Ketua IPW Pelapor Ganjar ke KPK Ternyata Ketua DPD PSI Kota Bogor

IPW laporkan dugaan gratifikasi Ganjar ke KPK

Jakarta, IDN Times - Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso, melaporkan Ganjar Pranowo dan mantan Direktur Utama Bank Jateng atas dugaan gratifikasi dan atau suap ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"IPW melaporkan adanya dugaan penerimaan gratifikasi dan atau suap yang diterima oleh Direksi Bank Jateng dari perusahaan-perusahaan asuransi yang memberikan pertanggungan jaminan kredit kepada kreditur Bank Jateng. Jadi istilahnya ada cashback," ujar Sugeng pada Selasa (5/3/2024).

Nama Sugeng kini jadi sorotan, lalu siapakah dia?

1. Jabat Ketua DPD PSI Kota Bogor

Ketua IPW Pelapor Ganjar ke KPK Ternyata Ketua DPD PSI Kota BogorTangkapan layar infopemilu profil Sugeng/dok infopemilu

Selain menjabat sebagai ketua IPW, pria kelahiran 13 April 1966 ini juga menjabat sebagai Ketua DPD PSI Kota Bogor. 

Dilihat di situs infopemilu.kpu.go.id, jabatan Sugeng disahkan lewat SK bernomor 854/SK/DPP/2022 yang terbit pada 27 Juni 2022. Daniel Budiman adalah Sekretaris DPD PSI Kota Bogor, sementara Eva Tri Murni menjabat sebagai Bendahara. 

Baca Juga: Usut Dugaan Gratifikasi Ganjar, KPK: Gak Ada Unsur Politiknya

2. Sugeng pernah maju pilwalkot Bogor berpasangan dengan PDIP

Ketua IPW Pelapor Ganjar ke KPK Ternyata Ketua DPD PSI Kota BogorSurat suara di Pemilu 2024 (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Sugeng pernah mengikuti Pemilihan Wali Kota Bogor pada 2018 sebagai Wakil Wali Kota berpasangan dengan calon dari PDIP, yaitu Dadang Iskandar Danubrata, juga dikenal sebagai salah satu manajer PT. Persib Bandung Bermartabat.

Pada Juli 2018, ia bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagai calon anggota legislatif untuk Pemilihan Legislatif 2019.

3.Ganjar bantah terima gratifikasi

Ketua IPW Pelapor Ganjar ke KPK Ternyata Ketua DPD PSI Kota BogorCalon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo (IDN Times/Vadhia)

Sementara, mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membantah telah menerima gratifikasi yang dituduhkan IPW.

"Saya tidak pernah menerima pemberian atau gratifikasi dari yang dia tuduhkan," ujar Ganjar saat dihubungi pada Selasa (5/3/2024).

Baca Juga: Faizal Assegaf Desak Anies dan Ganjar Segera Ambil Sikap Politik

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya