Surya Paloh Bersua Jokowi, NasDem: Kami Terbuka Bicara Sama Siapa Saja

Surya Paloh diundang makan malam oleh Jokowi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memanggil Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh untuk menghadap ke istana pada Minggu, 18 Januari 2024 sore. Pertemuan itu berlangsung selama satu jam secara tertutup. 

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan, pada kesempatan itu, Surya Paloh juga menghadiri undangan jamuan makan malam di Istana Kepresidenan. Keduanya juga banyak membahas mengenai isu kebangsaan dan situasi dinamika politik terkini yang terjadi di Indonesia. 

Pertemuan itu, menurut Willy, merupakan hal yang biasa. Dia menyebut jika Surya Paloh juga selalu terbuka untuk membangun komunikasi dengan siapa saja. 

"Pak Surya seorang yang terbuka yang terbuka berkomunikasi dengan siapa saja, bicara banyak hal tentang kebangsaan, situasi dinamika Indonesia terjadi sekarang," kata Willy kepada jurnalis, dikutip Senin (19/2/2024).

1. NasDem sebut pertemuan Jokowi dan Surya Paloh jadi modal sosial untuk bangsa ini

Surya Paloh Bersua Jokowi, NasDem: Kami Terbuka Bicara Sama Siapa SajaPresiden Jokowi menyerahkan bantuan beras ke warga Kabupaten Bekasi, pada Jumat (16/2/2024) (dok. Sekretariat Presiden)

Willy belum menerima informasi lebih dalam terkait isu yang dibahas oleh Jokowi dan Surah Paloh selain dinamika politik terkini. 

Namun, dia mengatakan setidak-tidaknya pertemuan tersebut menjadi jembatan modal sosial dan modal politik bagi bangsa ini setelah selesai melaksanakan pemilu 2024.

Pada Pemilu 2024, Jokowi dan Surya Paloh sempat bersebrangan. Surya Paloh mendukung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Sementara Presiden Jokowi disinyalir mendukung Prabowo-Gibran.

"Bangsa ini dengan semua kepentingan dengan semua perbedaan apa yang menjadi modal untuk kemudian bisa ketemu satu dan lainnya adalah dialog dan komunikasi, itu yang harus kita pegang, satu dan lainnya," katanya.

Baca Juga: Jokowi soal Pertemuan dengan Surya Paloh: Saya Jadi Penjembatan

2. Surya Paloh temui Jokowi saat Timnas AMIN bicara mengenai kecurangan Pemilu 2024

Surya Paloh Bersua Jokowi, NasDem: Kami Terbuka Bicara Sama Siapa SajaKetua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyampaikan orasi politiknya dihadapan simpatisan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dalam kampanye akbar di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Sabtu (10/2/2024). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Pertemuan antara Surya Paloh dengan Presiden Jokowi berlangsung saat Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) tengah menyelidiki dugaan kecurangan pada Pemilu 2024.

Willy menyampaikan, pertemuan kedua tokoh itu memiliki satu spirit yang sama yaitu terkait politik kenegaraan dan kebangsaan. 

"Jadi prosesnya tentu bagaimana dalam spirit tetap politik kenegaraan, politik kebangsaan situasi-situasi yang lebih ya semua mungkin dibahas," kata dia.

"Secara detail mungkin nanti kita tunggu lah Bagaimana Pak Surya dan menyampaikan itu ya, ini masih clue-clue saja yang disampaikan pak Surya," lanjut dia.

3. PKB sebut pertemuan Surya Paloh dan Jokowi tanpa ada koordinasi di kubu AMIN

Surya Paloh Bersua Jokowi, NasDem: Kami Terbuka Bicara Sama Siapa SajaDirektur Pemilihan Legislatif DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal. (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara itu, Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Samsuridjal menyampaikan, belum ada koordinasi yang disampaikan pihak NasDem terkait pertemuan Surya Paloh dan Jokowi di Istana Kepresidenan.

"Kita nggak paham, obrolan apa yang mereka lakukan. Pembicaraan empat mata, pembicaraan enam mata," kata dia.

Kendati demikian, PKB tidak mau berkomentar lebih jauh terkait pertemuan tersebut. Cucun mengatakan saat ini partainya masih fokus untuk memantau penghitungan suara PKB di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kalau PKB sampai sekarang kita masih mengumpulkan hasil pemilu ini sampai tuntas. Sampai pengumuman KPU dan bukti di kita sampai 100 persen," ucapnya. 

Baca Juga: Jokowi Akui Bahas Politik saat Bertemu Surya Paloh di Istana

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya