Perolehan Suara Sementara Caleg Artis, Ahmad Dhani hingga Verrell

Nama caleg artis baru maupun lama saling bersaing

Jakarta, IDN Times - Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 tidak hanya diramaikan politikus, tetapi juga diikuti sejumlah selebritas, komedian, hingga musisi.

Terdapat 82 orang dari industri hiburan telah mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari berbagai partai politik. Nama-nama besar seperti Krisdayanti, Denny Cagur, Uya Kuya, Aldi Taher, Anang Hermansyah, Ahmad Dhani, Once Mekel, Narji Cagur, hingga Verrel Bramasta, turut memeriahkan pesta demokrasi tahun ini.

Empat hari pasca-pemungutan suara Pemilu 2024, beberapa selebritas mulai terlihat unggul dalam perolehan suara yang masih berlangsung berdasarkan laman resmi pemilu2024.kpu.go.id. Berikut rangkuman hasil hitung suara sementara artis di Pileg 2024.

Baca Juga: Bawaslu Sudah Beri Surat Pemanggilan Dua Caleg Namanya Tercoblos

1. Sejumlah selebritas bersaing di Dapil II DKI Jakarta

Perolehan Suara Sementara Caleg Artis, Ahmad Dhani hingga VerrellDewan Penasihat TKN Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid dan Once Mekel menyanyikan lagu ''Untuk Indonesia'' di kampanye terbuka capres dan cawapres nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Lapangan Pancasila Simpanglima Semarang, Sabtu (10/2/2024). (Youtube.com/PDI Perjuangan)

Daerah Pemilihan (Dapil) II DKI Jakarta menjadi salah satu wilayah dengan sederet selebritas yang bertarung pada Pileg 2024.

Salah satu artis dengan 2,3 juta pengikut di Instagram, Uya Kuya, memperoleh posisi ketiga dari tujuh caleg yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN) dengan 124.665 suara.

Masih dari partai yang sama, calon dengan nomor urut 4, Lula Kamal, menyusul di urutan keempat yang mendapatkan 113.150 suara.

Sementara, mantan vokalis Dewa 19, Ellfonda Mekel atau dikenal dengan Once Mekel, yang tergabung dalam PDIP nomor urut dua memperoleh 85.247 suara.

2. Melly Goeslaw, Aldi Taher, hingga Verrell Bramasta bertarung di Jawa Barat

Perolehan Suara Sementara Caleg Artis, Ahmad Dhani hingga VerrellHadirkan Aldi Taher, Brand Skincare Lokal Ini Gelar Talkshow (IDN Times/istimewa)

Wilayah Jawa Barat masih menjadi pilihan favorit bagi selebritas untuk mendapatkan kursi legislatif. 

Di Dapil I Jawa Barat, Melly Goeslaw memulai debutnya sebagai caleg nomor urut satu dari Partai Gerindra, meraih total suara sementara 26.612.

Selain itu, terdapat beberapa caleg artis dari PDIP seperti Junico Siahaan dengan 21.586 suara, dan Marcell Siahaan 9.452 suara. Giring Ganesha dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) juga hadir dengan memperoleh 17.381 suara.

Beralih ke Dapil Jawa Barat II, Rachel Maryam dari Gerindra memimpin dengan 21.526 suara. PDIP juga memiliki Denny Cagur dan Hengki Kurniawan yang masing-masing memperoleh 10.275 suara dan 12.769 suara.

Kemudian, Dede Yusuf dari Partai Demokrat berhasil meraih 34.171 suara, sekaligus menjadi caleg dengan suara terbanyak di partainya.

Di Dapil Jawa Barat V, Tommy Kurniawan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memimpin urutan dengan 46.659 suara, sementara Anang Hermansyah dari PDIP mendapat 19.965 suara. Primus Yustisio dari PAN menjadi caleg dengan suara tertinggi di partainya dengan 52.436 suara.

Masuk ke Dapil Jawa Barat VII, artis muda Verrell Bramasta dari PAN meraih 15.518 suara, disusul Rieke Diah Pitaloka dari PDIP mendapat 14.874 suara. Artis televisi Aldi Taher yang baru bergabung dengan Partai Perindo hanya memperoleh 6.461 suara.

Unggul dalam Dapil XI wilayah Jawa Barat, Mulan Jameela kembali maju Pileg 2024 dengan mendapatkan 33.952 suara melalui Partai Gerindra.

Baca Juga: Kampanye Pemilu 2024, Verrell Bramasta Klaim Sudah Terjun ke 650 Titik

3. Nafa Urbach dominasi suara di Jawa Tengah

Perolehan Suara Sementara Caleg Artis, Ahmad Dhani hingga VerrellNafa Urbach dan Vicky Shu wakili Nasdem (Instagram.com/vickyshu)

Di Jawa Tengah, beberapa caleg artis juga berhasil meraih popularitas. Misalnya, Jamal Mirdad dari Partai Gerindra di Dapil Jawa Tengah I, berhasil meraih 13.005 suara.

Nafa Urbach, yang maju dengan Partai NasDem di Dapil Jawa Tengah VI, mencatatkan perolehan 44.016 suara.

Anisa Bahar juga dari Partai NasDem, turut berpartisipasi di Dapil Jawa Tengah IX dengan meraih 2.506 suara.

Di Dapil Jawa Tengah X, Narji Cagur dengan nama asli Sunarji ini berhasil meraih 8.918 suara, bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

4. Ahmad Dhani lewati Dapil neraka Jatim

Perolehan Suara Sementara Caleg Artis, Ahmad Dhani hingga Verrellpotret personil Dewa 19 (instagram.com/proshoporiginal)

Mantan vokalis Dewa 19, Ahmad Dhani, berpeluang lolos ke Senayan lewat dapil neraka Jawa Timur, dengan perolehan 29.693 suara. Diketahui, Dapil Jawa Timur I kerap disebut neraka lantaran persaingannya yang ketat.

Sementara, di Dapil Jawa Timur V, Krisdayanti lewat PDIP berhasil meraih 30.776 suara di nomor urut tiga.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya