Comscore Tracker

Kecewa PPKM, Harga Kopi di Warung Ini Naik Bagi ASN, TNI, dan Polisi

Secangkir kopi dibanderol Rp30 ribu

Kediri, IDN Times - Seorang pemilik warung kopi di Kabupaten Kediri, menaikkan harga hingga 6 kali lipat bagi pelanggan yang bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan polisi. Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk kekecewaan terhadap Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), yang berimbas ke usaha warung kopi miliknya. Selama pandemik COVID-19 berlangsung, kondisi ekonomi para ASN, TNI dan polisi dinilai tidak terdampak sehingga pemilik warung memutuskan untuk menaikkan harga kopi bagi mereka.

1. Setelah harga naik, pelanggan ASN, TNI dan polisi tidak datang

Kecewa PPKM, Harga Kopi di Warung Ini Naik Bagi ASN, TNI, dan PolisiBaner pengumuman harga kopi naik hingga lima kali lipat. IDN Times/ istimewa

Aksi ini dilakukan oleh Firman Teguh, pemilik Kedai Anyar Coffe yang terletak di Jl Bengawan Solo, Dusun Ngeblek, Desa Pelem, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Sejak tanggal 5 Juli lalu, Firman sudah memberlakukan harga khusus bagi pelanggannya yang berasal dari ASN, TNI dan polisi.

Selama ini, warung kopi miliknya menjadi salah satu jujukan para ASN, TNI dan polisi untuk beristirahat. "Sebelum harga dinaikkan, banyak mereka yang ngopi di tempat saya. Tapi setelah tahu harga naik, hanya tinggal sedikit saja yang masih menjadi pelanggan," ujarnya, Sabtu (24/7/2021).

2. Harga minuman kopi naik 6 kali lipat

Kecewa PPKM, Harga Kopi di Warung Ini Naik Bagi ASN, TNI, dan PolisiBaner pengumuman harga kopi naik hingga lima kali lipat. IDN Times/ istimewa

Firman mengaku menaikkan harga segelas kopi hingga 6 kali lipat. Jika biasanya harganya Rp5 ribu, kini bagi ASN, TNI dan polisi yang ngopi harganya naik menjadi Rp 30 ribu per gelas. Bagi yang ingin menambah gula, mereka juga harus membayar Rp5 ribu lagi.

Selain itu, untuk minuman lain seperti teh, secang harganya naik sebesar 5 persen."Tapi ini hanya untuk ASN, TNI dan polisi saja, bagi masyarakat biasa harganya tetap tidak naik," imbuhnya.

Baca Juga: Kejar Target Vaksinasi, Pemkot Kediri Libatkan Mahasiswa Kesehatan

3. Bentuk kritik atas pemberlakuan PPKM

Kecewa PPKM, Harga Kopi di Warung Ini Naik Bagi ASN, TNI, dan PolisiBaner pengumuman harga kopi naik hingga lima kali lipat. IDN Times/ istimewa

Menaikkan harga kopi ini merupakan bentuk kritik terkait peraturan PPKM. Kondisi perekonomian warga biasa dengan ASN, TNI dan polisi dinilai cukup timpang. Meskipun ada kebijakan makanan dibungkus atau take away, menurutnya itu bukan solusi terbaik bagi pedagang kopi sepertinya.

"Lain lagi kalau dagangan saya dibeli setiap hari oleh aparat setempat untuk diberikan kepada warga isolasi mandiri di wilayah Pare, mungkin itu bisa memberdayakan kami," pungkasnya.

Baca Juga: Polisi Selidiki Video Tawuran Pengunjung Kafe di Kediri 

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya