72 Cakada Kena Tegur Mendagri, Bawaslu Diminta Jatuhkan Sanksi

Mendagri juga apresiasi lima cakada yang patuhi protokol

Jakarta, IDN Times - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Kornavian mengatakan pihaknya telah memberi teguran kepada 72 calon kepala daerah atau cakada yang melanggar protokol kesehatan selama menjalani proses Pilkada 2020.

“Satu orang gubernur, bupati 36, wakil bupati 25, wali kota lima, dan wakil wali kota lima,” ujar Tito saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI yang disiarkan secara langsung di TVR Parlemen, Kamis (10/9/2020).

1. Tito minta Bawaslu jatuhkan sanksi ke cakada yang melanggar protokol kesehatan

72 Cakada Kena Tegur Mendagri, Bawaslu Diminta Jatuhkan SanksiTito Karnavian berharap gerakan 26 juta masker diikuti daerah lain. IDN Times/ Alfi Ramadana

Mendagri mengimbau cakada tidak melakukan arak-arakan atau konvoi dan menciptakan kerumunan massa. Mendagri meminta para cakada mematuhi ketentuan sebagaimana diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

“Kami juga melakukan langkah cepat untuk mendorong Bawaslu untuk memberikan sanksi kepada kontestan, baik petahana maupun non-petahana. Karena kalau Mendagri tidak bisa mencapai kontestan non-petahana. Sehingga saya mendorong agar Bawaslu untuk memberikan sanksi,” ujar Tito.

Baca Juga: Bawaslu: 141 Pasangan Langgar Protokol Kesehatan saat Daftar Pilkada

2. Mendagri juga memberikan penghargaan kepada lima cakada

72 Cakada Kena Tegur Mendagri, Bawaslu Diminta Jatuhkan SanksiMenteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat memberikan arahan di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (8/7/2020). Humas Pemprov Sulsel

Namun, mantan Kepala Kepolisian RI itu juga mengapresiasi kepada lima cakada yang patuh menjalankan protokol kesehatan.

“Mereka di antaranya Bupati Gorontalo, Bupati Luwu Utara, Wakil Walikota Ternate, Wakil Walikota Denpansar, dan Gubernur Gorontalo. Ini yang daerahnya tertib dan tidak terjadi kumpulan masa,” ujar Tito.

3. Penghargaan berupa anjungan Dukcapil mandiri

72 Cakada Kena Tegur Mendagri, Bawaslu Diminta Jatuhkan SanksiMenteri Dalam Negeri, Tito Karnavian saat berada di Balikpapan, Sabtu (18/7/2020). IDN Times / Hilmansyah

Tito menjelaskan, penghargaan kepada cakada yang mematuhi protokol kesehatan berupa anjungan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) mandiri dari Mendagri untuk daerah tersebut.

Reward paslon yang patuh tanpa ada kumpulan masa, kalau kita lihat banyak diberitakan yang adanya kerumunan masa pada saat pendaftaran. Sebenarnya ada yang cukup patuh, sehingga kita berikan apresiasi bahkan ke daerah tersebut,” ujar Mendagri.

Baca Juga: 5 Cakada Terima Penghargaan Mendagri karena Patuhi Protokol Kesehatan

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya