[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres Keempat

Siapa lebih unggul pada malam hari ini?

Jakarta, IDN Times - Calon presiden (capres) nomor urut 01, Joko 'Jokowi' Widodo akan kembali berhadapan dengan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto dalam Debat Capres ke-4 di Pilpres 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3), pukul 20.00 WIB.

Debat Capres ke-4 di Pilpres 2019 ini mengusung tema "Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional" yang akan dipandu oleh Zulfikar Naghi dan Retno Pinasti sebagai moderator.

Untuk membantu KPU dalam Debat Capres ke-4 di Pilpres 2019 ini, telah ditunjuk sembilan panelis dalam merancang pertanyaan, yakni Prof DR Zakiyuddin, M.Ag (Direktur Pascasarjana IAIN Salatiga), Dr J Haryatmoko SJ (Akademisi/pengajar fakultas teologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta), Dr Erwan Agus Purwanto M Si (Dekan Fisip Universitas Gadjah Mada), dan Dr Valina Singka Subekti M Si (Akademisi/pengajar departemen ilmu politik, Fisip UI).

Panelis Debat Capres ke-4 di Pilpres 2019 berikutnya, yakni Dadang Tri Sasongko (Sekjen Transparency International Indonesia), Al Araf (Direktur Eksekutif Imparsial), Dr Ir Apolo Safanpo ST MT (Rektor Universitas Cenderawasih), Drs I Basis Eko Soesilo MA (Akademisi/Pengajar HI Fisip Unair dan Direktur Centre for Strategic and Global Studies/CSGS), dan Dr Kusnanto Anggoro (Akademisi/Pengajar Fisip UI).

Debat Capres ke-4 malam ini dapat disaksikan melalui beberapa saluran siaran langsung di televisi nasional, seperti SCTV, Indosiar, dan Metro TV. Selain itu, pemirsa juga dapat memantaunya melalui live streaming YouTube channel IDN Times.

Seperti apa runutan 'pertarungan' Jokowi dan Prabowo dalam debat capres kali ini? Berikut laporan reporter IDN Times Irfan Fathurohman, Teatrika Handiko Putri, Axel Jo Harianja, Fitang Budhi Adhitia, Gregorius Aryodamar, dan Margith Juita Damanik. 

22.30 WIB: Prabowo kembali meminta Jokowi berhati-hati bujuk rayu 'ABS'

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Debat Pemilihan Presiden 2019 putaran ke-4 telah selesai dilakukan. Menutup debat, calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto kembali memperingatkan calon presiden petahana, Joko "Jokowi" Widodo akan adanya budaya 'Asal Bapak Senang' (ABS).

"Maaf pak, hati-hati pak yang 'ABS' sama bapak itu loh saya ini kenal banyak presiden pak," kata Prabowo.

Kemudian, Prabowo pun menyebut sejumlah nama Presiden RI.

"Pak Harto saya kenal, pak Habibie," kata Prabowo. "Dan sudah lama jadi orang Indonesia, terlalu banyak pak 'ABS', 'bagus pak, bagus pak'," kata Prabowo melanjutkan.

Prabowo juga meyakinkan Jokowi untuk selalu menjaga tali persahabatan di antara keduanya. "Saya juga yakinkan bapak, saya tetap bersahabat," kata Prabowo.

22.20 WIB: Jokowi ingin hubungannya dengan Prabowo tetap terjalin baik usai Pilpres 2019

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Calon presiden nomor urut 01 Joko “Jokowi” Widodo ingin hubungannya dengan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto tetap terjalin dengan baik setelah Pilpres 2019.

Hal tersebut dikatakan Jokowi saat segmen closing debat capres, Sabtu (30/3), yang berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta.  

“(Semoga) rantai persahabatan saya dan Pak Prabowo tidak pernah putus, juga Pak Sandiaga tidak akan putus tali persahabatan,” ujar Jokowi saat debat pilpres keempat di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3).

Melalui debat ini, Jokowi ingin bersama dengan seluruh rakyat Indonesia agar bisa sama-sama menjalin persatuan dan kesatuan bangsa.

“Yang terpenting bukan menang debat, melainkan tentang masa depan dan kesejahteraan rakyat, juga tentang memahami dan menyayangi rakyat, negara, dan bangsa, ini juga tentang bagaimana mendengarkan dan mencari solusi negeri ini,” tegas Jokowi.

22.15 WIB: Prabowo: Diplomasi bukan cuma mediator, tapi ujung tombak negara

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto memaparkan makna diplomasi yang dianggapnya penting dalam membangun bangsa. Ia menilai diplomasi bukan sekadar senyam-senyum kepada negara tetangga, melainkan adalah upaya mempertahankan jati diri negara.

"Jadi diplomasi adalah untuk memajukan kepentingan nasional sebuah negara melalui jalan-jalan perundingan dan jalan-jalan pertukaran diplomasi. Tetapi, diplomasi tidak bisa hanya dengan menjadi mediator," ujarnya di segmen tiga debat capres, di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3).

Akan tetapi, lanjut mantan Danjen Kopassus ini, diplomasi adalah ujung tombak mempertahankan keberadaan suatu negara.

"Itu penting diplomasi sebagai mediator penanganan konflik tetapi ujungnya diplomasi harus menjadi bagian upaya mempertahankan inti kenegaraan. Maka diplomasi hanya bisa dan di back up oleh kekuatan," kata Prabowo.

Lebih lanjut, Prabowo memperjelas apa yang dimaksudnya dengan diplomasi hanya bisa di back up oleh kekuatan. Menurutnya, upaya memperkuat alat pertahanan negara menjadi penting dalam rangka diplomasi dengan negara global.

"Saya berpendapat pertahanan kita sudah rapuh dan lemah. Kenapa kalian ketawa. Pertahanan Indonesia rapuh kok kalian ketawa. Kita tidak bisa mempertahankan negara kita kalau ada asing datang, saya kira akan hancur," dia menambahkan.

22.00 WIB: Kata-kata penting Jokowi dan Prabowo di sesi pertanyaan Debat Capres

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Dalam debat Pilpres keempat antara capres Joko "Jokowi" Widodo dan Prabowo Subianto, yang berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3), kedua capres mendapat pertanyaan pertama dari moderator debat.

Pertanyaannya yakni cara menanamkan dan menumbuhkan Pancasila kepada generasi penerus, dengan tidak mengutamakan pendekatan indoktrinasi agar lebih mudah diterima dan diaktualisasikan.

Berikut poin-poin penting dari jawaban capres nomor urut 01 Jokowi dan capres nomor urut 02 Prabowo:

Jokowi:

- Pancasila adalah kesepakatan para pemimpin bangsa dari berbagai suku, agama, ras, golongan dari berbagai daerah, dari berbagai organisasi.
- Sejarah-sejarah mengenai dirumuskannya Pancasila harus diberikan di dalam pendidikan anak-anak kita sejak dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SMK, S1, S2, S3
- Paling penting adalah bagaimana memberikan pendidikan Pancasila ini dalam kehidupan kita berbangsa dan bernegara.
- Anak-anak harus harus diberi tahu bagaimana bertoleransi karena kita ini memiliki 714 suku.
- Anak-anak juga harus diberitahu bagaimana berkawan dengan saudara-saudara kita sebangsa dan se-tanah air, yang lebih dari 1.100 bahasa daerah yang berbeda-beda.
- Anak-anak juga harus diberitahu bagaimana bertoleransi, karena kita ini berbeda-beda.
- Kita telah membentuk badan pembinaan ideologi Pancasila tetapi ini harus kekinian bukan indoktrinasi lagi, harus kekinian bisa dilakukan lewat visual baik yang ada di Facebook, Instagram, Twitter dengan cara-cara sehingga relevansi antara Pancasila dan anak-anak muda ini bisa sambung.

Prabowo:

-Walaupun kita tidak mau menggunakan pendekatan indoktrinasi, tapi kita harus memasukkan Pancasila ke dalam pendidikan bangsa kita pendidikan usia dini, TK, SD, SMP, SMA harus dimasukkan dalam edukasi bukan indoktrinasi, tapi dalam pendidikan dalam kurikulum baru, dengan demikian kita ada pemahaman yang universal yang bisa disepakati.
-Walaupun tidak bersifat indoktrinasi tapi harus bersifat edukatif, harus dimasukkan ke dalam program pendidikan seterusnya sampai pendidikan lanjut S1, S2, S3.
-Para pemimpin harus memberi contoh mempersatukan, menyejukkan, dan memberi contoh dalam masalah edukasi.
-Dalam memilih orang tidak boleh memandang suku agama dan ras.
-Dalam menjalankan politik harus politik persatuan, bukan politik pecah belah bukan politik cari kesalahan, cari perbedaan.

21.50 WIB: Cara Jokowi menjaga diplomasi dengan luar negeri

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Calon presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo, mengungkapkan strateginya untuk menjaga diplomasi dengan negara lain. Menurut Jokowi, modalnya adalah dengan mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia.

"Oleh sebab itu, di dalam forum-forum internasional selalu saya sampaikan di awal bahwa Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, karena banyak negara lain yang belum tahu," ucap Jokowi.

Jokowi menjelaskan, Indonesia saat ini telah mendapatkan kepercayaan dari internasional untul menyelesaikan beberapa konflik. Salah satunya yakni konflik di Afghanistan.

"Di Afghanistan kita juga diberikan kepercayaan untuk ikut merukunkan, mendamaikan dari faksi-faksi yang berkonflik di sana, juga yang menjadi kekuatan karena kita tidak memiliki kepentingan apapun, baik di Afghanistan dan negara-negara lain," ungkapnya.

Jokowi melanjutkan kekuatan Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia bisa menjadi modal besar bagi diplomasi dengan negara lain.

"Bisa kita jadikan sebagai modal besar bagi kita berdiplomasi dengan negara-negara lain, termasuk juga dan kita menawarkan produk-produk dalam perdagangan dengan luar negeri," jelas dia.

21.47 WIB: Prabowo sebut kekayaan Indonesia mengalir ke luar negeri

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menyebutkan masalah kekayaan Indonesia yang mengalir ke luar negeri menjadi masalah inti dari persoalan pertahanan di Indonesia.

Prabowo menyebutkan beberapa hal dapat dilakukan untuk mengatasi masalah-masalah pertahanan.

"Kita harus tingkatkan anggaran pertahanan, kurangi korupsi, hentikan kebocoran, ubah sistem sehingga kekayaan indonesia tidak mengalir ke luar negeri," kata Prabowo. " Ini masalah inti," tambahnya.

21.45 WIB: Prabowo: Pertahanan kita lemah kalian ketawa, lucu?

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Calon Presiden Prabowo Subianto menepis pernyataan Calon Presiden Joko “Jokowi” Widodo yang menyebut dirinya tak percaya dengan kekuatan bangsa Indonesia.

Ia pun lantas menyinggung menteri di kabinet Jokowi yang menurutnya kurang memperhatikan kekuatan pertahanan Indonesia dengan moderenisasi alutista.

“Pertahanan kita lemah kalian (menteri) tertawa, lucu,” katanya menjawab pernyataan Jokowi di panggung debat keempat di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3).

Dalam menegaskan dirinya memahami tentang pertahanan, Prabowo mengatakan dirinya telah belajar ilmu perang ribuan tahun sejarah perang.

“Pak Jokowi saya ini memang profesi saya bilang adalah pertahanan keamanan saya pelajari ilmu perang ribuan tahun sejarah perang setelah saya belajar, mohon pak ini bukan menyalahkan tapi saya berpendapat kekuatan pertahanan kita sangat rapuh dan lemah Bukan salah bapak salah nggak tahu yang ketawa,” ujar Prabowo.

21.40 WIB: Jokowi akan terus percepat sistem pelayanan masyarakat

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Calon presiden nomor urut 01 Joko “Jokowi” Widodo mengaku akan terus meningkatkan sistem pelayanan kepada masyarakat jika kelak dirinya terpilih kembali.

Dengan sistem pelayanan elektronik yang sudah dilakukan, Jokowi ingin agar seluruh pelayanan masyarakat bisa saling terhubung antara pemerintah pusat dan daerah.

“Pajak sudah online, SPT sudah online dari rumah bisa. Ini proses yang akan terus kita kerjakan. Provinsi, Kabupaten, Kota sambung semua dari pusat sampe Kabupaten/Kota,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, dengan dibentuknya sistem e-government, e-budgeting yang telah diterapkan saat ini harus terus mempermudahkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kedepan diperlukan pemerintahan dilan, digital melayani, karena yang namanya pelayanan bukan hanya melayani tapi kecepatan,” tegasnya.

21.34 WIB: Prabowo peringatkan Jokowi soal budaya 'Asal Bapak Senang'

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Calon presiden Prabowo Subianto berpendapat calon presiden petahana, Joko “Jokowi” Widodo mendapat “bisikan-bisikan” tidak tepat terkait isu pertahanan dan keamanan.

Sebelumnya, Jokowi menyebutkan Kementerian Pertahanan memiliki anggaran sebesar Rp107 triliun. Angka ini membuat Kementerian Pertahanan menjadi kementerian dengan anggaran terbesar setelah Kementerian PUPR.

“Rp107 Triliun itu ya 5 persen dari APBN kita. 0,8 persen dari GDP kita. Padahal Singapura itu anggaran 30 persen dari APBN-nya. Sebesar 3 persen dari GDP nya,” kata Prabowo menyampaikan data yang dimilikinya.

Prabowo juga memperingatkan Jokowi soal budaya “Asal Bapak Senang” (ABS) yang kerap diterapkan di Indonesia. “Saya hanya mengatakan, saya pengalaman di tentara. Budaya ABS banyak pak,” kata Prabowo pada Jokowi.

Merasa Jokowi menyampaikan data yang kurang tepat, Prabowo mengaku tak menyalahkan sang petahana. “Saya tidak menyalahkan bapak, ini budaya Indonesia. ABS. Mohon kita kaji pertahanan sangat penting. Kita tidak mau mengancam siapapun, kita lemah pak,” kata Prabowo.

21.30 WIB: Strategi Jokowi tingkatkan pertahanan dan keamanan Indonesia

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Calon presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo, mengungkapkan strateginya untuk meningkatkan pertahanan di Indonesia. Ia mengaku telah memerintahkan Menteri Pertahanan Ryamizard dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk membangun beberapa divisi di berbagai daerah.

"Saya sudah perintahkan pada Menhan dan Panglima untuk membangun divisi III yang tahun ini bekerja, Divisi Kostrad di Gowa, Divisi Kostrad di Biak, Armada III Angkatan Laut di Sorong, sudah dalam proses pembangunan," jelas Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mengaku telah memerintahkan gelar pasukan di beberapa titik, yaitu di Nantuna, Samlaki, dan Biak.

"Apa yang kita harapkan artinya titik-titik pinggir yang ada di negara bahwa yang namanya radar maritim kita, radar udara kita, sudah menguasai wilayah kita karena ada 9 titik ada radar udara yang terkoneksi," lanjut dia.

Terkait anggaran, Jokowi mengungkapkan bahwa Kementerian Pertahanan saat ini memiliki anggaran sebesar Rp107 triliun, dan menjadi kementerian dengan anggaran terbesar setelah Kementerian PUPR.

"Artinya pada pertahanan tidak main-main. Bahwa ada yang kurang harus diperbaiki. Saya optimis dengan penguasaan radar udara dan maritim, siapa pun yang masuk ke negara kita akan ketahuan," ucap dia.

21.20 WIB: Pemerintahan Jokowi rampingkan 23 lembaga Negara untuk efisiensi

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Calon presiden nomor urut 01, Joko “Jokowi” Widodo menyebut telah merampingkan sebanyak 23 lembaga negara yang dianggap hanya memboroskan anggaran negara.

Ia mengatakan akan terus merampingkan lembaga-lembaga negara lainnya yang dianggap tidak relevan.

“Kita akan lakukan reformasi tata kelola, tidak bertele-tele, lembaga negara yang tak perlu kita bubarkan, kalau perlu dari 23 itu ditambah, kalau ada yang bertele-tele kita hapuskan,” ujar Jokowi saat debat pilpres keempat di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3).

Menurut Jokowi, dengan dibentuknya sistem e-government, e-budgeting yang telah diterapkan saat ini harus terus mempermudahkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kedepan diperlukan pemerintahan Dilan, digital melayani, karena yang namanya pelayanan bukan hanya melayani tapi kecepatan,” tegasnya.

21.06 WIB: Prabowo: Untuk apa kita punya teknologi hebat kalau kekayaan bocor?

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Dalam menghadapi revolusi teknologi informasi 4.0 banyak daerah memiliki smart city untuk meningkatkan pelayanan publik yang responsif dan kompetitif bagi Indonesia.

Menanggapi hal itu, Jokowi mengusung konsep Dilan (Digital Melayani) yang berbasis teknologi informatika yang serba cepat.

Sedangkan calon presiden Prabowo memiliki pandangan yang berbeda. Menurutnya, percuma Indonesia memiliki teknologi hebat tapi kekayaan Indonesia masih bocor ke luar negeri.

“Permasalahan bangsa kita ini, kekayaan kita tidak tinggal di Indonesia. Sistem sehebat apa pun kalau tidak ada political will maka..., seolah-olah modern, untuk apa kita punya teknologi tapi kekayaan kita masih bocor ke luar negeri,” kata Prabowo di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3).

Ia pun menjawab pernyataan Jokowi soal smart city. “Saya kira kita tidak ada perbedaan pandangan dari garis besar, tapi yang harus kita utamakan adalah tujuan dari pemerintah itu sendiri. Yang saya katakan itu tadi teknologi, sistem, hardware atau software bisa, tapi kalau tujuan pemerintah itu tidak jelas maka terjadilah kerugian besar buat negara,” ujar Prabowo.

21.00 WIB: Prabowo puji Jokowi pancasilais, patriot dan nasionalis

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Membahas tema pertama dalam Debat Pilpres 2019 putaran ke-4 tentang ideologi, calon presiden, Prabowo Subianto menyebut pada dasarnya dirinya tidak berbeda pendapat dengan Jokowi.

Keduanya sepakat Pancasila merupakan ideologi Indonesia dan harga mati yang tak bisa diganggu gugat lagi. Keduanya sepakat nilai-nilai Pancasila perlu ditanamkan kepada anak sejak usia dini.

"Pak Jokowi yang saya hormati. Saya kira dalam hal ini kita sebetulnya pada esensinya tidak jauh berbeda," kata Prabowo.

Tidak hanya sependapat, Prabowo juga sempat memuji sosok Jokowi. "Saya yakin dan percaya pak Jokowi pancasilais. Saya yakin dan percaya pak Jokowi patriot. Saya yakin dan percaya pak Jokowi nasionalis," kata Prabowo.

Hal itu menurut Prabowo membuat dirinya hadir dalam pelantikan Jokowi pada 2014 silam. Prabowo bahkan memberi hormat kepada Jokowi kala itu.

20.50 WIB: Prabowo bilang sering difitnah mendukung Khilafah, Jokowi berikan jawaban ini

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Calon presiden Prabowo Subianto mencurahkan isi hatinya saat mengikuti debat Pilpres 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3).

Di sela debat, Prabowo melaporkan kepada Jokowi bahwa ada pendukung Jokowi yang memfitnah dirinya mendukung khilafah dan melarang tahlilan.

"Apakah Pak Jokowi mengerti pendukung-pendukung Bapak ada yang fitnah saya pendukung khilafah, tahlilan gak ada lagi," kata Prabowo. "Saya dari usia 18 tahun, nyawa saya, saya pertaruhkan untuk republik ini. Bagaimana bisa saya dituduh mendukung khilafah? Cukup kejam itu.” 

Menanggapi laporan tersebut, Jokowi mengatakan jika dirinya juga sering difitnah. 

"Saya juga dituduh. Pak Jokowi PKI. Saya biasa-biasa saja. Yang paling penting marilah kita bersama-sama membumikan Pancasila. Kita pemimpin memberi contoh yang baik. Tidak saling menghujat, menghina, menjelekkan," kata Jokowi.

20.40 WIB: Prabowo siap tingkatkan rasio pajak

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatIDN Times/Irfan Fathurohman

Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto mengatakan ia mampu meningkatkan rasio pajak hingga 16 persen. Dia menyebut saat ini rasio pajak Indonesia ialah 10 persen.

Hal itu disampaikan Prabowo dalam Debat Pilpres yang ke-4 ketika membahas soal langkah menghadapi pengembangan revolusi teknologi informasi 4.0, dengan banyaknya daerah mengembangkan smart city untuk pemerintahan guna pelayanan publik yang responsif dan keunggulan kompetitif bagi Indonesia.

Menanggapi hal itu, calon presiden nomor urut 1 Jokowi mengatakan ia akan mengusung konsep Dilan yakni digital-melayani, sedangkan Prabowo menuturkan ia mengutamakan teknologi informatika ini untuk mencapai transparansi.

“Yang ingin kita capai adalah pemerintahan yang efektif dan bersih. Sebagai contoh untuk meningkatkan lagi rasio pajak kita. Pajak yang turun 10 persen kita bisa buat naik lagi 16 persen,” kata Prabowo menjawab permasalahan ke pemerintahan dalam membangun smart city di panggung debat, Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (30/3).

20.30 WIB: Jokowi akan tingkatkan kualitas SDM TNI

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Calon presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo, mengungkapkan visi misi dan programnya ke depan di bidang pertahanan dan keamanan, hubungan internasional, ideologi, dan pemerintahan.

Jokowi mengatakan, untuk bidang pertahanan dan keamanan, ia akan lebih meningkatkan lagi sumber daya manusia (SDM) TNI di Indonesia, terutama bagian cyber.

"Peningkatan kualitas SDM, pengembangan kualitas SDM TNI sangat diperlukan, terutama dalam penguasaan senjata dan cyber. Karena ke depannya perangnya adalah teknologi. Kalau kita belum mampu akan lakukan join produksi dengan negara lain," ujar Jokowi.

Sementara, di bidang ideologi, ia mengatakan bahwa akan memperkuat Pancasila sebagai ideologi Indonesia.

"Pancasila adalah kesepakatan para pendiri bangsa, para pemimpin bangsa dari berbagai organisasi, suku, ras, agama, saat itu. Oleh sebab itu, menjadi kewajiban kita menjaga, merawat, dan menjalankan Pancasila dalam sehari-hari," ungkapnya.

Sementara, di bidang hubungan internasional, Jokowi menyampaikan ingin membuat Indonesia terlibat dalam pertemuan-pertemuan penting di kancah internasional.

Baca Juga: Dalam Bidang Pemerintahan, Jokowi: Kita Perlu 'Dilan'

20.30 WIB: Bicara visi misi korupsi, Prabowo sempat sindir soal jual beli jabatan

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Calon Presiden Prabowo Subianto membuka debat dan memaparkan visi-misinya. Dalam paparannya, Prabowo bertekad untuk membersihkan pemerintahannya dari korupsi kelak jika terpilih menjadi presiden.

“Lembaga-lembaga pemerintah harus kuat baru negara kuat. Tidak mungkin program sehebat apapun, lembaga pemerintah lemah, jual beli jabatan, korupsi, tidak mungkin negara lakukan pembangunan,” ucap Prabowo dalam paparan visi-misinya si Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3).

Prabowo pun berjanji akan membersihkan kabinetnya dari praktik korupsi.

“Kalau kami berikan mandat, kami akan bersihkan, perkuat dan kuatkan kesejahteraan hidup pegawai lembaga-lembaga pemerintah,” ujar Prabowo.

Seperti yang sering ia paparkan mengenai korupsi yang marak terjadi akhir-akhir ini. Ia kembali sebut Indonesia seperti penyakit yang berada dalam taraf stadium empat.

“Sangat parah, ibarat penyakit sudah stadium empat. Masyarakat tidak mau negara ini terus begini, negara pemerintahannya korup,” ucap Prabowo.

20.20 WIB: Jokowi sebut pemerintahan butuh 'Dilan'

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Calon presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo, mengungkapkan visi misi dan programnya ke depan di bidang pertahanan dan keamanan, hubungan internasional, ideologi, dan pemerintahan.

Dalam pemaparannya, Jokowi mengungkapkan bahwa di bidang pemerintahan, Indonesia membutuhkan 'Dilan' atau digital melayani. Maksudnya, adalah pelayanan melalui elektronik.

"Di bidang pemerintahan ke depan diperlukan pemerintah 'Dilan', digital melayani. Oleh sebab itu, diperlukan reformasi dalam pelayanan publik lewat elektronik," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa ke depannya harus ada penyederhanaan kelembagaan di pemerintah.

"Diperlukan penajaman dan penyederhanaan kelembagaan. Diperlukan peningkatan kualitas SDM aparatur dan keempat diperlukan reformasi tata kelola," lanjut Jokowi.

20.10 WIB: Prabowo janji akan pertahankan ideologi Pancasila hingga titik darah penghabisan

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Calon Presiden Prabowo Subianto membuka Debat Pilpres Keempat dengan memaparkan visi-misinya. Dalam paparannya, Prabowo bertekad mempertahankan ideologi Pancasila.

“Bagi kami Pancasila adalah ideologi final. Pancasila adalah hasil suatu kompromi besar, Pancasila hasil kecemerlangan dari generasi pendiri bangsa kita, Pancasila mempersatukan ratusan suku, agama, budaya berlainan dengan bahasa yaang berlainan, kompromi ini yang menghasilkan bangsa Indonesia,” kata Prabowo saat memaparkan visi-misinya di Debat Pilpres Keempat di Hotel Shangri-La, Jakarta, Minggu (30/3).

Prabowo pun lantas berjanji akan mempertahankan ideologi Pancasila hingga titik darah penghabisan.

“Saya dari sejak 18 tahun telah tanda tangan untuk sumpah. Kalau ada yang mau mengubah ini akan saya hadapi dengan semua kekuatan yg ada pada diri saya,” ucap Prabowo.

19.38 WIB: Jokowi tiba di lokasi debat

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Calon presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo, tiba di lokasi Debat Pilpres Keempat sekitar pukul 19.38 WIB. Saat tiba di lokasi, Jokowi pun langsung pamer kemesraan dengan sang istri, Iriana Widodo.

Usai diwawancara oleh wartawan, Jokowi pun langsung menuju booth foto dan berfoto bersama Iriana. Lalu, tiba-tiba Jokowi merangkul pundak Iriana. Saat dirangkul, Iriana pun terlihat malu-malu dengan perlakukan romantis suaminya itu.

Jokowi mengatakan, di debat keempat kali ini tidak ada persiapan khusus. Ia menyampaikan bahwa temanya sudah sesuai dengan apa yang ia kerjakan sehari-hari.

"Persiapannya tadi siang makan banyak, setelah itu tidur, bangun tidur mandi. Biasa aja," ujar Jokowi di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3).

Terkait aksinya di debat nanti, Jokowi enggan memberitahu lebih lanjut. Ia pun mengungkapkan agar masyarakat melihat sendiri di debat nanti.

"Nanti dilihat, masa disampaikan sekarang. Gak usah serang-menyerang. Adem-adem," kata dia.

Baca Juga: Debat Pilpres: Tiba Shangri-La, Jokowi Pamer Kemesraan dengan Iriana

19.30 WIB: Prabowo tiba di lokasi debat

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatIDN Times/Irfan Fathurohman

Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto tiba di Hotel Shangri-La pada pukul 19.30 WIB. Mengenakan setelan jas jas hitam lengkap dengan peci berwarna senada, Prabowo mengatakan telah siap bicara soal ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional, selaku tema debat malam ini.

"Semua mencerminkan, merefleksikan kekuatan suatu bangsa, Pancasila, ini musim politik, biasa ada upaya untuk menuduh bahwa saya kurang komitmen pada Pancasila, yang itu gitu lah,tapi ini biasa dalam politik. Kita hadapi dengan rasional, dengan tenang, itikad baik, demokrasi, itu kan keharusan," ujar Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra itu mengatakan, dia menjunjung semangat demokrasi yang mana merupakan sistem politik yang paling baik.

"Harus kita sikapi dengan semangat demokrasi, dengan dewasa, siap diganti, siap dikoreksi, sejuk," ucapnya.

19.25 WIB: Jokowi buka-bukaan soal persiapan Debat Pilpres

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Calon presiden nomor urut 01, Joko 'Jokowi' Widodo dan Iriana Widodo bersiap menuju lokasi Debat Pilpres keempat. Sebelum berangkat ke Hotel Shangri-La, Jakarta, Jokowi sempat melayani beberapa pertanyaan wartawan di Istana Negara tentang kesiapannya menghadapi capres Prabowo Subianto. 

"Siap. Mengalir saja," ujar Jokowi.

"Malah main sama cucu," imbuh Iriana

Jokowi mengatakan, persiapan yang paling penting dalam menghadapi debat capres kali ini adalah istirahat. "Tidur, yang paling penting. Main sama cucu sama tidur," katanya.

Jokowi juga menyampaikan, setelah Debat Pilpres dia akan langsung bertolak ke Makassar untuk kampanye akbar.

"Habis debat nanti langsung ke Makassar, sampai Makassar jam 3 nanti," ucapnya.

19.10 WIB: Ma'ruf Amin tiba di lokasi debat

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatDok.IDN Times/TKN Jokowi-Ma'ruf

Wakil presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin tiba di lokasi penyelenggaraan Debat Capres keempat Pilpres 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta. Ma'ruf datang bersama istrinya.

Keduanya serasi mengenakan jaket putih bertuliskan 01 di bagian punggungnya. Ma'ruf tetap dengan gaya khasnya, dengan sarung berwarna hijau, peci hitam dan syal putih di lehernya.

Ma'ruf berharap Jokowi lebih santai menghadapi debat malam ini. "Senjatanya sudah cukup soal pemerintahan, ideologi," ujar dia.

Ia menambahkan, semua sudah dilakukan oleh Jokowi selama menjabat sebagai Presiden ke-7 RI, sehingga dia tinggal memutuskan senjata mana yang akan digunakan.

18.25 WIB: Erick Thohir sebut akan ada kejutan dari Jokowi di Debat Pilpres ke-4

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir menyampaikan bahwa akan ada kejutan di Debat Pilpres malam ini. Ia mengatakan, calon presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo, sudah menyiapkan kejutan.

"Ada nanti kejutan. Kita lihat," kata Erick di Hotel Shangri La, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3).

Menurut Erick, Jokowi tidak akan menyerang dalam debat keempat nanti. Ia menerangkan bahwa selama ini Jokowi menyerang dengan data dan fakta.

"Saya rasa debat itu bukan serang menyerang, tetapi data dan fakta saya rasa selama debat ini seperti cawapres KH Ma'ruf Amin juga posisinya bukan dibilang ofensif," kataErick.

Ia menjelaskan, apa yang disampaikan oleh Jokowi sebelumnya tentang unicorn hanyalah sebuah pertanyaan, dan bukan serangan.

"Apakah itu menyerang? Kan tidak. Pertanyaan yang harus dijawab yang seharusnya mengenai unicorn juga sama hal-hal seperti itu jangan dilihat secara negatif," ujar dia.

Baca Juga: Prabowo akan Tampil Kalem dan Sedikit Ofensif di Debat Pilpres ke-4

17.50 WIB: Prabowo akan tampil kalem di Debat Pilpres ke-4

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatIDN Times/Istimewa

Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, penampilan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto pada debat keempat akan mengurangi ofensifnya.

Namun demikian, Dahnil menyampaikan, penampilan Prabowo kali ini sama seperti penampilan sebelumnya yang kalem dan sedikit jenaka.

“Gak akan banyak ofensif. Akan banyak menunjukkan ini kan debat, ini statement-nya harus presidential statement, jadi statement harus memajukan, harus menggembirakan, dan tak dalam koridor menghinakan rival debat dan sebagainya,” kata Dahnil lokasi debat, Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3).

Terlebih, kata Dahnil, tema debat keempat yang mencakup ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional adalah tema yang sangat dikuasai Prabowo Subianto.

17.20 WIB: BPN: Prabowo tak akan jebak dan curangi Jokowi

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatDok.IDN Times/BPN Prabowo-Sandiaga

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Priyo Budi Santoso mengatakan, calon presiden (Capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak menyiapkan strategi khusus dalam debat capres putaran keempat malam nanti.

Bahkan, menurut Priyo, Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra itu tidak akan menggunakan strategi yang menjebak lawannya, yakni Presiden Joko 'Jokowi' Widodo.

"Pak Prabowo untuk debat nanti malam tidak menyiapkan (strategi) secara khusus. Apalagi strategi yang bersifat menjebak," kata Priyo kepada wartawan di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3).

Priyo menilai, Prabowo akan menghormati Jokowi yang juga merupakan calon presiden petahana. Untuk itu, Prabowo kata Priyo tidak akan berupaya mengeluarkan strategi yang bersifat menjebak.

"Landai saja lurus-lurus saja karena kita tahu Pak Jokowi adalah Presiden yang mesti dihormati. Jadi tidak ada yang bersifat untuk cheating, bersifat untuk menjebak, mencurangi, mendegradasi Pak Jokowi. Kita lurus-lurus aja," jelasnya.

Baca Juga: Debat Capres ke-4, BPN: Prabowo Tak akan Jebak dan Curangi Jokowi

17.10 WIB: Tema debat keempat disebut BPN Prabowo banget

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatIDN Times/Irfan Fathurohman

Jakarta, IDN Times - Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan tema debat keempat yang mencakup ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional adalah tema yang sangat dikuasai Prabowo Subianto.

“Pada prinsipnya tema ini menurut kami Prabowo banget. Karena internasional, pertahanan, keamanan, dan ideologi adalah tema yang identical dengan pak Prabowo,” kata Dahnil di lokasi debat, Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3).

Sebelum debat, Dahnil mengatakan Prabowo banyak mendengar para ahli terutama di bidang pertahanan dan ideologi. Prabowo juga disebut melakukan banyak diskusi internal mengenai ideologi.

"Pada posisi ini kita sekedar memberi masukan terkait dengan informasi yang berkembang di luar. Tapi terkait konsepsi dasar, kemudian perkembangan ideologi seperti apa saat ini itu yang kami pikir Prabowo sudah paham betul," katanya.

Oleh karena itu, Dahnil yakin Prabowo akan lebih unggul dalam debat nanti malam yang berlangsung di Shangri-La Hotel.

"Ya pasti ya, Prabowo kan selama ini concern pada isu ini. Masalah unggul tidak unggul yahg paling penting bagi kami adalah gagasan Prabowo itu sampai ke pada publik dan masyarakat menangkap gagasan itu sebagai rencana besar gagasan besar Prabowo nanti ketika beliau memerintah di 2019," katanya.

17.00 WIB: Sandiaga Uno tak hadir di Debat Pilpres ke-4

[LINIMASA] Pertarungan Jokowi dan Prabowo di Debat Pilpres KeempatIDN Times/Imron

Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno dipastikan Badan Pemenangan Nasional (BPN) tidak akan menemani Calon Presiden Prabowo Subianto pada debat capres ke-4 di Hotel Shangri-La, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (30/3) malam, pukul 20.00 WIB.

“Bang Sandi ke Banten, sayang waktu,” kata Wakil Ketua BPN di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (30/3).

Hal senada disampaikan Wakil Ketua BPN Priyo Budi Santoso yang mengatakan Sandiaga memang sebaiknya memanfaatkan waktu kampanyenya.

“Pak Sandiaga lebih baik di luar,” kata Priyo di lokasi debat.

Debat keempat ini akan mempertemukan Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto. Mereka akan beradu gagasan lewat tema ideologi, pemerintahan, pertahanan, keamanan, dan hubungan internasional.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya