Rich Brian dan Carina Joe Disebut Ganjar, Siapa Itu?

Banyak diaspora yang sudah harumkan Indonesia

Jakarta, IDN Times - Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, menyebutkan sejumlah sosok diaspora yang sukses mengharumkan Indonesia di kancah internasional. Setidaknya, Ganjar melontarkan tiga nama saat Debat Capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Ada Rich Brian, yang disebut Ganjar, sukses dalam diplomasi kebudayaan bersama Nikki. Kemudian, ada pula Carina Joe, ilmuwan Indonesia yang muncul selama pandemik COVID-19.

"Kalau kita lihat Nikki, Rich Brian, Carina. Carina seorang intelektual yang hebat sekali, menemukan anti-virus AstraZeneca. Dia diaspora yang hebat, kita promosikan, viralkan," ujar Ganjar.

Carina merupakan ilmuwan asal Indonesia yang masuk tim kecil manufaktur Universitas Oxford dan berhasil menemukan formula untuk produksi massal vaksin AstraZeneca yang juga dipakai di Indonesia. Dengan prestasinya, Carina tak cuma menjadi orang Indonesia yang mendapat hak paten AstraZeneca, tapi juga meraih penghargaan Women Empowerment 2021 silam.

Sementara, Rich Brian yang bernama asli Brian Immanuel, sempat viral saat berduet dengan bbno$ lewat lagu berjudul Edamame. Lagu itu mendunia dan digunakan di berbagai platform, termasuk TikTok. Kemudian, Nikki dikenal dengan suara merdunya.

Ganjar ingin mendorong para duta besar, diplomat untuk menjadi tenaga pemasar dan fasilitator untuk mempromosikan berbagai hal dalam negeri agar dapat menghasilkan berbagai kerja sama.

"Ini untuk menarik potensi di luar negeri ke dalam negeri dengan berbagai kerjasama dan fasilitasi dari negara dan viralisme itu bagian dari kita bisa dorong dari Tanah Air," ucap Ganjar.

Baca Juga: Ganjar Ragukan Strategi Pertahanan dari Prabowo

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya