Comscore Tracker

Bukan Soal Kekacauan, Ternyata Ini Makna "Anarki" Sebenarnya

Masih banyak yang salah mengerti makna anarki

Apa yang pertama kali terbersit di benak kita ketika mendengar kata ‘anarki’? Pasti kebanyakan dari kita akan membayangkan tentang orang-orang yang menggila, melakukan perusakan dan kekacauan. Bayangan itu membuat kita menjadi anti pada orang-orang anarki. Membuat kita pun enggan berdekatan dan hidup berdampingan dengan orang-orang anarki.

Tapi apa benar seperti itu?

Sebenarnya, bisa dikatakan bahwa doktrin terhadap kita selama ini tentang kata ‘anarki’ adalah salah. Sehingga akhirnya muncul juga pemahaman yang salah pada diri kita. Karena sebetulnya kata ‘anarki’ bukan ditujukan kepada orang-orang yang melakukan perusakan. Untuk hal itu justru disebut vandalisme. Dan antara anarki dengan vandalisme jelas berbeda.

Supaya kita tidak lagi salah paham dan bisa lebih memahami apa itu ‘anarki’, kamu bisa membaca beberapa penjelasan di bawah ini.

Pengertian Anarki.

Bukan Soal Kekacauan, Ternyata Ini Makna Anarki Sebenarnyawallpapersfan.com

Menurut Kamus Besar Baha Indonesia (KBBI), anarki memiliki 2 arti:

1.hal tidak adanya pemerintahan, Undang-undang, peraturan atau ketertiban; 2. Kekacauan (dalam suatu negara)

Lebih lanjut, anarki sebenarnya merupakan kata serapan dalam bahasa Inggris dari anarchy. Menukil dari Britannica.com, anarki berasal dari bahasa Yunani (anarchos) yang berarti ‘tanpa pemerintahan’. Sementara itu anarkis adalah sebutan bagi orang-orang yang menganut paham anarki.

Seno Gumira Ajidarma juga pernah menulis tentang anarki pada kolom Tempo.co dengan judul Dari Anarkisme ke Terorisme. Dalah kolom tersebut, Seno Gumira menulis pandangannya tentang gerakan teroris Islam State of Iraq & Suriah (ISIS) yang bukan bagian dari paham anarki.

“Teror membuat saya berpikir tentang anarki. Namun, apabila konsepnya diperiksa, anarkisme adalah gerakan politik yang menuntut penghapusan negara, menggantikan semua bentuk otoritas pemerintahan dengan persekutuan bebas, dan kerja sama kelompok maupun pribadi secara sukarela,” tulisnya.

Penggagas dan pengusung paham Anarki.

Bukan Soal Kekacauan, Ternyata Ini Makna Anarki Sebenarnyanullahategy.hu

Britannica.com menyebutkan bahwa orang pertama yang rela menyebut dirinya seorang anarkis adalah penulis politik Prancis dan pelopor sosialis Pierre-Joseph Proudhon. Dalam studinya yang kontroversial tentang basis ekonomi masyarakat, Qu'est-ce que la propriété? (1840), Proudhon berpendapat bahwa hukum masyarakat yang sebenarnya tidak ada kaitannya dengan otoritas melainkan berasal dari sifat masyarakat itu sendiri, dan dia meramalkan pembubaran wewenang dan kemunculan tatanan sosial secara alami:

Karena manusia mencari keadilan dalam kesetaraan, maka masyarakat mencari ketertiban dalam anarki. Anarki-tidak adanya kedaulatan-begitulah bentuk pemerintahan yang kita hadapi setiap hari.

Selain Proudhon, ada tiga tokoh anarki lagi yang pemikirannya menjadi dasar paham anarki. Mereka adalah Peter Kropotkin. Kropotkin berpendapat bahwa anarkisme adalah sebuah sistem sosialis tanpa pemerintahan. Ia dimulai di antara manusia dan akan mempertahankan vitalitas dan kreativitasnya selama merupakan pergerakan dari manusia.

Sementara itu, Ericco Malatesta yang juga tokoh anarki mengatakan bahwa penghapusan eksploitasi dan penindasan manusia hanya bisa dilakukan lewat penghapusan dari kapitalisme yang rakus dan pemerintahan yang menindas. Tokoh anarki lain, Mikhail Bakunin mengemukakan bahwa kebebasan tanpa sosialisme adalah ketidakadilan, dan sosialisme tanpa kebebasan adalah perbudakan dan kebrutalan.

Anarkisme tak ingin adanya Hierarki.

Bukan Soal Kekacauan, Ternyata Ini Makna Anarki Sebenarnyaashbournecollege.co.uk

Bagi mereka yang menganut paham anarkisme, mereka tak menginginkan adanya strata sosial dan hierarki. Bagi mereka seluruh manusia sama kedudukannya. Dan pemerintah adalah bentuk hierarki karena adanya kedudukan, undang-undang buatan manusia, dan hukum. Sementara itu, mereka justru enggan adanya hukum, tidak ada konstitusi dan tidak ada pemerintahan.

Masyarakat Anarki bisa hidup rukun.

Bukan Soal Kekacauan, Ternyata Ini Makna Anarki Sebenarnyalinikini.id

Setelah tahu bahwa anarkisme adalah paham yang tidak menginginkan adanya pemerintahaan dalam sebuah negara, pasti tak sedikit dari pembaca yang beranggapan bahwa kehidupan orang-orang itu akan kacau. Tapi kenyataannya justru tidak seperti itu.

Masyarakat Eskimo adalah salah satu contoh penganut paham anarki yang dapat hidup damai selama berpuluh-puluh tahun. Bahkan, sejatinya masyarakat pedalaman yang terisolir dari peradaban, mereka pun banyak yang menganut paham anarki dalam berkehidupan kelompoknya.

Rahardian Shandy Photo Verified Writer Rahardian Shandy

Rutin menulis sejak 2011. Beberapa cerpennya telah dibukukan dan dimuat di media online. Ia juga sudah menulis 4 buah buku non-fiksi bertema bisnis. Sementara buku fiksi pertamanya terbit pada 2016 lalu berjudul Mariana (Indie Book Corner).

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya