Rajiv Singh Sahabat Raffi Ahmad Lolos ke DPR RI Dapil Jabar II 

Rajiv berhasil mengantongi 58.018 suara

Jakarta IDN Times - Rajiv Singh yang merupakan teman dekat selebritas Raffi Ahmad berpeluang besar lolos menjadi anggota DPR RI, berdasarkan penetapan hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. 

Rajiv maju sebagai calon legislatif (caleg) dari Partai Nasional Demokrat (NasDem), dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Barat II. Dapil ini meliputi Bandung dan Bandung Barat, yang memperebutkan 10 kursi parlemen.

Baca Juga: Daftar Perolehan Suara dan Kursi DPR Partai Islam di Pileg 2024

1. Rajiv Singh memperoleh 58.018 suara

Rajiv Singh Sahabat Raffi Ahmad Lolos ke DPR RI Dapil Jabar II Rajiv (IDN Times/Aryodamar)

Sebagai anggota NasDem sejak 2021, Rajiv sempat menyatakan hanya ingin menjadi caleg sekali saja tanpa mengulang jika gagal lolos ke Senayan. 

Namun, pada Pemilu 2024, Rajiv berhasil mengantongi 58.018 suara. Perolehan suara Rajiv bersaing ketat dengan caleg NasDem lain, yakni Tiara Putri Julizar dengan perolehan 56.154 suara. 

Rajiv pun berpeluang besar melenggang ke Senayan, karena NasDem berhasil melampui parliamentary threshold atau ambang batas parlemen 4 persen pada Pemilu 2024, yakni 14.660.516 suara atau 9,7 persen.

2. Cakupan suara Jawa Barat II

Rajiv Singh Sahabat Raffi Ahmad Lolos ke DPR RI Dapil Jabar II Lambang Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebagai informasi, Jawa Barat mempunyai pembagian 11 dapil. Dapil Jawa Barat II tercatat memiliki Daftar Pemilihan Tetap (DPT) 3.973.080 orang, melebihi Dapil DKI Jakarta II yang mencakup Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Selatan, dan Luar Negeri dengan 3.272.524 orang.

Di Dapil Jawa Barat II, tercatat 3.383.852 orang yang menggunakan hak pilihnya. Dari angka tersebut, sebanyak 3.104.039 suara dinyatakan sah dan sisanya 279.813 suara tidak sah.

Baca Juga: 2 Caleg Menteri dan 1 Wamen Kabinet Jokowi Lolos ke DPR RI

3. Profil singkat Rajiv Singh

Rajiv Singh Sahabat Raffi Ahmad Lolos ke DPR RI Dapil Jabar II Rajiv Singh (dok. Nasdem)

Rajiv Singh merupakan politikus Partai NasDem yang bersahabat dengan selebritas Raffi Ahmad. Raffi bahkan pernah menolak tawaran Rajiv maju sebagai caleg pada 2023. Berdasarkan postingan di akun Instagram Rajiv, @rajivsingh9191, Raffi sempat membantu mengkampanyekan sahabatnya itu secara gratis. 

Uniknya, ketika Pemilu 2024, Raffi diketahui datang ke kampanye pasangan capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan lawan politik NasDem, yang mengusung pasangan capres-cawapres nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. 

Rajiv sudah mempunyai Kartu Tanda Anggota (KTA) NasDem sejak 2021, dan resmi berperan sebagai Wakil Bendahara Umum (Bendum) Tim Pemenang Nasional (Timnas) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) pada November 2023.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya