Arti Bahasa Isyarat Anies Saat Memulai Debat Capres Terakhir

Masalah ketimpangan di Indonesia masih jadi sorotan Anies

Jakarta, IDN Times - Juru bicara Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Iwan Tarigan mengungkapkan makna bahasa isyarat yang disampaikan capres nomor urut satu, Anies Baswedan saat membuka pemaparan visi misi pada debat terakhir.

Iwan menjelaskan, arti bahasa isyarat yang ingin disampaikan Anies pada debat kali ini adalah waktunya perubahan bagi Indonesia.

"Artinya waktunya perubahan!" ujarnya kepada jurnalis saat dihubungi, Minggu (4/2/2024).

Iwan mengatakan, selama ini Anies banyak menerima titipan dari para kelompok disabilitas untuk memperjuangkan hak-hak mereka yang belum terpenuhi.

"Titipan dari kawan kawan disabilitas untuk pak Anies menyapa mereka," ujarnya.

Sebelumnya, Anies Baswedan membuka pemaparan visi misi pada debat terakhir Pilpres 2024 dengan bahasa isyarat. Ia terlihat menggerakkan jari telunjuk tangan kanannya dan menyentuh jam yang terpasang di tangan kirinya.

Kemudian, Anies memperlihatkan gestur seperti memutar menggunakan jari telunjuk dan jari tengahnya. Setelah itu, ia langsung memulai pemaparan visi misinya.

Anies langsung menyoroti mengenai masalah ketimpangan yang selama ini masih terjadi di Indonesia. Misalnya, ia mencontohkan, salah satu ketimpangan yang terjadi adalah kondisi Jakarta dan luar Jakarta, termasuk Jawa dan luar Jawa.

"Persoalan terbesar bangsa ini adalah ketimpangan. Ketidaksetaraan, ketidakadilan," ujarnya.

Baca Juga: Prabowo Janji Merekrut Kaum Disabilitas di Pemerintahan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya