6 Selebritas Senior Terancam Gagal Melaju ke Kursi DPRD DKI Jakarta

Sejumah artis mendapat sedikit suara

Jakarta, IDN Times - Puluhan selebritas turut memeriahkan pesta demokrasi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Di antara mereka ada yang berpotensi lolos ke parlemen, ada pula yang diperkirakan gagal menjadi anggota dewan.

Berdasar penghitungan suara sementara laman Komisi Pemilihan Umum (KPU), pemilu2024.kpu.go.id per 20 Feb 2024 pukul 14.00 WIB, beberapa selebritas dan tokoh terancam gagal ke parlemen. 

Mereka terganjal perolehan suara partai politiknya, karena belum bisa memenuhi ambang batas parlemen minimal 4 persen sesuai UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Pasal 414 ayat 1.

Berikut deretan tokoh dan pelaku industri hiburan senior yang terancam gagal ke parlemen.

Baca Juga: Deretan Caleg Artis dengan Perolehan Suara Sementara Tertinggi

1. Ustaz Yusuf Mansur

6 Selebritas Senior Terancam Gagal Melaju ke Kursi DPRD DKI Jakartapotret wisuda Yusuf Mansur (instagram.com/yusufmansurnew)

Jam’an Nurchotib Mansur atau lebih dikenal Ustad Yusuf Mansur, berkontestasi di dapil DKI Jakarta I dengan partai pengusung Partai Perindo. 

Yusuf Mansur yang bersanding dengan manjan jurnalis Aiman Witjaksono, mendapatkan suara 1.261. Namun, Perindo saat ini belum memenuhi ambang batas parlemen dengan perolehan 1,29 persen secara nasional.

2. Arnold Poernomo

6 Selebritas Senior Terancam Gagal Melaju ke Kursi DPRD DKI Jakartapotret Arnold Poernomo dan keluarga liburan di Bromo (instagram.com/arnoldpo)

Chef Arnold, yang juga dikenal sebagai Arnold Poernomo, mencalonkan diri sebagai caleg Partai Perindo untuk dapil Jatim 1. Berada di dapil neraka, suara yang diperoleh Chef Arnold masih jauh di bawah caleg slebritas lainnya.

Diketahui, Chef Arnold yang dikenal sebagai seorang koki selebritas, mencalonkan diri sebagai caleg Partai Perindo dengan nomor urut tiga pada Pemilu 2024.

Saat ini, Chef Arnold telah mendapatkan 2.566 suara, namun rekapitulasi suara baru mencapai 58,47 persen dari total Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada. Ada potensi suara Chef Arnold akan bertambah seiring dengan rekapitulasi suara dari TPS lainnya.

Namun, untuk dapat duduk di kursi DPR, Chef Arnold harus menunggu apakah Partai Perindo berhasil melampaui Parliamentary Threshold atau tidak.

3. Ramzi

6 Selebritas Senior Terancam Gagal Melaju ke Kursi DPRD DKI JakartaNarji dan Ramzi sebagai MC acara kampanye akbar Anies dan Muhaimin di JIS pada Sabtu (10/2/2024). (youtube.com/TV POOL METRO TV)

Selanjutnya, pesinetron dan juga pembawa acara kondang Ramzi Geys Thebe atau Ramzi juga terancam gagal melenggang ke parlemen, karena suaranya terus bersaing dengan rekan separtainya.

Raihan suara suami Avi Basalamah itu, disusul dua caleg lainnya di Partai NasDem. Ramzi memperoleh 16.601 suara, tertinggal dari politisi kawakan Asep Wahyu Mijaya 29.236 dan Jora Nilam Judge 17.871 suara di Dapil Jawa Barat V.

4. Anang Hermansyah

6 Selebritas Senior Terancam Gagal Melaju ke Kursi DPRD DKI Jakartapotret keluarga Anang Hermansyah nyoblos bareng untuk Pemilu 2024 (IDN Times/Rani Asnurida)

Di sisi lain, musisi sekaligus politikus Anang Hemansyah, yang sebelumnya sukses di Dapil Jatim IV pada periode 2014-2019, terancam gagal ke parlemen, karena raihan suaranya lebih rendah daripada rekan satu separtainya Dapil Jabar V.

Anang memperoleh 17.383 suara dengan PDIP, sementara rekan separtainya yakni Adian Napitupulu memperoleh 36.192 suara.

5. Ucok Baba masih meraih 257 suara

6 Selebritas Senior Terancam Gagal Melaju ke Kursi DPRD DKI JakartaBareng Ucok Baba, PPP Bagikan Sembako Murah di Pasar (IDN Times/Istimewa)

Ucok Baba, yang dikenal sebagai komedian dengan nama asli Usnan Batubara, berjuang untuk mendapatkan kursi di parlemen melalui Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Dapil Banten II, yang mencakup Kota Serang, Kota Cilegon, dan Kabupaten Serang.

Di dapil ini, terdapat juga tokoh-tokoh besar seperti Wakil Ketua MPR Yandri Sutanto dari PAN, mantan Wali Kota Serang Tb Hairul Jaman dari Partai Golkar, serta Annisa Mahesa, anak dari Desmond J Mahesa, yang mencalonkan diri dari Partai Gerindra.

Meskipun berkompetisi dengan nama-nama besar tersebut, Ucok Baba hanya berhasil meraih 257 suara, menempatkannya pada posisi terakhir dari lima caleg.

6. Raslinna Rasidin

6 Selebritas Senior Terancam Gagal Melaju ke Kursi DPRD DKI Jakarta(instagram.com/raslinnarasidin)

Raslinna Rasidin, seorang aktris senior yang sering muncul di layar kaca, juga menjadi caleg DPR RI dari PAN untuk dapil Banten II dengan nomor urut 6.

Ia berhasil meraih 418 suara yang menempatkannya pada posisi keenam dalam perolehan suara sementara. Perolehan ini membuatnya terancam gagal ke parlemen melihat suaranya yang masih jauh dibanding rekan sesama partainya,  Edison Sitorus, dengan total 30.474 suara.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya