Dosen UII yang Hilang di Turki Ditemukan di AS, Kemlu: Kondisinya Aman

Penanganan hilangnya Dosen UII ini pun telah selesai

Jakarta, IDN Times - Pencarian Ahmad Munasif Rafie Pratama, dosen Universitas Islam Indonesia (UII) yang hilang di Turki mulai menemukan titik terang.

Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu RI) dan KJRI New York mengaku sudah menjalin komunikasi langsung dengan Ahmad.

“Konsul Jenderal RI di New York juga telah bertemu langsung dengan yang bersangkutan. Saat ini, beliau berada di AS dan alhamdulillah dalam keadaan aman,” kata Direktur Perlindungan WNI Kemlu RI, Judha Nugraha, dalam keterangannya, Jumat (24/2/2023).

Baca Juga: Dosen UII Hilang Lulusan Amerika, Masih Punya Visa Negara Paman Sam 

1. Ahmad disebut telah menghubungi keluarganya

Dosen UII yang Hilang di Turki Ditemukan di AS, Kemlu: Kondisinya AmanDirektur Perlindungan WNI Kemenlu Judha Nugraha (Dokumentasi Kemenlu)

Judha menjelaskan, Ahmad diketahui telah berkomunikasi dengan pihak keluarga di Indonesia dan pihak UII guna menjelaskan kondisinya.

“Dengan telah ditemukannya Ahmad dalam keadaan selamat dan aman serta sudah adanya komunikasi antara Ahmad dan keluarganya serta UII, maka penanganan hilangnya Ahmad dinyatakan telah selesai,” tegas Judha.

Baca Juga: Polri Koordinasi dengan Atase Polisi Cari Dosen UII yang Hilang

2. Perlunya ruang privasi bagi Ahmad dan keluarga

Dosen UII yang Hilang di Turki Ditemukan di AS, Kemlu: Kondisinya AmanDirektur Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kementerian Luar Negeri Indonesia, Judha Nugraha (Dok. IDN Times/Istimewa)

Judha menegaskan, Ahmad dan keluarganya meminta adanya ruang privasi serta meminta agar berbagai macam spekulasi terkait sempat hilangnya Ahmad dapat dihentikan.

“Kemlu RI dan KJRI New York akan terus memantau kondisi Ahmad dan memberikan pelayanan serta perlindungan sebagaimana diperlukan,” ucap Judha.

Baca Juga: Polri Menduga Dosen UII Munasir Rafie Sengaja Menghilangkan Diri

3. Kronologi hilangnya Ahmad di Istanbul

Dosen UII yang Hilang di Turki Ditemukan di AS, Kemlu: Kondisinya AmanIstanbul International Airport (instagram.com/zaya_bodiat)

Ahmad merupakan dosen UII yang mengikuti aktivitas kunjungan ke Oslo, Norwegia. Ia dilaporkan hilang di Istanbul, Turki dalam perjalanan pulang ke Indonesia. Rombongan UII ini terakhir kali bertemu dengan Ahmad pada 11 Februari 2023 di Oslo. Ahmad memang mengambil rute perjalanan berbeda untuk pulang ke Indonesia.

Ahmad mengirimkan pesan terakhir kepada istrinya pada 12 Februari 2023 siang hari, beberapa saat sebelum menaiki pesawat ke Istanbul yang berbunyi, ‘menunggu boarding’. Sejak saat itu, Ahmad tidak pernah mengirimkan pesan lagi. Beragam upaya mengontak melalui beragam kanal daring, termasuk e-mail, diupayakan, namun tak ada yang direspons oleh Ahmad.

Menurut informasi lisan yang diberikan Ahmad dan dikuatkan dengan pesan WhatsApp kepada sang Istri, Ahmad seharusnya mendarat di Jakarta pada 16 Februari 2023 jam 18.00.

Adik Ahmad menunggu di pintu kedatangan dan tidak mendapati yang bersangkutan. Setelah melakukan konfirmasi ke Angkasa Pura, nama Ahmad tidak ada dalam manifes penerbangan tersebut.

Dilaporkan, Ahmad melakukan perjalanan ke Riyadh, Arab Saudi karena sebagian tiket dibayar oleh panitia konferensi di Arab Saudi yang mengharuskan rute tersebut. Sebelum ke Oslo, Ahmad memberikan pidato kunci pada konferensi internasional yang digelar di Jeddah. 

UII juga telah menghubungi Turkish Airlines di Oslo untuk memastikan bahwa Ahmad telah naik pesawat. Keluarga Ahmad sudah melaporkan ke kepolisian secara resmi.

Namun, karena ketiadaan nomor referensi pemesanan tiket, pelacakan tidak mudah dilakukan. Pelacakan juga dilakukan dengan memindai aktivitas daring. Terdapat jejak aktivitas daring di Turki pada 13 Februari 2023 sekitar pukul 03.00 dan 08.00. Setelah itu, tidak ada jejak daring yang dapat dilacak hingga muncul kabar bahwa Ahmad berada di Boston, AS.

Baca Juga: Polri: Dosen UII yang Hilang Rencanakan ke Boston AS Sejak di Jakarta

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya