Iran Keluarkan Ancaman, Ini Serangan Balik dari Trump

Trump mengirimkan cuitan dengan caps lock...

Tehran, IDN Times - Presiden Iran, Hassan Rouhani, mengingatkan Donald Trump bahwa "perang terhadap Iran adalah ibu segala perang". Trump pun membalas gertakan tersebut dengan mengancam balik Iran melalui sebuah cuitan yang ditulis dengan huruf kapital.

1. Rouhani mengatakan Amerika Serikat sebaiknya jangan "bermain dengan ekor singa"

Iran Keluarkan Ancaman, Ini Serangan Balik dari TrumpANTARA FOTO/REUTERS/Denis Bailbouse

Seperti dilaporkan kantor berita milik pemerintah, IRNA, Rouhani mengeluarkan pernyataan tersebut di hadapan sejumlah diplomat Iran. Ia berbicara dalam konteks tekanan yang dihadapi Iran terkait sanksi yang diberlakukan oleh Amerika Serikat menyusul ambiguitas status kesepakatan nuklir antara Iran dan beberapa negara Barat.

"Tuan Trump, jangan bermain dengan ekor singa, ini hanya akan mendatangkan penyesalan. Amerika sebaiknya tahu bahwa perdamaian dengan Iran adalah ibu segala perdamaian, dan perang terhadap Iran merupakan ibu segala perang," ucapnya.

Baca juga:

2. Rouhani mengklaim Iran adalah kekuatan regional yang tak bisa diremehkan

Iran Keluarkan Ancaman, Ini Serangan Balik dari TrumpANTARA FOTO/President.ir/Handout via REUTERS

Trump memutuskan untuk meninggalkan kesepakatan nuklir dengan Iran yang ditandatangani Barack Obama pada 2015 lalu. Berdasarkan laporan Reuters, pejabat yang familiar dengan persoalan ini mengatakan Trump tengah gencar melakukan kampanye untuk menekan Iran agar segera mengakhiri program nuklir itu.

Pemerintah di Washington DC, kata sumber tersebut, mencoba memotret petinggi-petinggi Iran sebagai para pemimpin yang negatif dan tak jarang dilebih-lebihkan. Bahkan, Trump sempat berkata Amerika Serikat siap menghentikan ekspor minyak Iran.

Rouhani pun mengklaim pihaknya tak bisa diremehkan sebab Iran adalah negara berpengaruh di Timur Tengah. "Siapapun yang mengerti masalah politik tak berkata 'kami akan menghentikan ekspor minyak Iran'...kami adalah penjamin keamanan jalur air di kawasan sepanjang sejarah," ucapnya, seperti dilansir oleh kantor berita ISNA.

3. Trump mengirimkan serangan balik lewat Twitter

Iran Keluarkan Ancaman, Ini Serangan Balik dari Trumptwitter.com/realDonaldTrump

Tak lama setelah peringatan Rouhani muncul di berbagai media, Trump mengirimkan cuitan sebagai serangan balik. Bahkan, cuitan itu ditulis dengan menggunakan huruf kapital. Ia mengingatkan Rouhani agar "waspada" dalam bersikap terhadap Amerika Serikat.

"Kepada Presiden Iran Rouhani: JANGAN PERNAH MENGANCAM AMERIKA SERIKAT LAGI ATAU KAMU AKAN MENDERITA KONSEKUENSI-KONSEKUENSI YANG PERNAH DIALAMI OLEH BEBERAPA SEPANJANG SEJARAH. KAMI BUKAN LAGI SEBUAH NEGARA YANG MENERIMA KATA-KATA GILA TENTANG KEKERASAN DAN KEMATIAN. WASPADALAH!"

Belum ada tanggapan lagi dari pemerintah Iran.

Baca juga: FBI Kantongi Rekaman Trump Soal Bayaran Eks Model Playboy

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya