Gibran Ancam Cabut IUP Perusahaan, Kawan PilahPilih: Ngegampangin!

Permasalahan ini tidak selayaknya ditanggapi semudah itu

Jakarta, IDN Times - Kawan PilahPilih, Rika Novayanti menanggapi respons calon wakil presiden nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka dalam debat cawapres. Menurut Rika, Gibran seolah menggampangkan urusan pertambangan yang bermasalah dengan melakukan pencabutan Izin Usaha Pertambangan (IUP).

"Tapi tadi Gibran sempat ngegampangin ya waktu dia bilang dicabut aja izinnya," kata Rika dalam live Talkshow Gen Z Memilih debat keempat Capres-Cawapres 2024 IDN Times bekerja sama dengan Bijak Memilih, di kantor IDN Media, Minggu (21/1/2024).

Dalam debat cawapres yang berlangsung di JCC, Gibran bicara soal mengatasi pertambangan yang bermasalah. "Dari pasangan Prabowo-Gibran simpel saja, IUP nya dicabut, izinnya dicabut, simpel," ujar Gibran.

Rika menilai, permasalahan ini tidak selayaknya ditanggapi semudah itu. Mengingat beberapa kondisi yang terjadi di masyarakat justu menunjukkan bahwa hal ini masalah yang tidak sederhana.

"Padahal kalau kita lihat nih, contoh, Morowali berapa kali meledak, kawasan industri Morowali sampai sekarang gak diapa-apain, baru meledak lagi, belum diapa-apain sama pemerintah. Kendeng kalah di MA, masih jalan juga. Jadi, ya ngegampangin aja," ujar Rika.

Debat keempat Capres-cawapres berlangsung dengan mengusung tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia dan inklusi. Masa tenang pemilu akan dimulai pada 11 Februari 2024-13 Februari 2024.

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Fahreza Murnanda

Berita Terkini Lainnya