Cak Imin: Tak Ada Keseriusan Pemerintah Lakukan Reforestasi

Reforestasi untuk mengatasi sengkarut deforestasi

Jakarta, IDN Times - Cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyoroti masalah deforestasi atau penggundulan hutan yang terjadi di Indonesia.

Menurut dia, yang menjadi alat ukur untuk mengatasi sengkarut deforestasi yang terjadi adalah bagaimana prestasi yang dilakukan pemerintah untuk melakukan penghijauan kembali (reforestasi) terhadap kawasan yang sudah gundul.

Sayangnya, Cak Imin menilai bahwa tidak ada keseriusan yang dilakukan oleh pemerintah untuk melakukan upaya-upaya penghijauan kembali.

"Yang patut untuk bisa menjadi alat ukur adalah bahwa dari seluruh rencana mengurangi deforestasi itu adalah berapa prestasi untuk melakukan penghijauan atau reforestasi sampai hari ini saya setuju dengan Pak Mahfud tidak ada keseriusan dan kesungguhan untuk itu," kata Cak Imin, Minggu (21/1/2024).

Ketua Umum PKB itu kemudian mengkritik upaya pemerintah untuk menyediakan pangan nasional. Dalam program ini, pemerintah tidak melibatkan petani, tapi malah melakukan penggundulan hutan untuk mengejar proyek ambisius yang ujung-ujungnya gagal.

Menurutnya, kegagalan untuk menyediakan pangan nasional itu tidak lain karena pemerintah tidak melibatkan petani secara langsung, tapi justru melakukan pengerusakan keanekaragaman hayati.

"Ini soal keberpihakan kepada pembangunan yang berbasis keberlanjutan di mana kita tidak akan main-main dengan soal ini ini nasib soal generasi prinsipnya satu keadilan dan keadilan ekologi," kata dia.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Cak Imin Cecar Gibran soal Bioregional Supaya Keadilan Sosial Terwujud

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya