Sabhara Bakal Bantu Pengamanan Penetapan Pemilu dan Mudik Lebaran 

Sabhara bantu pengamanan

Depok, IDN Times - Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri akan menurunkan Korps Sabhara untuk membantu pengamanan Pemilu 2024 dan operasi ketupat arus mudik.

Kabaharkam Polri, Komjen Pol Mohammad Fadil Imran, mengatakan, pada 20 Maret 2024, pihaknya akan membantu Polda Metro Jaya untuk pengamanan penetapan hasil rapat pleno KPU Pemilu 2024 dan Operasi Mantap Brata 2023-2024.

"Satgas preventif yang merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata 2023-2024 akan memberikan pengamanan dan sudah mempersiapkan rencana pengamanan," ujar Fadil saat ditemui IDN Times usai peringatan HUT Korps Sabhara, Cimanggis, Depok, Kamis (14/3/2024).

Baca Juga: Operasi Keselamatan Jaya, Ratusan Kendaraan Kena Tilang ETLE di Depok

1. Sabhara akan membantu penguatan pengamanan operasi ketupat

Sabhara Bakal Bantu Pengamanan Penetapan Pemilu dan Mudik Lebaran Kabaharkam Polri, Komjen Mohammad Fadil Imran saat meninjau ruang bedah rumah sakit hewan di Mako Korps Sabhara Baharkam Polri, Cimanggis, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Baharkam Polri, kata dia, pengamanan dalam pleno penetapan KPU atas Pemilu 2024 akan bertujuan agar kegiatan tersebut berjalan kondusif dan tidak terjadi gangguan yang tidak diinginkan.

“Kita akan kawal tuntas pleno penetapan hasil Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan oleh KPU RI pada 20 Maret 2024,” tutur Fadil.

Pada operasi ketupat, pihaknya akan melakukan sejumlah pengamanan baik arus mudik, tempat ibadah, maupun tempat-tempat lainnya.

“Ada pengamanan arus mudik, mengamankan tempat ibadah, mengamankan sentra ekonomi, pasar, yang merupakan tempat masyarakat beraktivitas,” terang Fadil.

Baca Juga: Hasil Pleno KPU, Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud Kalah Telak di Sumut

2. Sabhara akan ditempatkan di sejumlah titik rawan

Sabhara Bakal Bantu Pengamanan Penetapan Pemilu dan Mudik Lebaran Kabaharkam Polri, Komjen Mohammad Fadil Imran meninjau pelatihan satwa untuk membantu tugas Sabhara di Korps Sabhara Baharkam Polri, Cimanggis, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Fadil mengungkapkan, Baharkam Polri mengerahkan Sabhara untuk meningkatkan patroli di sejumlah titik. Di antaranya titik rawan kemacetan dan tindak pidana.

Ke depannya, setiap Polda akan membuat perencanaan pengamanan pada pelaksanaan mudik Lebaran.

“Masing-masing Polda dalam setiap operasi tentu sudah membuat di mana titik yang perlu diberikan pengamanan yang optimal,” ucap Fadil.

Baca Juga: Warga Muba di Perantauan Bisa Mudik Lebaran Gratis, Daftar di Sini

3. Pengamanan mudik Lebaran harus lebih baik dari tahun lalu

Sabhara Bakal Bantu Pengamanan Penetapan Pemilu dan Mudik Lebaran Kabaharkam Polri, Komjen Mohammad Fadil Imran saat meninjau ruang bedah rumah sakit hewan di Mako Korps Sabhara Baharkam Polri, Cimanggis, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Diharapkan mudik Lebaran tahun ini dapat berjalan lancar karena penebalan keamanan pada operasi ketupat dan patroli Sabhara.

Polri telah meminta satuan kepolisian lebih siap memberikan pelayanan kepada masyarakat saat arus mudik Lebaran.

“Bapak Kapolri sudah memerintahkan kepada kami semu untuk lebih mempersiapkan diri agar lebih baik dari tahun yang lalu,” ucap Fadil.

Baca Juga: Anies Takziah ke Kediaman Habib Hasan di Majelis Nurul Mustofa Depok

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya