Alasan Prabowo Tak Serang Balik Anies dan Ganjar di Debat Capres

Budiman Sudjatmiko sebut Prabowo tak mau jadi hakim moral

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN), Budiman Sudjatmiko mengungkapkan alasan Prabowo Subianto tak menyerang balik Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo dalam debat resmi pertama, Selasa (12/12/2023). Ternyata memang ada alasan khusus yang diusung Prabowo.

Dalam debat, calon presiden (capres) nomor urut dua itu  memang dicecar sejumlah pertanyaan dari Anies dan Ganjar yang sifatnya tendensius. Mulai dari singgungan orang dalam, hingga pelanggaran HAM.

Budiman menyebut, Prabowo tak membalas karena enggan menjadi hakim moral orang lain. Ketua Umum Partai Gerindra tersebut juga ingin debat capres ini menjadi forum untuk masyarakat memberikan penilaian.

"Beliau ingin rakyat Indonesia yang menyaksikan debat ini melihat kualitas masing-masing dari mereka. Beliau tidak ingin menjadi hakim moral, misal mas Ganjar ditanyakan soal e-KTP dan Wadas," ujar Budiman.

Budiman tak menampik tim TKN sempat menyarankan Prabowo untuk bermain lebih nakal saat jeda, namun usulan tersebut ditolak.

"Tadi kita kerubungin pak Prabowo, 'Pak ada serangan tadi gini, gimana kalau coba bapak nakal juga. Nakal dikit gitu ya'. Apa kata belau? 'Gak, saya gak mau, saya harus menghargai forum demokrasi politik ini'," ujar Budiman.

Prabowo memang tidak menyerang balik. Namun, emosi pria yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan itu sempat terpancing saat berdebat dengan Anies. Nadanya meninggi saat memberikan jawaban.

Baca Juga: Prabowo ke Anies: Kalau Rakyat Gak Mau, Jangan Pilih Prabowo-Gibran

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya