Jadi Parpol Pertama yang Beri Selamat, Sinyal NasDem Gabung Prabowo?

Surya Paloh punya matematika politik

Jakarta, IDN Times - Pengamat politik M Qodari menilai, Partai NasDem akan bergabung ke kubu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Menurutnya, sinyal kuat itu dilihat usai NasDem menjadi partai pertama yang mengucapkan selamat kepada Prabowo-Gibran yang menang di Pilpres 2024.

Padahal, partai pengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, seperti PKS dan PKB, masih berusaha untuk mengajukan gugatan hasil Pemilu 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Jadi pak Surya Paloh dan Nasdem ini kan sebetulnya Golkar aksen. Kita bisa membaca karakteristik partai Golkar ada pada Nasdem," ujar Qodari dalam keterangannya, Sabtu (23/3/2024).

Baca Juga: Relawan: Prabowo-Gibran Menang Pilpres karena Jokowi Effect

1. Surya Paloh dinilai punya matematika politik

Jadi Parpol Pertama yang Beri Selamat, Sinyal NasDem Gabung Prabowo?Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) menyampaikan dalam waktu dekat akan menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menindaklanjuti hak angket kecurangan pemilu. (IDN Times/Amir Faisol)

Direktur Indo Barometer itu menyebut, Surya Paloh yang juga sebagai pengusaha memiliki matematika politik. 

"Beliau (Surya Paloh) pengusaha yang notabene matematika politiknya jadi salah satu dasar pengambilan keputusan. Jadi elemen-elemen kuantitatif lebih tebal dibanding sifatnya kualitatif, jadi sikap yang diambil Surya Paloh ini sangat bisa dipahami," kata dia.

Menurutnya, NasDem mengusung Anies pada Pilpres 2024 bukan langkah ideologis. 

"Itu kan tidak kompatible satu sama lain. Jadi bisa dibilang langkah-langkah mengajukan Anies bukan langkah ideologis tapi langkah taktis berhadapan dalam dinamika pemilu yang bersifat elektoral," beber dia.

Baca Juga: Dapat Ucapan Selamat dari Joe Biden, Ini Respons Prabowo

2. Surya Paloh sampaikan selamat ke Prabowo-Gibran

Jadi Parpol Pertama yang Beri Selamat, Sinyal NasDem Gabung Prabowo?Prabowo Subianto tiba di NasDem Tower disambut Ketum NasDem Surya Paloh (IDN Times/Amir Faisol)

Sebelumnya, Surya Paloh menyampaikan selamat kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang menjadi pemenang Pilpres 2024.

"Partai NasDem mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres tahun 2024," ujar Surya Paloh di kantor DPP NasDem, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

3. NasDem terima semua hasil Pemilu 2024

Jadi Parpol Pertama yang Beri Selamat, Sinyal NasDem Gabung Prabowo?Partai NasDem menerima hasil Pemilu 2024 yang sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) (IDN Times/Ilman Na'fian)

NasDem juga menerima hasil Pemilu 2024 yang sudah disampaikan KPU.

Partai NasDem menyatakan menerima hasil Pemilu 2024 yang telah dilaksanakan pada 14 Februari 2024 lalu, baik legislatif maupun presiden dan wakil presiden dalam pilpres," Surya Paloh.

Diketahui, hasil Pilpres 2024 diumumkan langsung Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari setelah selesai menetapkan rekapitulasi tingkat nasional di 38 provinsi dan 128 titik pemungutan suara di luar negeri.

Baca Juga: Paloh Terima Prabowo di NasDem Tower, Timnas AMIN: Itu Otoritas Parpol

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya