Panggil 4 Menteri Jokowi, Hakim MK: Pemilu RI Disorot Dunia

Ini juga bentuk pendidikan publik

Intinya Sih...

  • Hakim Konstitusi Arief Hidayat memanggil 4 Menteri Jokowi terkait pemohon yang perlu dikonfirmasi MK.
  • Pemanggilan sebagai bentuk pendidikan publik terkait Pemilu 2024 yang mendapat perhatian dunia.
  •  

Jakarta, IDN Times - Hakim Konstitusi Arief Hidayat mengemukakan alasan pemanggilan empat Menteri Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Menurutnya, ada dalil pemohon yang perlu dikonfirmasi Mahkamah Konstitusi (MK) ke para menteri.

Selain itu, pemanggilan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini sebagai bentuk pendidikan publik. Apalagi Pemilu 2024 menjadi perhatian dunia.

"Saya pada waktu terakhir ditugaskan kepada Mahkamah Konstitusi ke Venice (Italia) itu ada pertemuan biro MK sedunia, saya hadir di sana, para ketua asosiasi MK yang hadir di situ dari seluruh dunia mewakili benua-benua menanyakan kepada saya mengenai pilpres dan pileg di Indonesia. Jadi, ini mendapat perhatian sangat luas sehingga ada pendidikan sosial, ada pendidikan politik yang harus kita lakukan dalam pesidangan ini," kata dia, Jumat (5/4/2024).

"Oleh karena itu, perlu saya sampaikan, ada payung yang harus saya sampaikan atau kerangka yang harus kita sampaikan dulu," imbuhnya.

Baca Juga: MK Sebenarnya Mau Panggil Jokowi, Bukan Menterinya

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya