PDIP Harap Niat Mundur Mahfud MD Menular ke Prabowo

Hasto sebut Prabowo gentleman bila berani mundur

Jakarta, IDN Times - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, menilai niat Mahfud MD sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) mundur dari kabinet Presiden Joko "Jokowi" Widodo adalah keputusan bijak.

Ia berharap langkah ini diikuti Prabowo Subianto yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

"Semoga keteladanan integritas dari Prof Mahfud MD ini dapat menular, termasuk ke Pak Prabowo sehingga (mundur)," ujar Hasto dalam konferensi pers di DPP PDI Perjuangan, Kamis (1/2/2024).

Baca Juga: Ribka Tjiptaning PDIP Diperiksa KPK dalam Kasus Sistem Proteksi TKI

1. Hasto sebut Prabowo gentleman bila berani mundur

PDIP Harap Niat Mundur Mahfud MD Menular ke PrabowoKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Gerindra ke-15 di Kantor DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa

Hasto menyebut, anggaran di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) memang besar. Namun, mundur adalah sikap yang baik apabila Prabowo melakukannya.

"Ini (mundur) merupakan sikap yang gentleman," ujarnya.

Baca Juga: Mahfud: Dana Otonomi Khusus Aceh Harus Diperpanjang

2. Ganjar Pranowo apresiasi niat mundur Mahfud

PDIP Harap Niat Mundur Mahfud MD Menular ke PrabowoGanjar Pranowo bertemu dengan sejumlah kiai kampung se-Malang Raya (IDN Times/Istimewa)

Niat mundur Mahfud dari kabinet juga diapresiasi pasangannya, Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo. Seperti Hasto, Ganjar juga berharap calon lainnya mundur.

"Iya, termasuk (Prabowo dan Gibran). Siapa pun yang saya omongkan sejak awal, mereka yang punya potensi conflict of interest sebaiknya mundur seperti Pak Mahfud," ujar Ganjar di sela kampanye di Pontianak, Kalimantan Barat.

Baca Juga: Niat Mundur Mahfud dan Surat Resign untuk Jokowi

3. Mahfud ungkap rencana mundur dari kabinet Jokowi

PDIP Harap Niat Mundur Mahfud MD Menular ke Prabowocalon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD (IDN Times/Istimewa)

Diberitakan, Mahfud MD mengumumkan rencana mundur sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan pada Rabu, 31 Januari 2024.

Ia menunjukkan surat pengunduran diri di depan Pura Ulun Danu yang terletak di tengah Danau Tirta Gangga, Desa Swastika Buana, Kecamatan Seputih Banyak, Lampung Tengah.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Jokowi Akan Bertemu Mahfud MD Sore Ini

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya