Respons Anies usai Surya Paloh Diajak Prabowo Gabung Kabinet 

Anies tanggapi santai pertemuan Surya Paloh dan Prabowo

Jakarta, IDN Times - Capres nomor urut 1, Anies Baswedan menanggapi santai tentang pertemuan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Capres Terpilih Prabowo Subianto di NasDem Tower pada Jumat (22/3/2024) siang. 

Pertemuan Surya Paloh dan Prabowo Subianto itu menurut Anies bukan sesuatu hal yang luar biasa. Ia bahkan menyambut baik Prabowo mau sowan markas NasDem. 

"saya rasa itu sesuatu yang baik ketika ada tokoh seperti Pak Prabowo mau berkunjung lalu partai NasDem sebagai tuan rumah menerima dan menyambut, ya sesuatu yang baik, sesuatu yang tidak ada yang luar biasa," kata Anies saat ditemui di NasDem Tower, Jakarta Pusat. 

1. Respons Anies soal Surya Paloh diajak Prabowo gabung kabinet

Respons Anies usai Surya Paloh Diajak Prabowo Gabung Kabinet Capres nomor urut satu Anies Baswedan menanggapi ajakan Prabowo ke Surya Paloh untuk bergabung kabinet. (IDN Times/Amir Faisol)

Anies mengatakan proses pembentukan kabinet masih panjang karena saat ini pihaknya juga masih berkonsentrasi dengan proses gugatan pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK). Pernyataan itu disampaikan Anies ihwal ajakan Prabowo terhadap Surya Paloh untuk bergabung ke kabinetnya nanti.

Anies mengatakan semuanya masih bersifat spekulatif sebelum presiden terpilih dilantik secara resmi pada Oktober 2024 nanti. Jadi pembicaraan kabinet untuk pemerintahan baru itu masih sangat panjang.

"Jadi apapun yang dikatakan hari ini semuanya sifatnya spekulatif karena siapapun yang nanti terpilih akan dilantik, baru dilantik tanggal 20 Oktober dan baru bentuk kabinet sesudah dilantik," ucapnya.

2. Soal tawaran menteri begini respons Anies

Respons Anies usai Surya Paloh Diajak Prabowo Gabung Kabinet Capres nomor urut satu, Anie Baswedan menegaskan tak menerima tawaran untuk gabung koalisi besar. (IDN Times/Amir Faisol)

Saat ditanyakan terkait tawaran menterk, Eks Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan masih menunggu proses sengketa pemilu di MK. Baru setelah itu, kata dia dirinya akan memutuskan langkah politik usai pemilu 2024.

"Kita tunggu MK baru dari situ kita bicara tentang langkah-langkah ke depan," ujarnya.

"Saya mau tanya, pembentukan kabinet kapan? Masih lama, titip itu disimpan buat doorstop bulan-bulan berikutnya," kata dia.

Anies sebelumnya juga mengaku belum menerima tawaran apapun dari Prabowo Subianto untuk bergabung ke dalam kabinet pemerintahannya.

"Memang ada tawaran? Memang ada tawaran?” ujarnya.

3. Prabowo ajak Surya Paloh gabung koalisi

Respons Anies usai Surya Paloh Diajak Prabowo Gabung Kabinet Prabowo Subianto bersama Ketum NasDem Surya Paloh pada Jumat (22/3/2024). (IDN Times/Amir Faisol)

Diketahui, Capres Terpilih Prabowo Subianto mengajak Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh untuk bergabung ke dalam pemerintahan. Tawaran itu disampaikan Prabowo saat bertemu dengan Surya Paloh di NasDem Tower.

Prabowo ingin persahabatan dengan NasDem terus terjalin, setelah pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Ketua Umum Partai Gerindra itu menginginkan supaya ke depan bisa saling bersatu untuk membangun bangsa Indonesia.

Ke depan, ia mau Gerindra dan NasDem bisa menatap jauh dengan penuh optimisme untuk melanjutkan pembangunan Indonesia.

"Saya selalu menawarkan, saya selalu mengajak," ujar Prabowo.

"Sesudah persaingan dan sesudah pertandingan kita bersatu untuk membangun bangsa ini. Ini yang ingin saya garis bawahi," imbuhnya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya