Wapres Akan Buka Jambore Nasional Hari Pramuka

Jambore Nasional digelar 14-21 Agustus 2022 di Cibubur

Jakarta, IDN Times - Perwakilan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka hari ini, Jumat (12/8/2022) bertemu dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta. Dalam pertemuan itu, Kwarnas menyampaikan persiapan dan rencana Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022 yang akan digelar di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, pada 14-21 Agustus 2022.

"Hari ini kami dari Kwarnas dan perwakilannya menghadap Pak Presiden sebagai Bapak Binas melaporkan bahwa kita akan melakukan Jamnas ke-XI Tahun 2022 ini ya. Dimana ini bertepatan dengan ulang tahun Pramuka yang ke-61," ujar Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Budi Waseso di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Baca Juga: 14 Agustus Hari Pramuka: Sejarah, Arti Lambang, dan Seragamnya

1. Undang Jokowi untuk membuka jambore nasional

Wapres Akan Buka Jambore Nasional Hari PramukaKetua Kwarnas Gerakan Pramuka, Budi Waseso (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Budi Waseso mengundang Presiden Jokowi untuk bisa membuka Jambore Nasional. Namun, karena kesibukannya, Jokowi mewakilkan kepada Wakil Presiden, Ma'ruf Amin.

"Pak Wapres (yang membuka). Karena kesibukan beliau (Jokowi), tapi beliau berjanji dalam sela-sela kesibukan, beliau nanti akan menengok dan melihat kegiatan Jambore Nasional di Cibubur, waktunya nanti tergantung pada saat beliau punya waktu, yang pasti ke sana," ucap dia.

Baca Juga: 30 Juli Hari Ikrar Gerakan Pramuka: Begini Sejarahnya

2. Pengembangan karakter di Pramuka kini menyesuaikan zaman

Wapres Akan Buka Jambore Nasional Hari PramukaKetua Kwarnas Gerakan Pramuka, Budi Waseso (dok. Sekretariat Presiden)

Budi menjelaskan, pengembangan karakter di Gerakan Pramuka kini menyesuaikan perkembangan zaman. Yang jelas, kata dia, Pramuka senantiasa mendorong agar tetap kreatif.

"Tentunya disesuaikan dengan perkembangan zaman, perkembangan situasi," kata dia.

3. Kegiatan Jambore Nasional batasi jumlah peserta

Wapres Akan Buka Jambore Nasional Hari PramukaKetua Kwarnas Gerakan Pramuka, Budi Waseso (dok. Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, Budi mengatakan, Jambore Nasional 2022 ini pesertanya dibatasi karena masih ada pandemik COVID-19.

"Jambore tahun ini juga beda, karena berkaitan dengan masalah COVID, ya jadi satu orang satu tenda, kalau dulu kan satu tenda satu regu. Di mana mereka juga kita kenalkan bagaimana kita harus ikut mencegah daripada berkembangnya penularan virus, mereka juga nanti akan beberapa pelatihan atau pembinaan yang berkaitan dengan cinta Tanah Air, terus keterampilan yang menjadi bekal generasi ke depan dalam memimpin negara ini," imbuhnya.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik tentang Robert Baden Powell, Bapak Pramuka Sedunia

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya