Malam Minggu Ganjar Temui Emil Salim, Bahas Persiapan Materi Debat?

Ganjar ungkit masalah keberanian pemimpin ambil keputusan

Jakarta, IDN Times - Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, mengaku mendapat berbagai masukan usai berkunjung ke rumah Ekonom Senior, Emil Salim di Jalan Taman Patra XIV Nomor 10-11, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (27/1/2024) malam.

Saat ditanya apakah pertemuan itu turut membahas persiapan soal debat kelima, Ganjar mengatakan, saat ini masalah yang terjadi terkait keberanian pemimpin dalam mengambil keputusan. Dia pun mencontohkan masalah mengenai energi kotor.

"Gak, semuanya sebenarnya mengerti problem ini, tapi beliau sampaikan ketika semua orang sudah tahu problemnya, satu saja pertanyaannya. Kenapa tidak ada strong leader yang berani mengambil keputusan, karena itu tidak pernah populer, umpama kalau energi yang kotor kenapa tidak segera bertindak," kata Ganjar di lokasi.

Ganjar memastikan akan terus mengupayakan peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk menyiapkan Indonesia Emas 2045.

"Kalau kemudian segera transisi kenapa SDM kita tidak disiapkan dengan baik. Mestinya semua disiapkan agar bisa menjemput 2045, hampir semuanya sebenarnya tahu kok yang disampaikan," ucap dia.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu lantas menyampaikan pesan yang disampaikan Emil, yaitu pemimpin harus berani bertindak cepat. Kondisi darurat saat ini lantas diibaratkan seperti peristiwa kapal Titanic yang hendak menabrak es.

"Tapi beliau (Emil Salim) berkali-kali dengan tangannya mengepal gitu, 'cepet cepet harus ada yang berani' itu situasi emosional yang beliau harapkan betul bahwa eh ada kapal Titanic yang mau nabrak es kok kita masih nyanyi-nyanyi saja sih," tutur Ganjar.

"Jadi ini situasi yang beliau gambarkan dengan sangat gampang. Saya kira kita mampu mencerna artinya," imbuh dia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Temui Eks Menteri LHK Emil Salim, Ganjar: Seperti Kuliah Singkat

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya