Anies Tidak Khawatir Khofifah Resmi Dukung Prabowo-Gibran

Klaim suara Jatim bulat untuk Anies-Muhaimin

Samarinda, IDN Times - Capres nomor urut satu Anies Baswedan mengaku tidak khawatir dengan dukungan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terhadap pasangan capres nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

Anies mengaku tidak khawatir kehilangan suara Anies-Muhaimin di Jawa Timur pada Pilpres 2024. Sebab, ia optimistis telah mengunci suara di daerah tersebut.

“Kalau di Jatim kami makin optimis insyaallah dukungannya makin luas untuk perubahan. Karena yang diharapkan oleh masyarakat Jatim, apalagi adalah keinginan perubahan,” kata Anies di Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (10/1/2024).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, yang terpenting untuk menggaet suara rakyat Jawa Timur adalah gagasan, bukan sosok pendukunya. Meskipun basis suara Khofifah cukup mendominasi di wilayah tersebut.

“Bukan sekadar orangnya, tapi tentang apa yang akan dilakukan lima tahun ke depan,” kata Anies.

Baca Juga: Jadi Jurkam Nasional Prabowo-Gibran, Khofifah Bakal Cuti

1. Khofifah resmi dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Anies Tidak Khawatir Khofifah Resmi Dukung Prabowo-GibranGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat pimpin rakor. (Dok. Pemprov Jatim)..

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyatakan dukungannya kepada Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024. Tidak hanya itu, Khofifah juga siap bergabung dalam bagian Tim Kampanye Nasional (TKN) untuk memenangkan Prabowo-Gibran.

Khofifah telah mempersilakan TKN Prabowo-Gibran untuk mengajukan revisi kepengurusan tim kampanye, yang sebelumnya telah dimasukkan ke KPU RI.

"Saya bilang, silakan saya dimasukkan dalam tim (TKN). Silakan disampaikan revisi ke KPU pusat," ujar Khofifah.

2. Khofifah siap menjadi juru kampanye Prabowo-Gibran

Anies Tidak Khawatir Khofifah Resmi Dukung Prabowo-GibranKhofifah saat mendapatkan rekomendasi maju di Pilgub 2024, Sabtu (23/12/2023). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Tidak hanya itu, Khofifah juga bersedia masuk tim sukses Prabowo-Gibran. Dia memang telah berniat bergabung denga pasangan Prabowo-Gibran, setelah menunaikan ibadah umrah.

"Sesuai janji saya, saya siap masuk TKN usai umrah. Silakan saya dimasukkan sebagai jurkamnas,” kata dia.

Mantan Menteri Sosial itu mengaku telah mendapatkan informasi dari TKN bahwa jajaran daftar tim sukses Prabowo-Gibran yang ada di KPU akan direvisi.

"Mas Nusron akan menyampaikan ke KPU pusat dan mungkin besok baru diumumkan TKN. Saya siap jadi Jurkamnas, saya siap masuk TKN apa yang menjadi regulasi akan kita turuti. Kalau Pak Wagub kan cuti (saat kampanye) maka saya akan mengikuti sesuai SOP yang ada,” kata dia.

Baca Juga: Khofifah Gabung TKN, Cak Imin: Sudah Tahu Lama

3. TKN sebut Khofifah punya jaringan luas di Jatim

Anies Tidak Khawatir Khofifah Resmi Dukung Prabowo-GibranPartai Demokrat resmi usung pasangan Khofifah-Emil pada Pilgub Jawa Timur 2024.

Sementara itu, Ketua TKN Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani, mengaku bersyukur pihaknya menerima dukungan dari Khofifah pada pilpres 2024. Dia mengatakan, Khofifah akan menduduki jabatan Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran. 

"Tadi baru saya bikin SK-nya karena beliau sudah bersedia untuk menjadi Dewan Pengarah di TKN sekaligus juru kampanye nasional TKN. Beliau sudah menyampaikan akan mengambil cuti di dalam beberapa kegiatannya dan beliau akan berkampanye bersama-sama kami," kata dia.

Rosan menambahkan, merapatnya Khofifah ke TKN Prabowo-Gibran menambah semangat dalam mendukung Prabowo dan Gibran dalam Pemilu 2024 pada 14 Februari nanti.

"Ini menambah semangat kami karena kita ketahui Bu Khofifah selain sebagai Gubernur Jawa Timur, tapi juga memiliki basis massa sangat luas dan tentunya kita akan bergerak bersama-sama," kata dia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/yuo7XrXc124

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya