Dapat Ucapan Selamat dari Joe Biden, Ini Respons Prabowo

Joe Biden bahas kerja sama Indonesia dan AS

Jakarta, IDN Times - Presiden terpilih Prabowo Subianto yang telah resmi dinyatakan unggul dalam Pilpres 2024 menerima ucapan selamat via telepon dari Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Jumat (22/3/2024) malam.

Dalam percakapan yang berlangsung selama sekitar lima menit itu, Prabowo pun mengatakan bahwa sebuah kehormatan besar baginya dapat berbicara melalui sambungan telepon langsung dengan Biden.

“Bapak Presiden, sebuah kehormatan bisa berbicara dengan Anda,” kata Prabowo.

Baca Juga: Joe Biden Telepon Prabowo, Ucapkan Selamat Menang Pilpres

1. Biden sampaikan turut berbahagia atas kemenangan Prabowo

Dapat Ucapan Selamat dari Joe Biden, Ini Respons PrabowoPresiden Amerika Serikat Joe Biden (instagram.com/joebiden)

Biden menambah daftar panjang kepala negara yang sudah memberikan selamat kepada Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam Pilpres 2024. Biden mengungkapkan dirinya turut berbahagia melihat pencapaian Prabowo di pilpres 2024 dan memberikan ucapan selamat atas pencapaian itu.

“Pak presiden terpilih, saya ingin memanggil Anda Pak presiden terpilih,” kata Biden kepada Prabowo.

2. Biden bahas kerja sama Indonesia dengan AS di berbagai bidang

Dapat Ucapan Selamat dari Joe Biden, Ini Respons Prabowo

Biden juga menyatakan bahwa Indonesia dan AS dapat memperluas kerja sama dalam beberapa bidang seperti perdagangan, investasi, kesehatan, penghormatan terhadap hak asasi manusia, dan transisi energi bersih.

“Kami ingin menjadi mitra,” ujar Biden.

Menanggapi hal itu, Prabowo mengatakan dirinya akan berupaya meningkatkan persahabatan dan kerja sama antara Indonesia dan AS. Ia juga sempat mengungkapkan kekagumannya terhadap sosok Biden.

“Saya pengagum berat Anda, Pak. Saya sudah lama mengikuti sepak terjang Anda,” ujar Prabowo.

Biden pun menjawab bahwa Indonesia dan AS memiliki tanggung jawab bersama terutama di kawasan Pasifik sehingga ia ingin senantiasa bersahabat dengan Prabowo.

“Kita memiliki tanggung jawab bersama, khususnya di kawasan Pasifik. Jadi, saya sangat, sangat ingin dekat dengan Anda,” kata Biden. 

Baca Juga: Deretan Kepala Negara Ucapkan Selamat kepada Prabowo

3. KPU umumkan Prabowo-Gibran menang Pilpres 2024

Dapat Ucapan Selamat dari Joe Biden, Ini Respons PrabowoCalon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto (kedua kiri) bersiap meninggalkan kediamannya usai melakukan pertemuan dengan calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka di Jakarta, Jumat (23/2/2024). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan bahwa pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang dalam Pilpres 2024. Pengumuman itu disampaikan Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari setelah selesai menetapkan rekapitulasi tingkat nasional di 38 provinsi dan 128 titik pemungutan suara di luar negeri.

"Jumlah suara sah secara nasional sebanyak 164.227.475 suara," kata Hasyim dalam konferensi pers di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024).

Prabowo-Gibran berhasil mengungguli kandidat lainnya dengan meraih 96.214.691 suara. Paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di urutan kedua dengan 40.971.906 suara, sedangkan paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD hanya mampu mengoleksi 27.040.878 suara.

Dari total 38 provinsi, Prabowo-Gibran berhasil menang di 36 provinsi. Anies-Muhaimin unggul di dua provinsi. Sementara, Ganjar-Mahfud tak unggul di provinsi mana pun.

Adapun hasil Pilpres 2024 dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) KPU tentang Penetapan Hasil Pemilu pada Tingkat Nasional. SK tersebut ditandangani oleh ketujuh Komisioner KPU RI.

Nantinya, SK itu akan digunakan sebagai objek gugatan bagi para peserta pemilu yang mengajukan sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca Juga: Kanselir Jerman Selamati Prabowo Menang Pilpres

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya