Comscore Tracker

Bela Palestina, KSPI Gelar Aksi Serempak di 24 Provinsi Indonesia

Ribuan buruh dikerahkan untuk bela Palestina

Jakarta, IDN Times - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan melakukan aksi solidaritas untuk Palestina hari ini, Selasa (18/5/2021) di Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta.

Tidak hanya di Jakarta, aksi bela Palestina ini juga dilakukan serempak oleh ribuan buruh di 24 provinsi Indonesia. Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan dalam aksi ini, buruh Indonesia mengutuk keras serangan rezim zionis Israel kepada rakyat Palestina yang menyebabkan jatuhnya banyak korban termasuk anak-anak, perempuan, dan orang tua.

"Kami meminta penjajahan dan pembataian yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina dihentikan," ujar Said berdasarkan keterangan resminya pada Selasa (18/5/2021).

Baca Juga: Profil Hamas, Militan Palestina Pemimpin Gaza yang Perangi Israel

1. Aksi serempak di 24 provinsi seluruh Indonesia

Bela Palestina, KSPI Gelar Aksi Serempak di 24 Provinsi IndonesiaAksi bela Palestina di depan Gedun Merdeka, Bandung. IDN Times/Debbie Sutrisno

Aksi bela Palestina hari ini tidak hanya akan digelar di Ibu Kota melainkan di 24 provinsi di Indonesia.

Adapun 24 provinsi yang terlibat, di antaranya Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Sumatra Utara, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Aceh, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Gorontalo dan lain sebagainya. 

2. Eksploitasi pekerja Palestina di dalam Israel menjadi akar permasalahan

Bela Palestina, KSPI Gelar Aksi Serempak di 24 Provinsi IndonesiaWarga menggunakan gerobak keledai untuk mengungsi dari konflik bersenjata Israel dan milisi Palestina di kawasan utara Jalur Gaza, Palestina, Jumat (14/5/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem/foc.)

Tertulis dalam keterangan KSPI, Konfederasi Serikat Buruh Internasional (ITUC) baru-baru ini mengeluarkan laporan terkait adanya skandal eksploitasi pekerja Palestina yang bekerja di dalam Israel dan di permukiman ilegal Israel di tanah Palestina. 

Menurut Sekretaris Jenderal ITUC Sharan Burrow, hal itu yang menjadi akar dari permasalahan Israel dengan Palestina.

“Pendudukan Israel yang terus berlanjut di Palestina dan permukiman ilegal adalah akar penyebab penderitaan para pekerja ini yang bergantung pada Israel untuk mata pencaharian mereka dan anggota rumah tangga yang bergantung pada mereka pada gilirannya," ujar Sharan sebagaimana dikutip KSPI. 

Baca Juga: Jadi Perhatian Dunia, Begini Awal Konflik Israel-Palestina

3. Aksi dilakukan mengikuti protokol kesehatan

Bela Palestina, KSPI Gelar Aksi Serempak di 24 Provinsi IndonesiaAksi bela Palestina di depan Gedun Merdeka, Bandung. IDN Times/Debbie Sutrisno

Mengingat bahwa Indonesia masih di tengah situasi COVID-19, Said mengatakan bahwa aksi buruh bela Palestina ini akan tetap mengikuti protokol kesehatan. 

“Aksi buruh akan dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan. Seperti melakukan rapid antigen, menjaga jarak, menggunakan masker, dan membawa hand sanitizer,” kata Said.

Baca Juga: Ribuan Buruh KSPI Siap Gelar Aksi Bela Palestina Hari Ini

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya