apel Pemuda

1. Juli minta masyarakat mengedepankan praduga tak bersalah

Kasus Kemah Muhammadiyah, Dahnil Anzar Diminta Tidak Bawa-bawa JokowiIDN Times/Margith Juita Damanik

Juli mengaku turut prihatin atas kasus yang menimpa Dahnil dan beberapa pengurus Pemuda Muhammadiyah itu. 

Juli juga mengajak masyarakat agar tidak menghakimi Dahnil sebelum ada hukum yang berkekuatan tetap atau inkracht. Ia pun menyarankan agar masyarakat tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah.

"Apalagi Dahnil selama ini aktif mejadi aktivis anti-korupsi. Mudah-mudahan Dahnil tidak tersandung kasus ini," ucap Juli dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/11).

2. Namun, Juli sebut pembelaan Dahnil tidak etis. Kenapa?

Kasus Kemah Muhammadiyah, Dahnil Anzar Diminta Tidak Bawa-bawa Jokowi(Koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar) ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Meski begitu, Juli tetap menyayangkan Dahnil karena dia nilai membela diri dengan cara yang tidak etis. Apalagi dengan membawa kasus lanjutan kriminalisasi kepada aktivis Islam oleh pemerintahan Presiden Joko"Jokowi" Widodo.

"Pertama, dia mem-framing kasus ini adalah lanjutan kriminalisasi kepada aktivis Islam oleh pemerintah. Dahnil menganggap kasusnya ini adalah konsekuensi dari sikap kritisnya selama ini kepada Presiden Jokowi," terang Juli.

3. Juli tepis tudingan Dahnil tentang Jokowi yang lakukan intervensi terhadap hukum

Kasus Kemah Muhammadiyah, Dahnil Anzar Diminta Tidak Bawa-bawa JokowiANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Juli menilai pembelaan Dahnil yang membawa-bawa pemerintahan Jokowi termasuk keji. Menurutnya, pemerintahan Jokowi tidak pernah mengintervensi kasus hukum apapun. 

Selama masa pemerintahan Jokowi, kata Juli, banyak juga tokoh yang diproses secara hukum, meskipun tokoh-tokoh tersebut adalah teman dekat dan bagian dari koalisi Pemerintahan Jokowi.

"Apalagi Pak Jokowi selama ini sangat dekat dengan Muhammadiyah. Jangan sampai framing jahat kriminalisasi ini justru mengganggu hubungan baik Muhammadiyah dan Pak Jokowi," ujar dia.

4. Juli harap Dahnil bisa jalani proses hukum dengan rasional

Kasus Kemah Muhammadiyah, Dahnil Anzar Diminta Tidak Bawa-bawa JokowiIDN Times/Irfan Fathurohman

Di sisi lain, Juli berharap Dahnil tetap tegar dan rasional dalam menjalankan proses hukum. Apabila Dahnil memang tidak bersalah, Juli sarankan agar Dahnil tidak khawatir.

"Hadapi kasus ini dengan kepala tegak. Proses hukum akan membuktikan bahwa ia tidak bersalah apabila ia memang bersih," ungkap dia.

Baca Juga: Kasus Kemah Pemuda yang Menyeret Dahnil, BPK: Tidak Ada dalam LPH

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya