Comscore Tracker

Ini 3 Tragedi Kapal Tenggelam di Danau Toba 

Lagi, Danau Toba telan korban 

Jakarta, IDN Times – Kapal Motor Sinar Bangun dikabarkan karam di perairan Danau Toba hari ini (18/6). Kapal yang mengangkut sedikitnya 70 penumpang tersebut diketahui tenggelam di antara kabupaten Samosir – kabupaten Simalungun.

Kejadian ini bukan terjadi pertama kali di Danau Toba. Pada tahun-tahun sebelumnya, ada pula kapal yang dikabarkan tenggelam di sana. Bahkan tidak jarang kisah-kisah kapal tersebut diiringi mitos penduduk setempat atau kisah mistis lainnya.

Selain kapal, tak jarang juga peristiwa wisatawan tenggelam terjadi di Danau kebanggaan Indonesia ini. Mulai dari terbawa arus, hingga terjatuh dan tenggelam. Berikut tiga peristiwa kecelakaan kapal dan kapal tenggelam yang terjadi di danau toba.

1. Saat Pesta Danau Toba 2013  

Ini 3 Tragedi Kapal Tenggelam di Danau Toba Unsplash/ nikko macaspac

Perayaan Pesta Danau Toba dihiasi kejadian tragis. Kecelakaan antara sebuah kapal motor dan kapal Ferry Toa Toba I terjadi di tengah peraiaran Danau Toba. Kejadian ini terjadi pada bulan September tahun 2013 silam.

Diketahui kejadian tersebut menggakibatkan belasan orang penumpang di kapal motor mengalami luka-luka. Terdapat 85 penumpang dalam kejadian. Empat orang dari puluhan penumpang dikabarkan hilang akibat kejadian tersebut. sedangkan 81 penumpang lainnya dikabarkan selamat.

2. KM Peldatari tenggelam di 1997  

Ini 3 Tragedi Kapal Tenggelam di Danau Toba IDN Times/Sukma Shakti

Musibah kapal tenggelam paing besar terjadi pada tahun 1997 di perairan Danau Toba. Saat itu Kapal Motor Peldatari tenggelam dan menyebabkan tewasnya puluhan penumpang. Kejadian ini diduga akibat dari kelebihan muatan di kapal motor tersebut.

Kejadian ini menjadi peristiwa kapal tenggelam terbesar yang pernah terjadi di perairan Danau Toba. Selain kapal, peristowa orang tenggelam maupun hilang di perairan Danau Toba cukup sering terjadi. Kejadian ini juga menjadi pembelajaran bagi pemerintah Sumatera Utara untuk terus meningkatkan faktor pendukung keselamatan bagi penumpang.

3. Tabrakan kapal boat dan kapal kayu di Ajibata 2016  

Ini 3 Tragedi Kapal Tenggelam di Danau Toba IDN Times/Gregorius Aryodamar Pranandito

Kecelakaan terjadi antara kapal boat dan kapal kayu di perairan Danau Toba pada bulan Mei tahun 2016 silam. Peristiwa ini tepatnya terjadi di perairan Ajibata Parapat, Kabupaten Toba Samosir.

Akibat kejadian ini dikabarkan dua penumpag skearat dan puluhan penumpang mengalami luka-luka. Beruntung saat kejadian ini penumpang cepat dibawa ke rumah sakit umum terdekat. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Baca Juga: Kapal Motor Tenggelam di Danau Toba, Puluhan Orang Belum Ditemukan

Line IDN Times

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Wendy Novianto

Just For You