Terungkap Angka NIK Janggal Diduga DPT Siluman, KPU: Sudah Diperbaiki

sejumlah angka NIK janggal ternyata juga terdaftar di DPT

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memastikan sudah memperbaiki sejumlah NIK janggal yang sempat diduga sebagai daftar pemilih tetap (DPT) siluman. Kasus tersebut banyak terjadi di DPT dengan TPS yang ada di salah satu Kutai Ketenagakerjaan, Kalimantan Timur.

"Yang memuat angka jamak atau kembar, semuanya langsung kami tindaklanjuti untuk cek ke Kutai Kertanegara di TPS itu dan ketika kita koordinasikan," kata Komisioner KPU RI, Betty Epsilon Idroos saat ditemui di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024).

"Saya langsung ngecek ke Kaltim apa yg terjadi, ternyata mereka menginput salah dan sudah diperbaiki," sambungnya.

Menurutnya, temuan masyarakat itu jadi pembelajaran bagi jajaran KPU di daerah. Selain itu, KPU juga sudah memperbaiki kasus NIK janggal serupa yang terjadi di luar negeri, salah satunya Frankfurt, Jerman.

"Jadi luar negeri itu nomer ynag harusnya ada nomor paspor yang menunjukkan identitas pemilih kita yang ada di sana dan atau nomor NIK ya. Kalau memang tidak ada nomer NIK warga negara kita, cukup diisi dengan nomor paspor saja," imbuh Betty.

Sebelumnya, publik dihebohkan dengan temuan diduga DPT siluman. Data DPT yang diduga siluman itu berasal dari NIK dengan kombinasi janggal.

Kejanggalan tersebut salah satunya dibahas oleh warganet di jejaring media sosial X (sebelumnya Twitter). Dalam cuitannya, dia mengaku mencoba memasukkan NIK dengan kombinasi angka 0 sebanyak 16 digit. Kombinasi angka pada NIK memang terdiri dari 16 digit.

Si pemilik akun mengaku mencoba memasukkan NIK janggal itu di situs resmi milik KPU https://cekdptonline.kpu.go.id/.

"Yang dapat undangan kebanyakan hantu, ini coba masukan angka 0 sebanyak jumlah angka dalam NIK (16 digit) dan hasilnya DPT hantu. Coba juga angka 2 sebanyak 16 digitt hasilnya DPT siapa? Dan masih banyak lagi NIK siluman lainnya," kata akun @satrialingkar dalam kicauannya dilihat IDN Times, Selasa (13/2/2024) malam.

Berdasarkan penelusuran IDN Times, sejumlah angka NIK janggal lainnya ternyata juga terdaftar di cek DPT online milik KPU.

Sebagai contoh, kombinasi angka 2 sebanyak 16 digit, hasilnya terdapat di DPT dengan nama Sintia Selvi S. Uniknya, nama itu juga tercatat sebagai pemilih di TPS 34 Loa Janan Ulu, Loa Janan, Kutai Kertanegara.

Ada pula lokasi alamat potensial TPS di Jalan Manunggal RT 10.

Hal yang sama juga terjadi pada kombinasi angka lainnya sebanyak 16 digit, misalnya NIK 3333333333333333, 8888888888888888, 0000000000000000, dan sejumlah angka lainnya.

Baca Juga: Hari Pencoblosan Masih Ditemukan Diduga NIK Janggal DPT Siluman

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya