Comscore Tracker

Rayakan Natal di Acara Open House, Luhut ke Prabowo: Dia Orang Baik

Luhut tak sungkan memuji sahabatnya itu

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memuji Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai orang baik. Ucapan itu disampaikan langsung Luhut di rumah dinasnya, Jakarta Selatan, Rabu (25/12).

"Dia (Prabowo) orang baik," kata Luhut.

1. Hubungan Luhut dan Prabowo sangat baik

Rayakan Natal di Acara Open House, Luhut ke Prabowo: Dia Orang Baik(Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berkunjung ke open house Natal di kediaman Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan) IDN Times/Hana Adi Perdana

Prabowo diketahui bersilaturahmi ke rumah Luhut dalam rangka open house perayaan Natal. Pantauan IDN Times, Prabowo ada di kediaman Luhut cukup lama. Sementara, beberapa Menteri dan pejabat lainnya tidak berlangsung lama. 

Luhut mengungkapkan bahwa banyak hal yang dibicarakan oleh keduanya saat bersilaturahmi. Dia menegaskan bahwa hubungan keduanya sangat baik. 

"Dia kan teman lama. Kita ngobrol banyak. Beliau cerita. Ya saya kira baguslah. Damai. Pak Prabowo kan orang baik," ucapnya.

Baca Juga: Keluarga Prabowo Disebut Banyak Diuntungkan dari Ibu Kota Baru

2. Luhut dan Prabowo merupakan teman lama

Rayakan Natal di Acara Open House, Luhut ke Prabowo: Dia Orang BaikMenteri Pertahanan Prabowo Subianto di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa 3 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Bukan hal baru jika Luhut dan Prabowo adalah teman lama. Keduanya sama-sama berkarier di militer dan pernah bekerja bersama.

Luhut, jebolan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) 1970, lebih senior dari Prabowo yang lulusan 1974. 

Luhut pernah didapuk menjadi komandan, dengan Prabowo sebagai wakilnya dalam Detasemen Khusus 81 Penanggulangan Teror atau Sat-81/Gultor Kopassus.

3. Kerap beberapa kali berseberangan hingga akhirnya kembali menjadi rekan

Rayakan Natal di Acara Open House, Luhut ke Prabowo: Dia Orang BaikMenko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Luhut dan Prabowo juga diketahui berseberangan soal pilihan politik. Pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, keduanya ada di kubu yang berbeda. 

Prabowo maju menjadi capres, sementara Luhut mendukung kompetitor sang sahabat saat itu, Joko "Jokowi" Widodo.

Pada 2019, keduanya juga kembali berseberangan. Prabowo kembali mencalonkan diri, sementara Luhut masih berada di kubu yang sama. Dua kali berbeda pilihan politik, dua mantan jenderal ini akhirnya menjadi rekan kerja di pemerintahan.

Luhut kembali didapuk sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Prabowo diangkat sebagai Menteri Pertahanan di periode kedua Presiden Jokowi. 

Baca Juga: Mahfud MD Hingga Prabowo Hadiri Open House Natal di Kediaman Luhut

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya