Belum Genap Sebulan Diresmikan, Plafon Bandara Syamsudin Noor Ambrol

Diresmikan Jokowi pada pertengahan Desember 2019

Jakarta, IDN Times - Baru diresmikan pada 18 Desember 2019, plafon terminal keberangkatan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarabaru, Kalimantan Selatan, ambrol.

Peristiwa ini terjadi pada Minggu (29/12) pukul 04.00 WITA. Kendati demikian, Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan mengungkapkan, kejadian tersebut tidak mempengaruhi aktivitas bandara.

"Kejadian tidak mengganggu pelayanan dan operasional bandara, semua berjalan normal," kata Handy dalam keterangan tertulisnya, Minggu.

Baca Juga: Desain Pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta Dimulai

1. Plafon ambrol akibat hujan deras pada dini hari

Dikutip dari Kanalkalimantan.co.id, Kepala Komunikasi dan Legal Bandara Syamsudin Noor Aditya Putra Patria mengatakan, plafon terminal bandara ambrol karena debit air yang menumpuk akibat hujan deras dan angin kencang yang terjadi pada dini hari.

"Setelah kita analisis, plafon runtuh karena dampak dari air hujan yang lebih. Saluran pembuangannya tersumbat sampah material pembangunan beberapa waktu lalu,” kata Aditya.

2. Pihak bandara perbaiki plafon dibantu oleh kontraktor PT PP Wijaya Karya Bangun Gedung

Belum Genap Sebulan Diresmikan, Plafon Bandara Syamsudin Noor Ambrol(Ribuan calon penumpang antre masuk ke dalam Terminal 1 B Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten) ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Akibat kejadian tersebut, Handy memastikan, pihak bandara tengah melakukan perbaikan dengan dibantu oleh kontraktor PT PP Wijaya Karya Bangun Gedung.

"Juga dilakukan pengecekan atas fasilitas yang ada agar tidak terjadi lagi di kemudian hari," kata dia.

Plafon yang ambruk berada di ujung terminal keberangkatan atau smoking area.

Selain melakukan perbaikan dengan cepat di area terdampak, pihak AP1 juga mengklaim akan senantiasa mementingkan keselamatan dan keamanan pengunjung bandara.

3. Diresmikan Presiden Jokowi pada pertengahan Desember 2019

Belum Genap Sebulan Diresmikan, Plafon Bandara Syamsudin Noor AmbrolPresiden Jokowi di SPBU MT Haryono, Jakarta Selatan, Senin 23 Desember 2019 (IDN times/Teatrika Handiko Putri)

Terminal baru Bandara Syamsudin Noor diresmikan pada 18 Desember 2019 oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Terminal ini memiliki luas 77.000 meter persegi dan dibangun dengan biaya Rp2,2 triliun, yang meliputi biaya apron dan fasilitas bandara.


Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Ini Fasilitas Digital untuk Milennialls di Bandara Soekarno Hatta

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya