Quick Count Indikator Politik: Prabowo-Gibran Unggul di Bali-Nusa

NTB dan NTT jadi basis suara Prabowo-Gibran

Jakarta, IDN Times - Pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, mendapat 58,24 persen suara di wilayah Bali-Nusa berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count lembaga survei Indikator Politik, Rabu (14/2/2024).

Peneliti Indikator Politik, Bawono Kumoro menyebut, data perolehan suara yang paling awal masuk sebagian besar berasal dari Indonesia bagian timur dan tengah.

"Idealnya untuk mencapai stabilitas suara itu di angka 80 hingga 85 persen, ini adalah sampel-sampel TPS yang berada di Indonesia bagian timur dan tengah, karena saudara kita di sana sudah selesai lebih dulu mencoblosnya dibanding Indonesia bagian barat," ujar Bawono dalam acara nobar quick count hasil Pemilu 2024 program Gen Z Memilih by IDN Times.

Baca Juga: Prabowo soal Hasil Quick Count: Walau Bersyukur Tak Boleh Jemawa

1. Ada pergeseran, NTB dan NTT jadi basis suara Prabowo-Gibran

Quick Count Indikator Politik: Prabowo-Gibran Unggul di Bali-NusaNobar quick count Gen Z Memilih (youtube.com/idntimes)

Bawono mengatakan, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan basis kuat pemilih paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran. Walaupun pada pemilu sebelumnya, NTT kuat di PDIP.

"Menurut saya, itu adalah dinamika tingginya itu di NTT, NTT ini kan sebenarnya juga basis utama dari PDIP dan selalu cenderung merah. Kemudian juga Pak Jokowi menang pilpres di sana," ujar Bawono.

"Kalau kita lihat dari data survei kita yang rilis Jumat lalu, NTT memang sudah mulai bergeser ke pasangan Prabowo-Gibran, meskipun selisihnya dengan pasangan Ganjar-Mahfud itu tidak jauh," lanjutnya.

2. Indikator sebut Bali didominasi Ganjar-Mahfud

Quick Count Indikator Politik: Prabowo-Gibran Unggul di Bali-NusaQuick count Indikator Politik (idntimes.com)

Sementara itu, berdasarkan survei Indikator, Bawono menyebut hasil quick count Prabowo-Gibran terlihat lebih tinggi di Bali-Nusa karena pergabungan suara wilayah timur Indonesia. 

"Merujuk hasil survei terakhir kita, sebenarnya Bali itu masih didominasi 03, nanti kita lihat hasil dari quick count-nya, karena ini kan Bali-Nusa digabung," tuturnya.

3. Data masuk 80 persen, Prabowo-Gibran unggul di quick count Indikator

Quick Count Indikator Politik: Prabowo-Gibran Unggul di Bali-NusaCalon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto melakukan pencoblosan di TPS 033 Bojong Koneng, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu pagi (14/2/2024). (Dok. TKN Prabowo-Gibran)

Saat ini, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, masih unggul secara nasional dengan meraih 57,87 persen suara berdasarkan hasil quick count Lembaga Survei Indikator Politik.

Di sisi lain, pasangan nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, memperoleh 25,61 persen. Sedangkan pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memperoleh 16,52 persen

Perolehan tersebut berdasarkan data yang masuk sebanyak 83.17 persen hingga pukul 18.23 WIB.

Cek hasil Quick Count Pemilu 2024 terupdate di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Sunariyah
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya