Alasan Menohok PDIP Tak Undang Jokowi di Rakernas V

Pihak yang diundang mereka memperjuangkan demokrasi

Intinya Sih...

  • DPP PDIP menegaskan tidak mengundang Presiden Jokowi pada Rakernas V di Ancol, Jakarta Utara, karena hanya mengundang pihak yang memperjuangkan demokrasi. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengklaim partainya selalu memperjuangkan demokrasi dan kader PDIP seharusnya memiliki jiwa untuk terus memperjuangkan demokrasi.

Jakarta, IDN Times - DPP PDI Perjuangan (PDIP) menegaskan tak akan mengundang Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Rakernas V yang digelar di Ancol, Jakarta Utara, pada 24-26 Mei 2024.

Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, menyebut pihak yang diundang adalah mereka yang memiliki semangat untuk menegakkan demokrasi. Dia menegaskan mengenai kondisi demokrasi Indonesia pada Pemilu 2024 berada pada sisi gelap kekuasaan.

"Itu terekam kuat dalam memori publik, terekam kuat dari apa yang disuarakan oleh para tokoh-tokoh civil society, para guru besar, para ahli hukum dan para seniman, bahkan budayawan yang juga menyimpulkan bahwa Pemilu 2024 merupakan pemilu yang paling brutal dalam sejarah demokrasi Indonesia, yang diwarnai dengan berbagai bentuk kecurangan, yang diawali dengan suatu konstruksi rekayasa hukum di MK (Mahkamah Konstitusi)," ujar Hasto di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (22/5/2024).

Baca Juga: Ribuan Peserta Siap Hadiri Rakernas V PDIP, Ada Api Abadi Mrapen

1. PDIP klaim hanya undang pihak yang memiliki semangat untuk menegakkan demokrasi

Alasan Menohok PDIP Tak Undang Jokowi di Rakernas VKonferensi pers DPP PDIP jelang Rakernas V, Rabu (22/5/2024) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hasto menegaskan, PDIP hanya mengundang pihak yang memiliki semangat untuk menegakkan demokrasi dan hukum.

"Tentu yang diundang adalah mereka-mereka yang memiliki spirit dalam menegakkan demokrasi hukum. Menegakkan negara hukum, negara demokrasi yang berkedaulatan rakyat," kata dia.

Baca Juga: Rakernas PDIP Tak Undang Jokowi, Khusus Kader Internal

2. PDIP disebut selalu perjuangkan demokrasi

Alasan Menohok PDIP Tak Undang Jokowi di Rakernas VKonferensi pers DPP PDIP jelang Rakernas V, Rabu (22/5/2024) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hasto mengklaim partainya selalu memperjuangkan demokrasi. Dia pun menyinggung peran PDIP pada saat melawan Orde Baru.

Sehingga, Hasto melanjutkan, kader PDIP seharusnya memiliki jiwa untuk terus memperjuangkan demokrasi.

"Itulah yang akan diundang oleh PDIP salam rakernas V," ucap dia.

3. Respons Jokowi tak diundang PDIP pada Rakernas V

Alasan Menohok PDIP Tak Undang Jokowi di Rakernas VPresiden Jokowi Resmikan Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2024 di Istana Negara (YouTube.com/Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo merespons santai saat dimintai tanggapan terkait PDIP tak mengundang dirinya pada Rakernas V.

"Ditanyakan ke pengundang, jangan ke saya," ujar Jokowi di Kabupaten Agam, Sumatra Barat, Selasa, 21 Mei 2024.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya